Berita Perangkat Pintar

Google Nest Mini Dirilis di Indonesia! Kendalikan Smarthome dengan Perintah Suara

Google Nest Mini Launch Header

Gadgetren – Hari ini Google dan Erajaya secara resmi meluncurkan speaker pintar Google Nest Mini di Indonesia.

Nest Mini merupakan speaker pintar buatan Google yang memiliki teknologi canggih terintegrasi dengan Google Assistant yang dapat dikendalikan hanya dengan perintah suara.

Pihak Google mengklaim bahwa Nest Mini mempunyai kualitas suara yang jernih dengan suara bass dua kali lebih kuat, dirancang untuk mengendalikan smarthone, bantuan hands-free dari Google Assistant dalam bahasa Indonesia, dan desain yang compact serta ramah lingkungan.

Bagian utama speaker pintar ini dilapisi bahan kain yang awet, dimana 100% terbuat dari botol plastik daur ulang. Penutup eksternalnya terbuat dari kurang lebih 35% plastik daur ulang pasca konsumsi.

Perangkat ini berbentuk bulan dengan diameter 98 mm dan tinggi 42 mm yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak akan terlalu memakan tempat. Namun Google Nest Mini ini tidak dibekali dengan baterai sehingga harus selalu terhubung dengan kabel daya hingga jangkauan 1,5 meter.

Google Nest Mini Front

Mickey Kim selaku Director of APAC Business Google Hardware mengatakan bahwa misi Google adalah membangun ekosistem yang lebih bermanfaat bagi konsumen dan merasa sangat senang dapat meluncurkan Nest Mini ke Indonesia.

“Dengan menyatukan yang terbaik dari Kecerdasan Buatan (AI) Google, software, dan hardware, Nest Mini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam beraktivitas dan menyelesaikan tugas keseharian mereka”, tambah Mickey Kim.

Sementara itu, pihak Google mengklaim bahwa Google Nest Mini ini dirancang untuk beragam perangkat smarthome, dimana penggunanya dapat mengendalikan ribuan perangkat dari berbagai merek seperti Xiaomi hingga Philips Hue.

Misalnya, pengguna Google Nest Mini dapat menyalakan, mematikan, maupun mengganti warna lampu Xiaomi atau Philip Hue hanya dengan perintah suara. Melalui fitur Google Duo yang ada di speaker pintar ini, pengguna dapat memanggil perangkat dari aplikasi Google Home atau menggunakan fitur interkom untuk berkomunkasi antar speaker Nest.

Google Nest Mini Demo

Dengan perintah suara, pengguna dapat memanfaatkan Google Nest Mini untuk membantu dalam meningkatkan produktivitas seperti menyetel alarm, pengingat, penghitung mundur, hingga membuat daftar belanja.

Menariknya, Google Nest Mini ini juga dapat mendengarkan perintah suara dalam bahasa Indonesia. Tak hanya itu, produk pintar ini juga dapat dimanfaatkan untuk menerjemahkan kata-kata berkat bantuan Google Translate.

Untuk bisa mengaktifkan Google Nest Mini, kamu harus memiliki aplikasi Google Home versi 2.14.50.11 untuk smartphone berbasis Android atau versi 2.14.510 untuk perangkat iOS. Selanjutnya, kamu juga harus memiliki aplikasi yang sesuai dengan perangkat smarthome milikmu.

Google Nest Mini Harga

Kamu dapat mengatur dan mengaktifkan perangkat smarthome melalui aplikasi bawaan produsennya. Setelah perangkat smarthome aktif, maka kamu dapat menambahkannya ke aplikasi Google Home. Selanjutnya, perangkat smarthome dapat dikendalikan menggunakan Google Nest Mini.

Google Nest Mini sendiri sudah dijual di Indonesia melalui gerai Erafone, Urban Republic, eraspace.com, dan Google Official Store di Tokopedia. Google menjual perangkat ini dengan harga yang mencapai Rp 925.000 dalam pilihan warna Chalk dan Charcoal.

Namun Google memberikan harga khusus sebesar Rp 799.000 untuk menandai peluncuran perdana Nest Mini di Indonesia. Terdapat juga tambahan beberapa promo cashback dan potongan harga yang ditawarkan, salah satunya apabila kamu akan mendapatkan diskon hingga Rp 200.000 jika bayar menggunakan OVO.

Tinggalkan Komentar