Berita Gadget

Monster! Chipset Snapdragon 865 Plus Resmi Dirilis di Dunia

Snapdragon-865-Plus-Header

Gadgetren – Sebelumnya tim Gadgetren telah memuat artikel mengenai bocoran spesifikasi smartphone Lenovo Legion yang ternyata menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus.

Berselang beberapa jam dari artikel tersebut, ternyata Qualcomm secara resmi meluncurkan Qualcomm Snapdragon 865 Plus secara global. Label “Plus” yang hadir pada chipset ini tentunya menghadirkan performa yang lebih bertenaga dibandingkan dengan Snapdragon 865.

Seperti Snapdragon 855 Plus yang hadir tahun lalu, chipset terbaru ini dirancang untuk memberikan performa yang ditingkatkan untuk kinerja game yang lancar ditambah hadirnya dukungan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang cepat, koneksi jaringan 5G, dan Artificial Intelligence (AI) yang intuitif.

Alex Katouzin selaku Senior Vice President dan General Manager, Mobile, Qualcomm Tecnologies, Inc. mengungkapkan bahwa seiring upaya Qualcomm untuk menyebarluaskan 5G, pihaknya terus berinvestasi pada seri premium, chipset seri-8, untuk mendorong aspek performa dan efisiensi daya serta membawa kamera, AI, dan pengalaman gaming generasi selanjutnya.

“Meneruskan kesuksesan Snapdragon 865, chipset Snapdragon 865 Plus yang baru akan memberikan performa yang ditingkatkan untuk smartphone flagship gelombang selanjutnya, terutama perangkat gaming dengan performa bertenaga” tambah Alex.

Snapdragon-865-Plus-Elite-Gaming

Snapdragon 865+ mempunyai delapan inti dengan tiga cluster yang terdiri dari Single-Core Kryo 585 Prime 3,1 GHz, Triple-Core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan Quad-Core Kryo 585 Silver 1,8 GHz.

Menariknya, cluster Single-Core Kryo 585 Prime mempunyai kecepatan maksimal (clock speed) sangat tinggi mencapai 3,1 GHz. Bisa dibilang kecepatan ini hampir melebihi rata-rata chipset flagship masa kini yang masih berkepala 2 GHz.

Qualcomm menjanjikan peningkatan performa 10% pada chipset ini dibandingkan dengan Snapdragon 865. Sementara GPU Qualcomm Adreno 650 yang dibenamkan pada chipset Snapdragon 865 Plus diklaim mengalami peningkatan render grafis 10% dibandingkan generasi sebelumnya.

Terdapat juga Snapdragon Elite Gaming yang membuat chipset ini dapat memberikan pengalaman gaming berkualitas desktop dengan membawa fitur-fitur menarik seperti driver GPU yang dapat diperbarui dan desktop forward rendering.

Snapdragon 865 Plus juga dibekali dengan Qualcomm Snapdragon X55 5G Modem-RF System yang mendukung jaringan 5G dengan kecepatan sangat tinggi di berbagai negara. Sementara pengalaman game menjadi lebih halus dengan dukungan gerakan animasi hingga 144 FPS.

Snapdragon 865 Plus Banner

Dua perusahaan teknologi besar, Lenovo dan ASUS, pun sudah menyatakan akan menggunakan Snapdragon 865 Plus pada smartphone gaming terbarunya, yakni Lenovo Legion dan ASUS ROG Phone 3.

Jerry Tsao selaku Vice President Lenovo Mobile Gaming Group Emerging Markets mengungkapkan bahwa inovasi teknologi yang lebih pintar dan lebih cepat demi performa yang lebih tinggi dan gameplay yang imersif selalu menjadi ciri khas dari Lenovo Legion.

Sedangkan Bryan Chang selaku General Manager Smartphone Business Unit ASUS mengungkapkan bahwa ASUS sangat gembira untuk sekali lagi menawarkan pengalaman mobile gaming terbaik dengan ROG Phone 3 generasi selanjutnya yang akan ditenagai oleh Snapdragon 865 Plus terbaru.

Tinggalkan Komentar