Berita

GPU Bisa Dapat Update! Qualcomm Ungkap Fitur Baru Snapdragon 865 5G

Snapdragon 865 5G Header

Gadgetren – Sebagai vendor pemasok prosesor untuk berbagai lini smartphone, hari ini Qualcomm telah memperkenalkan teknologi terbaru yang dibawa oleh Snapdragon 865 5G yang belum ada di platform sebelumnya.

Ada tiga peningkatan baru untuk teknologi fungsi kamera, bermain game, dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Apa sajakah pembaruannya?

Berkat teknologi yang disebut Qualcomm Spectra 480 CV-ISP, kemampuan kamera smartphone diklaim Qualcomm akan menghasilkan foto dan video yang lebih baik dari fungsi 4K HDR dan fitur minim cahaya yang mampu menghasilkan gambar lebih terang, noise yang berkurang hingga 40%, dan bisa melakukan deteksi objek dengan tekstur gambar lebih detail.

Teknologi ini juga menawarkan kinerja penggunaan kamera empat kali lebih cepat bila hanya dibandingkan smartphone yang mampu mengangkut satu piksel per Clock Cycle. Dengan demikian dimungkinkan efisiensi daya sebesar 16%, mesin tidak mudah cepat panas, mesin lebih bertenaga dan cepat, dan prosesnya sendiri bisa melampaui 2 Gigapiksel per detik.

Dominikus Susanto selaku Senior Manager Business Development, Qualcomm mengungkapkan bahwa dari segi fungsi bermain game ada pembaruan yang menarik dan pertama kali di dunia.

Fitur-Qualcomm-865-Camera

“Peningkatan baru untuk performa gaming dari chipset ini GPU-nya bisa diupdate terpisah bila sebelumnya tidak dimungkinkan update karena harus menjadi satu. Sehingga memungkinkan pengguna memiliki smatphone yang sama namun grafiknya bisa ditingkatkan menjadi baru,” ujarnya dalam peluncuran hari ini yang dilakukan melalui telekonferensi Zoom.

Fitur peningkatan baru pada GPU-nya ini untuk sekarang masih hanya ada di Snapdragon 865 5G. Namun Dominikus tak memungkiri bila untuk generasi berikutnya bisa saja dikembangkan untuk Snapdragon seri sebelumnya.

Fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming

Lanjut ke GPU, Snapdragon 865 menggunakan Andreno 650 yang mana memiliki grafis prosesor unit yang paling tinggi di kelasnya. Kecepatan prosesnya memungkinkan peningkatan sebesar 25% dan mampu menghemat baterai 35%.

Dukungan Snapdragon Elite Gaming juga memungkinkan pengalaman bermain game yang mulus dengan kualitas HDR tinggi dan warna lebih baik yang bisa diatur dimana mampu menghasilkan warna sebanyak 1 miliar agar gambar lebih nyata dan nyaman di mata. Adapun dukungan Refresh Rate mencapai 144Hz.

Fitur kecerdasan buatan dari Snapdragon 865 5G pun mendapatkan peningkatan performa berupa teknologi yang disebut Qualcomm Sensing Hub. Yang mana memungkinkan smartphone selalu menyala dengan teknologi low power kamera kurang dari 1mWatt, mikrofon kurang dari 1mA, dan pendeteksi sensor layar sehingga mampu menghemat energi baterai smartphone.

Tinggalkan Komentar