ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Delapan Upaya JD.id Bantu Pemerintah Minimalisir Penyebaran Virus Korona

Header-Upaya-JD.id-bantu-pemerintah-atasi-Virus-korona

Gadgetren – Di hari jadi JD.id yang keempat tanggal 28 Maret 2020, JD.id mendukung dan mempromosikan upaya pemerintah dalam meminimalkan penyebaran corona (COVID-19) dengan menganjurkan para pelanggan untuk tetap #DiRumahAja serta memastikan paket pesanan #DijaminSampai.

Dalam implementasinya, JD.id akan fokus untuk menyiapkan layanan end-to-end terbaik mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga purna jual (after sales). Selain itu, JD.id juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan, dan keselamatan seluruh pegawai.

Ada beberapa upaya yang dilakukan JD.id pada setiap aspek layanan baik itu sebelum dan bahkan sesudah paket sampai ke tangan pelanggan. Pertama, memastikan warehouse, drop point, dan pegawai yang bertugas selalu dalam kondisi bersih dan sehat karena kesehatan dan keselamatan pegawai maupun pelanggan adalah prioritas utama bagi JD.id.

Kebijakan tersebut yang dinamakan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) ini merupakan pedoman kerja yang telah diterapkan oleh pegawai warehouse maupun drop point selama ini.

Salah satu contoh adalah pelaksanaan aturan “Wajib Sanitasi Higienis” secara ketat mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja, pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, dan penggunaan sarung tangan dan masker bagi seluruh pegawai warehouse.

Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point.

Kedua, penambahan stok barang di warehouse secara berkala sebagai salah satu prioritas utama JD.id. Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Fitur-Upaya-JD.id-bantu-pemerintah-atasi-penyebaran-virus-korona

Ketiga, mengecek dengan teliti setiap barang yang diterima dari supplier saat proses loading dan melakukan quality control secara rutin. “Tidak sekedar terima jadi” adalah salah satu moto yang dipegang teguh oleh pegawai warehouse saat proses loading barang oleh supplier.

Dalam proses ini, pegawai warehouse JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi.

Pegawai warehouse juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari warehouse berlangsung sesuai standar yang berlaku.

Keempat, mengemas paket pesanan pelanggan dengan rapi sesuai SOP JD.id untuk memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang berlaku. Setiap paket akan dikemas dengan rapi dan kemudian dicek ulang sebelum akhirnya diserahkan kepada kurir untuk dikirim.

Kelima, armada pengiriman yang layak dan rutin dibersihkan. JD.id melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman untuk memastikan keamanan yang terjamin.

Fitur-Upaya-JD.id-Bantu-Pemerintah-Lawan-Virus-Korona

Secara berkala armada akan di cek kelayakannya hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan. Hal ini berarti tidak satu titik pun yang terlewatkan oleh JD.id dalam mempersiapkan dan mengirimkan paket pesanan kepada pelanggan.

Keenam, JD.id memberikan pengalaman belanja online yang nyaman kepada para pelanggan dengan mengantarkan kebutuhan sehari-hari langsung ke pintu rumah.

Rantai pasokan dan layanan logistik JD.id lebih waspada melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan logistik terkemuka dengan kurir yang sigap dan tanggap untuk memastikan paket pelanggan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

Keetujuh, tim Customer Service (CS) JD.id siap untuk melayani seluruh pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh mulai dari menjawab pertanyaan hingga menanggapi pengajuan komplain atau refund. Tim CS JD.id yang sudah berpengalaman akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap.

Kedelapan, menangani permohonan retur pelanggan dengan teliti dan cekatan. Dikarenakan alasan tertentu, terdapat beberapa pelanggan yang ingin mengajukan penukaran atau pengembalian produk yang telah dibeli.

Oleh karena itu, JD.id menghadirkan tim purna jual yang teliti dan cekatan dalam menangani permintaan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan puas belanja di JD.id, bahkan setelah barang sampai di tangan mereka sekalipun.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar