ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Patenkan Ponsel Layar Lipat, Tanda Alibaba Terjun ke Pasar Smartphone?

Alibaba Smartphone Foldable Paten[sumber gamabr: letsgodigital]

Gadgetren – Belakangan ini sudah banyak ponsel layar lipat yang bermunculan hingga yang sedang hits dibicarakan dan akan diluncurkan bulan Februari 2020 seperti Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr. Kini, giliran Alibaba ikutan mengembangkan desain baru ponsel layar lipat.

Alibaba merupakan salah satu platform eCommerce terbesar di dunia yang memasarkan berbagai produk dari perusahaan lain. Selama 20 tahun mendirikan Alibaba, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma ini tampaknya mulai tergiur derasnya pasar ponsel layar lipat akhir-akhir ini.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan besar ini tidak hanya mengincar pasar produk ponsel layar lipat pada umumnya karena mengambil desain clamshell yang tidak biasa seperti pada Samsung dan Motorola.

Dilansir Gizmochina (29/01/2020), smartphone dari Alibaba ini akan memiliki lipatan yang unik sebanyak tiga kali. Terdapat layar sekunder di bagian atas panel belakangnya yang mencakup sekitar sepertiga dari total area yang ada.

Tidak seperti layar depannya, panel display di sisi belakang tidak fleksibel. Saat ponsel dilipat, layar belakang akan tetap bisa digunakan sebagai tampilan depan. Kemungkinan layar tersebut akan memunculkan informasi penanda tanggal dan jam.

Alibaba Smartphone Foldable Paten

Ketika ponsel itu dilipat, layar kedua tersebut pun sepertinya bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan pemberitahuan. Adapula dua tombol di sebelah kanan yang berfungsi sebagai tombol power dan tombol volume atas bawah layaknya ponsel pada umumnya.

Kabar Alibaba mematenkan desain ponsel layar lipat terbarunya ini bisa dibilang cukup menarik, mengingat bahwa raksasa eCommerce tidak membuat produk sendiri. Alibaba telah mendaftarkan paten desain smartphone layar lipat perdananya itu ke World Intelectual Property Organization (WIPO), tepatnya pada tanggal 21 Januari 2020 bulan lalu.

Pastinya akan semakin menarik sekali melihat inovasi apa yang akan dibawa oleh Alibaba ke pasar smartphone yang sudah ramai saat ini. Dengan dompet yang terbilang cukup dalam, Alibaba bisa saja menghadirkan sebuah smartphone yang sangat berbeda sekali dengan kebanyakan smartphone saat ini.

Walaupun begitu, kita harus menunggu pengumuman secara resmi dari Alibaba mengenai kehadiran smartphone ini mengingat sebuah paten tidak berarti selalu menjadi kenyataan karena ada berbagai hal yang menghalanginya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar