Berita

Festival Belanja Brand Lokal Pertama di Indonesia Akan Digelar Online

Header Atasi Krisis COVID-19, HBBL Lokal Digelar Online

Gadgetren – Untuk memulihkan ekonomi pasar UMKM Indonesia, Festival Belanja Online Brand Lokal pertama di Indonesia akan digelar pada 25 hingga 27 April 2020 melalui berbagai kanal online. Rencananya Hari Belanja Brand Lokal ini akan diikuti oleh lebih dari 1.000 brand lokal tanah air.

Achmad Alkatiri selaku panitia Hari Belanja Brand Lokal menjelaskan bahwa event pertama ini diorganisir oleh dan untuk brand lokal Indonesia. “Teman-teman dari beberapa brand bergotong-royong mengorganisir inisiatif ini setelah melihat dampak krisis COVID-19 yang cukup signifikan terhadap bisnis,” ujarnya melalui keterangan tertulis kepada tim Gadgetren.

Pasalnya, hingga saat ini tidak sedikit brand lokal di tanah air yang mengalami penurunan penjualan hingga 50% karena krisis COVID-19 yang sedang terjadi. Hal ini kemudian memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal yang mayoritas adalah UMKM.

Achmad menambahkan bahwa disaat seperti inilah brand lokal bersatu dan saling mendukung. Inisiatif ini tidak hanya mengenai promosi kepada konsumen, tetapi juga solidaritas antar sesama brand lokal.

Sejalan dengan ini, akan diselenggarakan juga program sharing dari brand lokal lain, kelas online keuangan bisnis, tips, dan hal-hal lainnya yang membuat pemilik brand lebih siap menghadapi krisis.

Menariknya, tiga hari sejak pendaftaran untuk brand lokal dibuka, panitia penyelenggara telah mencatat ada 476 brand lokal yang telah mendaftarkan diri dengan komposisi 68% dari kategori fashion.

“Melalui inisiatif ini, kita ingin mengajak ribuan brand lokal di Indonesia untuk menyatukan suara, pengalaman, ide, inovasi, dan promosi pada 25-27 April nanti. Semuanya secara online. Sudah saatnya brand lokal mengambil perhatian lebih dari masyarakat Indonesia karena secara kualitas, desain dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merek global,” terangnya.

Yukka Harlanda selaku Founder & CEO Sepatu Brodo mengatakan bahwa brand Brodo bangga bisa ikut menginisiasi dan menjadi bagian dari Hari Belanja Brand Lokal.

“Festival ini akan membantu membentuk dukungan sistem untuk teman-teman brand lokal di Indonesia ke depannya. Dikarenakan brand lokal memiliki kekuatan sesungguhnya pada rasa kepemilikan di komunitas mereka,” tutupnya. Adapun pendaftaran brand secara gratis bisa melalui tautan ini dan akan dibuka hingga hari Jumat, 10 April 2020.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar