ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Screenshot Buat Kamu yang Ingin Mengabadikan Layar Realme 5i

Cara Screenshot Realme 5i Header

Gadgetren – Meskipun realme 5i sudah meluncur sejak bulan Januari 2020 kemarin, tetapi masih ada sebagian pengguna yang kebingungan untuk memanfaatkan beberapa fiturnya termasuk fitur screenshot.

Padahal secara umum, cara menggunakan fitur ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak jauh berbeda dengan menggunakan fitur screenshot di kebanyakan ponsel realme yang sudah beredar sebelumnya.

Setidaknya terdapat dua metode yang bisa digunakan pada realme 5i dalam hal ini, meliputi screenshot menggunakan kombinasi tombol fisik dan screenshot menggunakan gestur alias gerakan tangan.

Untuk metode screenshot yang pertama, kamu tidak perlu melakukan pengaturan apapun sehingga fitur screenshot bisa langsung diaplikasikan. Kamu hanya perlu membuka halaman yang akan didokumentasikan kemudian menekan tombol daya dan volume ke bawah secara bersamaan.

Sementara untuk menggunakan metode yang kedua, kamu harus memastikan pengaturan untuk fitur tersebut aktif terlebih dahulu. Kamu bisa mengecek pengaturannya secara langsung di halaman Settings.

Pertama-tama buka Settings di ponsel realme 5i yang digunakan, lalu kemudian cari dan buka menu Convenience Aid dan pilih opsi Gesture & Motion. Pastikan opsi 3-Finger Screenshot di halaman Gesture & Motion dalam keadaan aktif.

Selanjutnya, buka tampilan layar yang ingin ditangkap. Jika tampilan layar yang diinginkan sudah terbuka, gunakan fitur 3-Finger Screenshot dengan mengusap layar realme 5i menggunakan tiga jari dari atas ke bawah.

Hasil tangkapan layar baik menggunakan metode yang pertama maupun metode yang kedua bisa dibuka secara langsung melalui pratinjau yang muncul setelah screenshot berhasil dilakukan dengan cukup mengetuknya.

Namun jika pratinjau hasil tangkapan layar sudah tertutup, kamu masih bisa membukanya melalui folder Screenshot yang muncul di aplikasi penampil gambar seperti Photos yang merupakan aplikasi bawaan dari ColorOS.

Sebagai tambahan informasi, kedua cara screenshot realme 5i di atas juga bisa digunakan untuk melakukan tangkapan layar panjang. Namun untuk mengaktifkan fitur ini, kamu perlu menekan tombol Long Screenshot yang muncul saat gambar pratinjau hasil tangkapan layar ditampilkan.

Selain itu, kedua cara screenshot di atas bisa digunakan untuk beberapa perangkat realme yang lain, termasuk realme 5 maupun realme 5 Pro.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar