Aksesoris Review

Review ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack – Tas Esensial Untuk Para Gamer

ASUS ROG Ranger BP3703 Header

Gadgetren – ASUS Indonesia tidak hanya terkenal akan perangkat komputer mereka saja, melainkan juga berbagai aksesoris gaming yang melengkapinya.

Melalui lini Republic of Gamers, ASUS menghadirkan berbagai perangkat yang menunjukkan jiwa gaming mulai dari laptop, headset, hingga mouse. Nah agar para gamer dapat lebih mudah untuk membawa peralatan gaming mereka, ASUS pun meluncurkan tas ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack.

Tas gaming buatan ASUS ini dibanderol dengan harga hampir Rp 5 juta. Dengan label harga semalah itu, apa yang membuatnya istimewa?

Impresi awal yang saya dapat ketika melihatnya pertama kali adalah ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack punya ukuran yang sangat besar sekali. Dilihat sekilas, tas ini punya aura gamer yang kental sekali seperti produk Republic of Gamers dari ASUS lainnya.

Mengusung konsep “Gaming”, tentu saja ada yang berbeda dari ROG Ranger BP3703 dibandingkan tas pada umumnya atau bahkan tas laptop sekalipun. Dalam sekali lihat, saya dapat langsung mengetahui bahwa tas ini dibuat secara telaten dengan bahan berkualitas.

ASUS ROG Ranger BP3703 Jinjing

Tas ini pun memberik kesan laki banget dengan aksen-aksen gamer yang akan membuat orang-orang di sekitar menoleh untuk melihatnya lebih seksama. Didominasi warna hitam dengan logo mata ROG di bagian depannya, ROG Ranger BP3703 tidak dapat dipungkiri memiliki karakteristik gaming.

Namun ada dua hal yang dalam sekejap menarik perhatian saya, selain mata ROG tentunya, yakni pelindung ritsleting dan sebuah alat yang tampak seperti remot menggantung di samping kanan.

Setiap ritsleting yang tampak pada bagian luar tas ini telah dilindungi oleh penutup berbahan karet yang akan menghalau masuknya air hingga partikel kecil yang mungkin dapat mengganggu lajur ritsleting.

ASUS ROG Ranger BP3703 Lampu RGB

Sekilas terlihat sepele memang, namun penutup ini akan sangat membantu dalam jangka panjang dan menunjukkan bahwa ASUS memperhatikan setiap detail yang ada, seberapa pun kecilnya, ketika merancang ROG Ranger BP3703.

Apalagi Indonesia merupakan negara yang punya iklim tropis dimana hanya terdapat dua iklim, yakni kemarau dan hujan yang masing-masing berlangsung selama 6 bulan. Maka dari itu, desain ini akan sangat bermanfaat sekali walaupun tidak dirasakan secara langsung.

Beralih ke alat yang menggantung di samping kanan tas, saya awalnya cukup bingung kenapa alat tersebut ada di luar dan apa fungsinya. Setelah membaca buku panduan, saya baru mengetahui bahwa alat tersebut merupakan remote untuk mengatur cahaya dari lampu RGB.

ASUS ROG Ranger BP3703 Remote Aura

Ada berbagai efek yang bisa dipilih mulai dari Cycle, Static, hingga Breathing yang bisa dipilih sehingga bisa disesuaikan dengan gaya personal masing-masing. Tentu saja lampu RGB tersebut juga bisa dimatikan jika terpaksa. Tapi RGB lho….. jadi nyalakan!

Eits… tapi tunggu dulu. Untuk bisa menikmati fitur yang satu ini, kamu memerlukan powerbank untuk menenagai lampu RGB tersebut. ASUS pun menyediakan kantong khusus untuk meletakkan powerbank tersebut. Cukup menghubungkannya dengan kabel yang di dalamnya, maka lampu langsung siap untuk digunakan.

Langkah ASUS untuk tidak memasang baterai tanam di dalam tas sangat bisa dimaklumi karena kini penerbangan telah membatasi kapasitas maksimal yang bisa di bawa ke dalam kabin pesawat. Keuntungan lainnya, pengguna dapat memasangkan baterai yang lebih besar dan mengganti secara berkala jika menginginkan lampu dapat menyala lama.

ASUS ROG Ranger BP3703 Kelengkapan

Ditambah lagi, ASUS pun memberikan lubang kecil yang bisa dilewati oleh kabel agar penggunanya dapat mengisi daya smartphone atau lainnya dari luar tas.

Lampu RGB memang menarik untuk dimiliki, namun ASUS tidak melupakan desain keseluruhan dari ROG Ranger BP3703. ASUS memproduksi tas ini dengan bahan berkualitas yang akan membuat pikiran tenang karena terasa kokoh dan kuat.

Apalagi di baliknya telah dilapisi bahan anti air untuk melindungi barang elektronik yang ada di dalamnya sebagai keamanan ekstra ketika kehujanan atau lainnya. Sebagai produsen elektronik ternama, ASUS benar-benar mengerti seberapa berharganya perangkat elektronik yang tersimpan di dalamnya bagi seorang gamer dengan memberikan pengamanan berlapis.

Tidak hanya keamanan saja, ASUS pun turut memperhatikan kenyamanan tas ketika digunakan. Pada bagian punggung tas dan tali bahu terdapat busa lembut agar meredakan tekanan ketika tas digendong, terutama saat tengah membawa banyak barang.

ASUS ROG Ranger BP3703 Bagian Belakang

Dengan dimensi mencapai 300 x 480 x 170 mm yang mampu menampung kapasitas volume sebesar 20L, tentunya ROG Ranger BP3703 dapat memuat banyak perangkat. Ditambah lagi tas ini mempunyai banyak kompartemen atau bagian-bagian terpisah yang disediakan secara khusus untuk menyimpan perangkat tertentu.

Tas ini dapat menyimpan laptop dengan ukurang layar 17 inci serta berbagai aksesoris pendukung seperti charger, keyboard, mouse, dan headset secara bersamaan dan tetap masih ada tempat untuk barang lain setelahnya untuk menunjang perjalanan.

ASUS ROG Ranger BP3703 Kompartemen Dua

Saya sendiri penasaran akan seberapa banyak barang yang bisa saya masukkan hingga penuh total. Alhasil, satu buat tas lipat, laptop 16 inci dengan charger, serta tujuh buah smartphone beserta boksnya dapat masuk pada kompartemen utama.

Belum cukup? Masih ada kompartemen luar di samping serta tas mini pada bagian depan yang bisa dilepas. Pastinya kamu para gamer dapat menyimpan seluruh perlengkapan perang di dalamnya dengan mudah tanpa perlu repot-repot menyusun penempatan layaknya tengah bermain Tetris karena sudah ada tempatnya masing-masing.

ASUS ROG Ranger BP3703 Kompartemen Utama

Menariknya, terdapat lampu panjang yang akan menerangi kompartemen utama untuk membantu dan mempermudah mencari barang yang ada di dalamnya pada saat malam hari atau kondisi gelap. Sebuah fitur yang perlu diterima dengan tangan terbuka.

Yang paling mengejutkannya lagi, ternyata ASUS masih sempat untuk memberikan kantong khusus pada bagian bawah yang sudah terisi jas hujan. Cukup dengan ditarik keluar, maka tas dapat terlindungi lebih maksimal lagi dari percikan air.

ASUS ROG Ranger BP3703 Jas Hujan

Hanya saja, tas ini sepertinya memang dibuat secara spesifik untuk menyimpan barang-barang elektronik. Walaupun masih bisa digunakan pada keseharian seperti sekolah atau kerja dengan baik, namun tas ini saya rasa kurang cocok untuk digunakan traveling yang mengharuskan membawa barang seperti pakaian maupun alat kebersihan.

Bukan masalah yang besar karena tujuan dari tas ROG Ranger BP3703 memang bukan untuk itu, melainkan sebagai tempat disimpannya peralatan gaming atau elektronik lain ketika bepergian. Pastinya, tas ini terasa lebih serba guna berkat banyaknya kompartemen yang disediakan.

ASUS ROG Ranger BP3703 Tas Lepas

Secara keseluruhan ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack merupakan tas didesain sedimikian rupa untuk memenuhi kebutuhan para gamer  dan terbuat dari bahan kokoh untuk memastikan ketahanannya dalam berbagai kondisi penggunaan.

Desainnya pun benar-benar menciptakan kesan gamer bagi siapapun yang memakainya berkat aksen gaming seperti mata ROG dan lampu RGB yang menghiasinya. Maka dari itu, pengguna tas ini mungkin akan sedikit terbatas karena tidak semua orang menginginkan desain yang menunjukkan sisi gaming.

Namun jika kamu seseorang gamer yang tidak peduli akan hal tersebut, maka ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack merupakan salah satu tas gaming terbaik yang bisa kamu pilih. Pada dasarnya ROG Ranger BP3703 adalah sebuah tas yang berkualitas sehingga pertimbangan akan terfokus pada apakah kamu suka desainnya atau tidak.

Kelebihan

  • Dibuat dari bahan berkualitas
  • Banyak kompartemen penyimpanan
  • Perlindungan terhadap air yang berlapis
  • Punya lampu RGB!

Kekurangan

  • Bobot yang terbilang berat
  • Ukuran cukup besar untuk sebagian orang
ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack
  • Editor Rating
  • Rated 5 stars
  • 100%

  • ROG Ranger BP3703 Gaming Backpack
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: April 1, 2020
  • Desain
    Editor: 90%
  • Fitur
    Editor: 100%
  • Kualitas Bahan
    Editor: 100%
  • Tempat Penyimpanan
    Editor: 100%

Leave a Comment