Sponsored Content

realme 5i – Smartphone Paket Lengkap Untuk Para Kawula Muda

Review realme 5i headers

Gadgetren – Membuka tahun 2020, realme memilih untuk menghadirkan smartphone baru yang menawarkan Ultra-Wide Quad Camera serta baterai besar di dalamnya.

Smartphone yang diberi nama realme 5i ini membawa beberapa keunggulan yang dipercaya dapat menarik perhatian para pecinta smartphone tanah air. Berbagai penyempurnaan yang realme hadirkan kali ini membuatnya patut untuk dipertimbangkan.

Sebagai produsen smartphone yang sepak terjangnya terbilang sukses karena mampu meraih pangsa pasar yang tinggi dalam waktu satu tahun saja, seperti apakah produk terbaru mereka yang satu ini?

Tampil sedikit berbeda dari yang lain, realme 5i hadir dengan desain yang disebut sebagai Sunrise Design dalam pilihan warna Ocean Blue atau Forrest Green untuk mewakili antusiasme generasi muda. Setelah melihatnya secara langsung, nama tersebut memang tepat sekali untuk mengungkapkan desain yang realme pilih kali ini.

Bagian belakang smartphone ini memiliki guratan-guratan bergelombang halus yang diproses menggunakan mesin pahat radium presisi lima sumbu Jerman. Jujur saja, realme 5i terlihat lebih unik dibandingkan smartphone lain di kelasnya berkat desain Sunrise tersebut.

Review realme 5i Desain

Bagaimana tidak, guratan tersebut membuat noda sulit menempel pada bagian belakangnya sambil menghadirkan visual menawan layaknya cahaya matahari terbit dari salah satu sudutnya. Hal ini tentu menjadi sebuah angin segar di tengah serbuan desain gradasi warna yang populer beberapa waktu belakangan.

Ditambah lagi bodi realme 5i pun terasa nyaman ketika digenggam berkat lekukan-lekukan di sisi pinggirannya yang mengikuti kontur tangan. Mengingat smartphone ini terbilang cukup besar, maka kenyamanan merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dan untungnya realme memperhatikan hal itu.

Dimensinya yang besar tentu bukan tanpa alasan karena realme 5i memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ yang tampil menggunakan desain mini-drop sehingga mampu menghadirkan rasio layar-ke-bodi yang mencapai 89%.

Layar luas yang dimiliki oleh realme 5i ini membuat saya lebih nyaman dalam beraktivitas digital baik itu saat berselancar di internet maupun menikmati konten hiburan. Selain itu, layar yang besar juga akan membuat konten mudah dilihat sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan mata karena tidak perlu menggunakan smartphone terlalu dekat.

Review realme 5i Gaming

Menariknya lagi, realme 5i telah dirancang dengan tiga lapisan pelindung agar tahan terhadap percikan air. Lapisan ini dapat melindungi komponen yang ada di dalamnya hingga ke luar dengan menyegel seluruh celah yang ada sehingga tidak ada cairan yang bisa meresap.

Secara keseluruhan, Sunrise Design pada realme 5i dipastikan akan menarik perhatian siapapun yang melihat karena membuatnya tampil segar dan terlihat sangat serasi sekali mendampingi desain minimalis dari aksesoris realme Buds Air yang hadir bersamaan.

Namun ada satu hal lagi yang tidak kalah menggoda dari realme 5i ketika dilihat secara sekilas, yakni empat kamera belakang yang terletak di samping sensor pindai jari.

Dinamakan sebagai Ultra-Wide Quad Camera, kamera belakang dari realme 5i ini menawarkan kombinasi lensa utama 12MP, ultra-wide angle 8MP, lensa makro, dan lensa potret 8MP.

Review realme 5i Kamera

Hadirnya empat kamera belakang tentu akan membuat realme 5i lebih fleksibel untuk digunakan dalam berbagai skenario pemotretan yang membutuhkan lensa berbeda agar hasilnya tetap optimal.

Bersamaan dengan itu juga ada kamera depan 8MP yang telah dilengkapi teknologi Artificial Intelligence agar dapat menghasilkan foto selfie yang lebih optimal.

Bisa dikatakan kamera smartphone membawa kemudahan dalam berbagai hal mulai dari mengabadikan momen hidup hingga digunakan sebagai alat mencatat suatu informasi. Maka dari itu kamera merupakan segmen yang tidak boleh dilakukan setengah hati.

Menyadari akan hal tersebut, realme pun memberikan berbagai kemampuan fotografi yang mumpuni pada realme 5i untuk dimanfaatkan oleh para penggunanya.

realme 5i Kamera Belakang Kanvas AutoAuto

realme 5i Kamera Belakang Kanvas ChromaChroma Boost

realme 5i Kamera Belakang Robot Auto

realme 5i Kamera Belakang Bunga Auto ChromaChroma Boost

realme 5i Kamera Belakang Kucing NormalAuto

realme 5i Kamera Belakang Kucing Chroma BoostChroma Boost

Lensa 12MP yang dimiliki oleh realme 5i ini terlihat dapat menghasilkan foto dengan detail yang baik. Bahkan tulisan yang ada masih terlihat jelas setelah tanpa perlu melakukan pembesaran menjadi bukti bahwa lensa ini sangat mumpuni dalam menangkap detail.

Tidak ketinggalan juga fitur Chroma Boost yang menjadi andalan realme dalam memberikan warna yang lebih nendang. Dengan begitu foto tidak perlu repot-repot disunting lagi karena sudah siap untuk dibagikan ke orang lain.

realme 5i Kamera Belakang Tugu WideAuto

realme 5i Kamera Belakang Tugu AutoWide-Angle

realme 5i Kamera Belakang Balai AutoAuto

realme 5i Kamera Belakang Balai WideWide-Angle + Chroma Boost

Dari foto-foto di atas dapat terlihat jelas sekali bahwa lensa ultra-wide angle 8MP dapat menangkap lebih banyak obyek dalam satu bingkai berkat kemampuannya yang memiliki sudut pandang hingga 119 derajat. Alhasil saya bisa mendapatkan pemandangan yang terlihat lebih lengkap dan sempurna.

realme 5i Kamera Belakang Makro Daun Chroma

realme 5i Kamera Belakang Makro Mainan AutoAuto

realme 5i Kamera Belakang Makro Mainan Chroma BoostUltra Macro + Chroma Boost

Tidak hanya bisa memotret area luas saja, realme 5i juga bisa diandalkan untuk mengambil foto obyek dari jarak dekat hingga 4 cm. Contohnya saja pada foto di atas, tetesan air maupun detail dari mainan masih dapat terlihat dengan sangat jelas sekali walaupun diambil dari jarak sangat dekat.

Fitur ini pun bahkan bisa dikombinasikan dengan Chroma Boost untuk memberikan warna yang lebih cerah lagi karena Ultra Macro membutuhkan pencahayaan yang banyak agar tetap terlihat optimal.

realme 5i Kamera Belakang Celengan PotraitEfek Bokeh

realme 5i Kamera Belakang Celengan Potrait WarnaFilter Warna

realme-5i-Kamera-Belakang-Celengan-Potrait-HitamFilter Hitam-Putih

Bagi yang ingin berkreasi lebih jauh lagi, realme pun menyematkan lensa potret yang dapat memberikan berbagai efek tambahan seperti latar buram maupun hitam putih. Melalui lensa potret ini, hasil jepretan dapat terlihat lebih artistik dan unik dibandingkan sekedar menggunakan mode Auto saja.

realme 5i Kamera Belakang Malam Rumah NightscapeSuper Nightscape 2.0

realme 5i Kamera Belakang Malam Kedai NormalAuto

realme 5i Kamera Belakang Malam Kedai NightscapeSuper Nightscape 2.0

Salah satu fitur andalan realme, Super Nightscape 2.0, kembali hadir pada smartphone terbarunya. Kemampuan fitur yang satu ini rasanya tidak perlu diragukan lagi karena hasil foto malam hari jelas sekali tampak lebih menawan dan jelas. Lensa utama realme 5i yang sudah bagus pada kondisi mini cahaya dapat disempurnakan lebih jauh lagi melalui Super Nightscape 2.0 ini.

realme 5i Kamera Depan Selfie AutoAuto

realme 5i Kamera Depan Selfie BeautifyBeautify

realme 5i Kamera Depan Selfie BokehBokeh

Berkat kehadiran teknologi AI, perlu diakui bahwa kamera depan dari realme 5i tergolong berhasil dalam memproduksi foto selfie yang bagus dan detail. Ditambah lagi terdapat juga efek bokeh dan beautify yang bisa digunakan jika ingin foto terlihat lebih menarik.

Melihat dari hasil foto-foto tersebut, kamera belakang maupun depan milik realme 5 memang benar menawarkan kemampuan yang mumpuni. Hasil foto yang diambil oleh realme 5i dipastikan sudah sangat pantas untuk dipajang di halaman media sosial.

Agar penggunanya dapat berfoto ria dalam waktu yang lama, realme pun membenamkan baterai dengan kapasitas 5.000mAh di dalam smartphone ini. Sebagai pengguna yang paling tidak suka harus selalu mengisi ulang daya baterai smartphone, tentu saya sangat senang dengan keputusan realme untuk menghadirkan baterai berkapasitas besar untuk realme 5i.

Bagaimana tidak, realme 5i ternyata mampu bertahan selama 15 jam 55 menit ketika saya uji menggunakan aplikasi PCMark for Android di tingkat kecerahan layar 50%. Angka yang cukup tinggi mengingat tes yang dilakukan merupakan simulasi dari aktivitas pengguna pada umumnya.

