Berita Game

Sempat Ditunda, Sony Akan Hadirkan Event Playstation 5 Pada 11 Juni 2020

Waktu Rilis PS5 Header.

Gadgetren – Angin segar datang dari vendor konsol game Sony yang telah mengumumkan jadwal event PlayStation 5 dengan tema The Future of Gaming melalui akun Twitter-nya.

Sebelumnya event ini sempat dijadwalkan untuk tanggal 4 Juni 2020 kemarin, namun batal lantaran situasi yang tidak kondusif akibat protes atas kematian warga kulit hitam Amerika Serikat bernama George Floyd.

Cuitan yang dikeluarkan oleh akun Twitter Sony menyebutkan event ini akhirnya akan dilaksanakan pada 11 Juni 2020 mendatang pukul 09.00 waktu setempat atau tepatnya pada 12 Juni 2020 pukul 03.00 pagi di Tanah Air.

Dalam event ini, diperkirakan Sony akan memberikan detail lebih jauh dari konsol game baru ini yang diperkirakan rilis pada musim libur 2020. Bila kita mengilas balik pada bulan Maret 2020 lalu, Mark Cerny selaku Lead System Architect of PlayStation 5 telah membeberkan beberapa detail peningkatan yang akan dibawa produk ini.

Dalam hal ini, Sony akan menggunakan prosesor AMD berasitektur Zen 2 dengan delapan inti yang bergerak pada kecepatan 3,5Ghz. Menariknya lagi, media penyimpanan SSD (Solid State Drive) bakal memberikan kecepatan lebih tinggi dibandingkan saudara sebelumnya yang hanya menggunakan HHD, sehingga dapat menghemat waktu pemuatan game.

Bahkan, SSD yang dimiliki oleh PS5 digadang mempunyai kecepatan hingga 5,5GB/detik berkat teknologi terbaru PCIe 4.0. Jika sebelumnya PS4 membutuhkan waktu 20 detik untuk memuat 1 GB data, maka PS5 memungkinkan data sebesar 5 GB untuk dimuat dalam waktu hanya 1 detik saja.

Dari segi GPU, PS5 akan disokong oleh arsitektur Navi AMD RDNA 2 yang konon kabarnya menjanjikan kekuatan 10,28 Teraflops melalui 36 unit komputasi yang mampu berpacu pada kecepatan 2,23GHz.

Konsol terbaru dari Sony ini pun akan mendukung kualitas video dengan resolusi 8K dan 4K pada kecepatan refresh rate hingga 120Hz. Tak ketinggalan juga, teknologi Ray Tracing untuk memberikan grafis yang memukau akan didukung secara langsung.

Dapur pacu tersebut ditemani RAM 16 GB GDDR6 dan SSD yang dapat menampung data game hingga 825 GB. Sementara untuk konektivitas, produk ini akan tersedia port USB Tipe 3.1 yang memungkinkan pengguna melakukan pencadangan data game jika penyimpanan internal penuh.

Tinggalkan Komentar