Berita

Semakin Kompetitif, Qualcomm Siapkan Snapdragon Untuk Setiap Segmen

Ada Corona Harga Chipset Naik_ Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetre – Tak hanya perusahaan teknologi yang memproduksi smartphone saja yang bersaing ketat. Kini persaingan mulai terasa bagi perusahaan System-on-Chip (SoC) yang menghadirkan prosesor untuk mengatur kinerja smartphone.

Adapun SoC yang terkenal saat ini adalah buatan Qualcomm asal Amerika Serikat dengan memunculkan Snapdragon dalam berbagai macam seri. Kemudian ada Mediatek asal Taiwan dan Exynos buatan Samsung asal Korea Selatan.

Tentu ketiganya memiliki pangsa pasar tersendiri dan keunikan masing-masing. Qualcomm merupakan prosesor yang bisa dibilang paling laris hingga saat ini karena berhasil menggandeng vendor ponsel pintar populer di pasaran untuk semua kelas dari entri level, menengah, bahkan flagship.

Namun demikian, Qualcomm juga memiliki persaingan yang ketat dengan prosesor Exynos keluaran Samsung di kelas flagship. Keunggulan Qualcomm bisa dibilang menyediakan Snapdragon yang mampu menghemat baterai penggunaan fungsi smartphone.

Meski pun begitu Snapdragon kerap dibanderol dengan harga yang terbilang merogoh koceh cukup dalam. Menanggapi hal ini, Dominikus Susanto selaku Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia mengatakan bahwa pada saat Qualcomm membuat prosesor sesuai dengan kelasnya.

Samsung Exynos

“Memang setara dalam kelasnya. Masing-masing punya fitur dengan kemampuan paling tinggi, tetapi juga harus dilihat dari semua penggunaan smartphone-nya. Bagaimana stabilitas internet bekerja dan sinyal menjadi penentu kualitasnya,” ujarnya kepada tim Gadgetren dalam telekonferensi Snapdragon 865 5G (09/04/2020).

Bicara mengenai dampak wabah virus korona pada harga prosesor, Dominikus mengungkapkan bahwa dirinya tidak bisa bercerita lebih detail karena harga chipset sendiri hanya diketahui oleh tim kecil Qualcomm.

“Harga prosesor kan insignifikan dari harga smartphone karena ada komponen lain yang menentukan harga. Soal virus korona, pengaruhnya nggak bisa ngantor, tapi kita tetap berusaha memenuhi kebutuhan smartphone, technical support tetap bekerja, dan teknologi baru yang datang cepat dikerjakan,” tutupnya.

Qualcomm juga baru saja mengumumkan fitur terbaru dari Snapdragon 865 5G, yakni fungsi teknologi kamera Qualcomm Spectra 480 CV-ISP, GPU yang bisa diupdate secara terpisah, dan pada kecerdasan buatan yang menggunakan Qualcomm Sensing Hub.

Tinggalkan Komentar