Tidak berhenti di situ saja, saya pun melakukan pengujian lanjut secara nyata. Saat digunakan menonton streaming YouTube selama 3 jam, baterai dari realme 5i hanya terkuras 11%. Hasil ini tentu membuat saya semakin penasaran akan kemampuan daya tahan baterainya.

Review realme 5i Baterai

Untuk itu saya memberikan tes yang lebih berat lagi, yakni bermain PUBG Mobile. Alhasil realme 5i hanya kehabisan baterai sebanyak 18% setelah digunakan bermain selama 2 jam nonstop. Namun sebagai catatan, kedua tes tersebut saya lakukan pada jaringan WiFi.

Melihat dari hasil tersebut, saya tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan aktivitas yang dikenal sebagai salah satu penyebab baterai cepat habis seperti streaming video maupun bermain game di waktu selang karena realme 5i dapat terus menyala hingga malam hari dalam sekali cas.

Kemampuan daya tahan baterainya tersebut tidak lepas dari fitur AI Freeze yang akan membekukan dan menonaktifkan aplikasi ketika sudah tidak digunakan dalam waktu lama sehingga konsumsi daya yang dibutuhkan menjadi lebih irit.

Qualcomm Snapdragon realme

Dari segi performa, realme 5i diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE Octa-Core yang memiliki kecepatan hingga 2.0GHz. Berkat diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 11nm, chipset ini mempunyai kinerja yang kuat dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Ditemani oleh RAM 4GB serta penyimpanan internal 64GB, realme 5i menghadirkan performa yang sangat mumpuni untuk menjalankan segala jenis aplikasi masa kini. Bahkan saya pun bisa melakukan aktivitas multitasking dengan nyaman tanpa harus menunggu aplikasi dimuat ulang ketika berpindah-pindah.

Chipset Snapdragon 665 tersebut pun dilengkapi GPU Adreno 610 untuk menunjang segala kebutuhan olah grafis serta memiliki mesin kecerdasan buatan generasi ketiga. Dengan begitu, chipset ini mampu menjalankan segala jenis aplikasi berat apapun itu jenisnya.

Review realme 5i Benchmark

Kinerjanya yang bertenaga juga terbuktikan oleh pencapaiannya dalam tes AnTuTu v8 yang meraih skor 172.940 poin. Tidak hanya itu saja, realme 5i pun mendapatkan 1.534 poin untuk Single-Core dan 5.561 poin untuk Multi-Core ketika diuji menggunakan Geekbench 4.

Melihat dari skor yang didapat oleh realme 5i pada aplikasi benchmark tersebut, tidak mengherankan kalau smartphone ini mampu saya bawa bermain game dengan sangat nyaman. Contohnya saja, saya bisa bermain game Mobile Legends di pengaturan grafis High dengan mode HFR aktif yang tidak semua smartphone bisa lakukan.

realme 5i Mobile Legends

Untuk game yang lebih berat seperti PUBG Mobile, saya dapat memainkannya pada pengaturan grafis Balanced dengan Frame Rate Medium secara lancar hingga pertandingan usai. Begitu juga untuk Free Fire yang dapat dijalankan sangat mulus walaupun menggunakan grafis Ultra.

Saya pun merasa cukup puas dengan kinerja gaming yang ditawarkan oleh realme 5i karena tidak menemukan kendala sama sekali. Bahkan smartphone ini mampu melibas segala game populer yang saya coba dengan mudah.

Kinerjanya yang mumpuni tersebut tentu tidak lepas dari sistem operasi ColorOS 6.1 besutan realme yang berbasis Android 9 Pie. Diciptakan untuk kembali ke esensi Android yang membawa interaksi sederhana, ColorOS 6.1 menghadirkan navigasi smartphone yang reponsif dengan tampilan mudah untuk dipahami.

Review realme 5i ColorOS

Ditambah lagi sistem operasi ini memiliki fitur System Wide Dark Mode yang dapat mengubah tampilan antarmuka dengan warna yang lebih gelap. Dengan begitu, tampilan antarmuka menjadi lebih nyaman untuk mata ketika digunakan pada siang maupun malam hari berkat warna yang lebih lembut.

Tidak hanya itu saja, ColorOS 6.1 ini juga telah dibekali beragam fitur bermanfaat untuk digunakan seperti Private Safe yang bisa diandalkan untuk menyimpan data penting hingga Phone Manager yang dapat merawat sistem agar smartphone dapat tetap berjalan dengan baik.

Setelah mencoba smartphone ini, saya merasa bahwa segala hal yang ditawarkan oleh realme 5i sepertinya telah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan para kawula muda yang menginginkan smartphone handal dengan keseimbangan yang baik di seluruh segmen mulai dari desain, performa, hingga fitur.

Dikombinasikan dengan realme Air Buds sebagai aksesoris yang menemani realme 5i, maka kehidupan mobile digital kamu dapat terpenuhi secara menyeluruh.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar