Berita

Bisa Hasilkan Uang, Facebook Gaming Resmi Diperkenalkan di Tanah Air

Facebook Gaming PlayApart Header

Gadgetren – Hari ini secara resmi Facebook Indonesia memperkenalkan konten untuk para gamers yang dikenal sebagai Facebook Gaming. Fitur ini sendiri hadir sejak tahun 2018 dan saat ini sudah bisa diakses untuk pengguna Facebook Indonesia melalui menu “Tab” di Kabar Beranda Facebook.

Michael Rose selaku Head of Southeast Asia, Game Partnership Facebook mengungkapkan bahwa kehadiran Facebook Gaming ini untuk mendukung penikmat game di seluruh dunia yang kini menjadi industri yang sangat masif di pasar global.

Ditambah lagi ditemukan bahwa 40% perempuan yang ada di seluruh dunia bermain game dan sebanyak 55% dari total keseluruhan pengguna Facebook adalah penikmat game. Michael melanjutkan bahwa misi yang ingin dibawa dari Facebook Gaming ini ialah membangun komunitas gaming di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Menariknya, pada platform Facebook Gaming ini para penggunanya bisa menjadi konten kreator game yang terdiri dari tiga kategori, yakni beginner, level up dan partner.

Melalui Facebook Gaming ini, kamu bisa membuat konten video game dan membagikan bahkan memasarkan ke 2 miliar anggota komunitas global Facebook. Baik di halaman khusus gaming, News Feed (Kabar Beranda), Grup, Halaman, atau FB Gaming App.

Bahkan kamu bisa melakukan pendekatan dan membangun fanbase sendiri agar konten bisa lebih banyak dilihat oleh semua orang, baik penikmat game dalam negeri hingga luar negeri.

Michael Rose Head of Southeast Asia Games Partnerships Facebook.

Alhasil jumlah viewer, pengikut, dan subscriber yang bertambah akan meningkatkan penghasilan dari para konten kreator itu sendiri sehingga lebih bersemangat untuk memproduksi konten lebih banyak lagi.

“Facebook Gaming bisa dimonetisasi untuk menghasilkan pendapatan sendiri. Bagaimana caranya? Dari iklan (Ads), bintang (star), dan dukungan penggemar (fans support),” ujarnya kepada tim Gadgetren setelah acara peluncurannya melalui live streaming Facebook.

Lebih detailnya, iklan akan menghasilkan pendapatan bagi para konten kreator game dimana gambar iklan akan muncul di antara konten video. Iklan yang muncul tersebut akan membuat video mengecil tanpa mengganggu video sedang berjalan. “Kami juga sedang mengembangkan tipe iklan lainnya agar lebih berkembang lagi,” tambahnya.

Sementara bintang (star) bisa menjadi pilihan untuk penonton dimana mereka bisa membeli dan memberikannya kepada konten kreator favorit mereka. Nantinya bintang tersebut dapat ditukar menjadi uang oleh sang pembuat kreator. Bintang ini merupakan salah satu cara para penggemar (fans) atau penonton dapat mengapresiasi konten kreatornya.

Terakhir ada cara Fan Support dimana penonton dapat melakukan subscribe atau berlangganan di halaman sang konten kreator. “Indonesia merupakan salah satu Top Market Global yang membuat Facebook Gaming ini mendapat banyak respon dari para penikmat game dan konten kreator dan berpotensi lebih berkembang lagi,” tutupnya.

Adapun Facebook Gaming di Indonesia telah tumbuh secara signifikan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. Tercatat ada lima game paling populer di Indonesia pada April 2020, yakni Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire – Battlegrounds, Grand Theft Auto V, dan Free Fire.

Kemudian,  sudah ada 5,6 juta bintang yang dikirimkan sepanjang bulan April 2020 di Indonesia serta penonton konten gaming video naik hingga 210% sepanjang tahun lalu.

Tinggalkan Komentar