Perangkat Pintar Review

Review Google Nest Mini – Speaker Mungil Mini yang Pintar

Google Nest Mini

Setelah sekian lama, Google akhirnya merilis produk speaker pintar mereka di Indonesia dimulai dengan Nest Mini. Dengan harga Rp925.000 membuatnya lebih mahal dibandingkan dengan speaker biasa. Lalu apa yang membuat Nest Mini ini layak dibeli?

Satu hal utama yang membuat Nest Mini menarik adalah kemampuan Google Assitant di dalamnya. Dengan Google Assistant, Nest Mini dapat melakukan berbagai hal seperti memainkan musik atau membaca berita hanya dengan perintah suara.

Beberapa aplikasi populer seperti Youtube, Spotify, dan Google News sudah didukung di Nest Mini sehingga saya dapat memainkan playlist kesukaan saya di Spotify dengan mudah di Google Assistant.

Google Nest Mini - 02

Sesuai dengan namanya, Nest Mini berukuran mungil dan desainnya pun tidak mencolok sehingga dapat menyatu dengan furnitur rumah. Nest mini dapat diletakkan secara menggantung atau dibaringkan di atas furnitur sesuai preferensi masing-masing.

Tersedia dua varian warna Nest Mini di Indonesia yaitu Chalk dan Charcoal yang dapat disesuaikan dengan tema ruangan. Kedua warna tersebut menarik dilihat dan tidak memberikan kesan tampilan yang terlalu keteknologian.

Proses instalasi Nest Mini tidak sulit, semua dapat dilakukan melalui aplikasi Google Home untuk mengkoneksikan Nest Mini dengan jaringan WiFi dan akun-akun yang diperlukan.

Nest Mini dapat disetel untuk mendengarkan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Bisa juga disetel untuk dapat mendengarkan lebih dari satu bahasa sekaligus, namun sepengalaman saya ini membuat Nest Mini kadang bingung apakah ingin mendeteksi suara saya dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

Google Nest Mini - 03

Nest Mini yang saya ulas ini saya pasang di ruang kantor secara menggantung. Tiap pagi hari sembari saya mempersiapkan area kerja saya tinggal berbicara “Ok Google, mainkan Spotify” dan musik pun langsung bermain.

Bisa saja sebetulnya saya membuka laptop terlebih dahulu dan kemudian memainkan musik melalui speaker eksternal, namun proses memainkan musik dengan Nest Mini jauh lebih cepat dan nyaman.

Selama menggunakan Nest Mini untuk memainkan musik saya jarang menemukan masalah. Hanya terkadang saya menemukan Nest Mini entah kenapa tiba tiba berhenti memainkan musik Spotify dan harus saya perintahkan untuk memainkan Spotify kembali.

Jika hanya ingin memainkan musik yang diputar di ponsel tapi suaranya didengungkan dari speaker Nest Mini, ini bisa dilakukan dengan cara meng-“cast” musik dari ponsel ke Nest Mini.

Untuk sebuah speaker mungil, Nest Mini sudah cukup baik kualitas suaranya dalam memainkan musik sehari-hari. Namun begitu bagi pendengar musik yang mementingkan kualitas audio mungkin akan merasa kecewa.

Ditambah lagi Nest Mini secara bawaan hanya dapat memainkan musik secara mono. Jika ingin mendengarkan musik secara stereo, perlu menggunakan dua Nest Mini yang saling dikoneksikan.

Selain untuk mendengarkan musik, Nest Mini dapat digunakan untuk mendengarkan berita. Sayangnya untuk berita lokal nampaknya belum banyak dan ketika ulasan ini dibuat berita lokal yang aktif diperbarui baru Liputan6 saja.

Nest Mini juga dapat digunakan untuk memberitahukan informasi-informasi pribadi saya yang tersimpan di ekosistem Google. Salah satu contohnya adalah saya dapat mengecek jadwal di Google Calendar saya.

Google Nest Mini - 01

Selain dapat saya gunakan sendiri, akses ke Nest Mini juga bisa saya bagikan ke rekan-rekan di kantor. Jika fitur ini diaktifkan, Nest Mini akan dapat mengenali suara “Ok Google” dari orang lain.

Rekan kantor saya dapat memainkan musik Spotify di ponsel mereka untuk dikirimkan ke Google Mini. Mereka juga dapat memainkan musik Spotify dengan akun saya yang sudah terhubung di dalam Nest Mini.

Fitur ini untungnya membatasi akses data pribadi di akun Google saya. Jika ada rekan saya mencoba mengakses data pribadi seperti jadwal di kalender dengan suara mereka, Nest Mini akan memberitahukan bahwa ia tidak memiliki akses ke informasi tersebut.

Secara keseluruhan, Google Nest Mini cocok bagi mereka yang tidak ingin ribet dalam memainkan musik sehari-hari dan tidak terlalu mementingkan kualitas audio.

Saya sendiri awalnya tidak terlalu tertarik dengan Nest Mini, namun sejalan dengan penggunaan saya semakin merasa nyaman dengan Nest Mini terutama memainkan musik secara nirkabel.

Google Nest Mini
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • Google Nest Mini
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Maret 13, 2020
  • Layar
  • Performa
  • Kamera
  • Baterai
  • Software
  • Desain

Tinggalkan Komentar