Berita Konsol Game

Lebih Cepat Loading Game, Sony Ungkap Spesifikasi PS5!

Sony-Ungkap-Playstation-5-header

Gadgetren – Seolah-olah tak mau kalah dengan Xbox Series X yang baru saja mengungkapkan kehebatan perangkat kerasnya, PS5 belakangan ini juga sedikit membeberkan spesifikasi yang akan dibawa dan diluncurkan pada akhir tahun 2020.

Mark Cerny selaku Lead System Architect of PlayStation 5 telah memberikan beberapa detail target peningkatan yang akan hadir di PS5 secara live streaming di kanal YouTube Playstation.

Secara singkat, fitur yang menjadi sorotan utama PS5 terletak pada media penyimpanan SSD (Solid State Drive) khusus yang dijagokan mempunyai kecepatan jauh lebih tinggi dibanding HHD di PS4 sehingga dapat menghemat waktu pemuatan game.

PS4 diungkapkan membutuhkan sekitar 20 detik untuk memuat 1GB data, sedangkan untuk SSD PS5 akan memungkinkan 5GB data untuk dimuat dalam satu detik. Custom SSD yang ada di PS5 ini diagadang oleh Sony punya kecepatan 5,5GB/s.

Peningkatan mesin PS5 tidak hanya terbatas pada SSD saja karena konsol game terbaru besutan Sony ini akan menggunakan dapur pacu AMD Zen 2 dengan delapan inti yang bergerak pada kecepatan 3,5GHz.

Sementara mesin GPU-nya akan mengandalkan arsitektur AMD RDNA 2 yang menjanjikan 10,28 teraflops melalui 36 unit komputasi yang mampu berpacu pada kecepatan 2,23GHz.

Selain itu, PS5 menawarkan RAM 16GB GDDR6 dan penyimpanan internal atau SSD yang dapat memuat data sebanyak 825GB. Kapasitas penyimpanan ini sebelumnya telah dijanjikan Sony akan menawarkan waktu pemuatan yang super cepat.

 Fitur Sony Ungkap Playstation 5

Pemuatan super cepat merupakan salah satu pembaruan teknis terbesar di PS5 yang sudah didemokan pada tahun lalu melalui game Spiderman. Demo tersebut memperlihatkan game dapat dimuat dalam waktu kurang dari satu detik dibandingkan PS4 yang membutuhkan waktu kira-kira delapan detik.

PS5 juga akan memiliki dukungan port USB 3.1 untuk Harddrive untuk melakukan pencadangan jika penyimpanan internal penuh. Selain itu, PS5 akan menggunakan pembaca optik Blu-Ray 4K dan masih akan mendukung disk game walaupun game dipastikan harus diinstal ke SSD internal.

Disamping itu PS5 akan mendukung output gambar hingga resolusi 8K dan 4K pada kecepatan refresh rate-nya 120Hz. Tak ketinggalan juga dukungan Ray Tracing secara hardware untuk memberikan grafis memukau.

Sony pun rencananya memberikan teknologi audio 3D untuk seluruh pengguna sehingga pengguna yang tidak memiliki surround system dapat menikmati kualitas suara serupa. Saat ini masih banyak hal yang Sony rahasiakan untuk PS5, termasuk desainnya. Mari kita tunggu bersama pengumuman selanjutnya.

Tinggalkan Komentar