Berita

Aplikasi Telekonferensi Apa Yang Paling Irit Kuota? Ini Temuan Tri Indonesia

Header Tri Indonesia Temukan Telekonferensi Paling Irit

Gadgetren – Dalam rangka membantu pelanggan memilih aplikasi yang bisa digunakan untuk telekonferensi bekerja dari rumah, Tri Indonesia telah melakukan riset mengenai aplikasi telekonferensi apa yang paling kecil menyerap data.

Tri Indonesia menemukan bahwa banyak aktivitas seperti rapat kini dilakukan secara virtual melalui berbagai aplikasi telekonferensi seperti Google Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex.

Desmond Cheung selaku Chief Technical Officer Tri Indonesia mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan langkah Tri Indonesia memberikan pelayanan di tengah padatnya jaringan di jam kerja kepada pelanggan setelah dua minggu sejak himbauan untuk social distancing dan bekerja dari rumah mulai.

Disamping itu, Tri juga mencatat bahwa akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video meningkat hingga 693% khususnya pada jam kerja.

Agar kegiatan virtual dapat berlangsung lancar tanpa ganguan dalam kondisi ini, penting untuk memilih aplikasi telekonferensi dengan kebutuhan bandwidth yang rendah serta memiliki koneksi internet yang stabil.

Oleh karenanya, Tri Indonesia melakukan pengujian internal terbatas dengan menggunakan perangkat yang sama selama 30 menit dimana terdapat lima partisipan pada empat aplikasi telekonferensi di atas.

Pengujian tersebut memperlihatkan bahwa aplikasi telekonferensi Zoom menggunakan bandwidth paling kecil diantara lainny seehingga membutuhkan data yang kecil pula. Dengan demikian pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi.

Fitur-Grafik-Kebutuhan-Bandwidth-Telekonferesi

Sementara aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang paling besar ada pada aplikasi Webex dengan angka 1700 kbps dan disusul oleh Google Hangouts dengan angka 1100 kbps.

Bandwidth yang lebih besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi sendiri dapat bervariasi tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan.

Namun di tengah periode yang sulit ini, Desmon mengungkapkan bahwa tim teknis Tri Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil dalam melayani kebutuhan pelanggan, baik yang bekerja maupun belajar dari rumah.

“Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang kini 8x lebih cepat dari jaringan 4G ketika pertama kali diperkenalkan, kami berupaya untuk memastikan pengguna Tri Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima tim Gadgetren (30/03/2020).

Untuk melengkapi kebutuhan internet pelanggan, Tri Indonesia juga memiliki rangkaian produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited di jam 01.00-17.00. Produk ini bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi untuk menunjang aktivitas bekerja dan belajar dari rumah tanpa khawatir kehabisan kuota

Dengan AlwaysOn Unlimited, pelanggan bisa bebas mengakses semua aplikasi seperti Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan.

Dinformasikan pula oleh Tri Indonesia bahwa selama periode #DiRumahAja, pihaknya tetap beroperasi penuh untuk memberikan jaringan kuat dan produk-produk yang relevan sehingga dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam aktivitas berinternet dan menjalankan kegiatan sehari-hari dari rumah.

Tinggalkan Komentar