Berita

Bisa Komunikasi Virtual Dalam Skala Besar, Alibaba Luncurkan DingTalk Versi Lite

DingTalk Header[Sumber: Instagram DingTalk]

Gadgetren – Alibaba secara resmi memperkenalkan DingTalk versi lite, sebuah aplikasi yang mendukung kerja dan belajar dari rumah untuk instansi di lini bisnis dan sekolah yang sekarang ini menghadapi tantangan akibat wabah COVID-19.

Hugo Zhu selaku CTO DingTalk mengungkapkan bahwa dengan meningkatnya permintaan bekerja dan belajar jarak jauh akibat pandemi COVID-19, pihaknya berharap dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik.

“Alibaba terus mendukung sebanyak mungkin bisnis dan sekolah agar dapat terus beroperasi,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dilayangkan kepada tim Gadgetren hari ini.

Hugo Zhu menambahkan saat ini perusahaan tengah menerima permintaan tinggi akan konferensi video untuk bisnis dan live-broadcast kelas online di Asia. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah kota yang menerapkan isolasi diri atau pembatasan sosial skala besar (PSBB) dan lockdown.

Aplikasi ini dapat megundang hingga 1.000 peserta ke dalam satu grup live-broadcast, dimana siaran tersebut juga dapat dibagikan ke beberapa grup yang berbeda secara bersamaan untuk memaksimalkan jumlah penonton yang menyaksikan siaran langsung.

Fitur DingTalk

Aplikasi telekonferensi ini juga mampu mengadakan konferensi video dengan partisipan hingga 302 orang di berbagai wilayah geografis secara bersamaan. Mode ini juga dilengkapi oleh fitur berbagi layar dan file, fitur “mode beautify” untuk menghaluskan tekstur kulit wajah, dan fungsi merekam untuk dapat diputar kembali kemudian.

Disamping itu obrolan grup dapat diikuti hingga 1.000 anggota, mengirim notifikasi ke semua atau peserta yang dipilih, dan berkomunikasi secara bebas melalui pesan yang diterjemahkan dengan dukungan AI yang tersedia dari maupun ke 14 bahasa termasuk Indonesia, Cina, Jepang, dan Inggris.

DingTalk Lite juga dapat mengelompokkan dan menampilkan pengguna berdasarkan bagan organisasi perusahaan agar dapat dengan mudah mencari nama kolega dalam suatu organisasi.

Alibaba dalam siaran pers-nya juga mengklaim bahwa DingTalk dapat memberikan konferensi video berdefinisi tinggi dan live-broadcast dengan latensi rendah di tengah melonjaknya bandwidth di musim COVID-19.

Tak ketinggalan, DingTalk juga menawarkan fungsi siaran langsung interaktif dan obrolan grup untuk mendukung Platform Komunikasi Ahli Medis Internasional, sebuah destinasi online yang dirancang untuk para pakar medis di seluruh dunia agar dapat berkomunikasi secara lancar satu sama lain dan berbagi pengalaman dalam memerangi COVID-19.

DingTalk Lite saat ini sudah bisa diunduh untuk sistem operasi iOS, Android, Mac dan Windows.

Tinggalkan Komentar