Berita

PS5 Ternyata Lebih Populer Ketimbang Xbox One Series X di Kalangan Pengembang Game

Sony PS5 Logo CES 2020 Header

Gadgetren – Pada tahun 2020 ini, Sony dan Microsoft Xbox dikabarkan akan bersama-sama meluncurkan konsol game terbarunya. Sony dengan Playstation 5 dan Microsoft dengan Xbox Series X-nya.

Keduanya pun telah dijadwalkan rilis menjelang Holiday 2020 atau bulan Oktober hingga perayaan Natal bulan Desember 2020 yang merupakan periode dimana banyak konsumen berbelanja akhir tahun.

Dalam perhelatan Consumer Electronics Show (CES) pada 7-10 Januari 2020 di Amerika Serikat lalu, bos Sony Jim Ryan pun telah memamerkan logo dan bocoran fitur dari konsol game PS5. Logo PS5 masih mengikuti desain logo dan font yang mirip generasi sebelumnya, hanya saja kini terdapat angka 5.

Selain memamerkan logo PS5, ia juga membeberkan fitur yang akan mewarnainya seperti  teknologi suara audio 3D yang sangat cocok digunakan saat memakai headset serta dukungan media Blu-Ray dengan resolusi Ultra HD (4K) dan refresh rate 120 Hz sehingga dapat memberikan pergerakan animasi yang sangat mulus.

Sony juga tetap memiliki komitmen dalam menyediakan media penyimpanan Solid State Drive super (SSD) yang mampu memangkas waktu loading game maupun instalasi menjadi jauh lebih singkat.

Disamping itu, Dualshock versi terbaru akan didukung oleh fitur haptic feedback atau tombol adaptive triggers. Fitur haptic feedback ini memiliki kelebihan pada efek getaran yang lebih beragam dibandingkan teknologi yang ada sebelumnya dengan nama rumble.

Sementara tombol adaptive triggers bertujuan memberikan tingkat resistensi yang bervariasi saat pengguna menekan tombol L2 dan R2 pada controller ketika memainkan game yang berbeda.

Konsol game ini pun kabarnya akan memiliki prosesor unik dari chipset AMD Ryzen generasi ketiga yang dikemas dalam 8 Core Zen 2 dan grafis Navi. Ditambah lagi sistem ini sudah mendukung teknologi grafis ray tracing dari segi hardware.

Lalu, bagaimana dengan Xbox Series X? Untuk konsol besutan Microsoft ini ternyata memiliki kemiripan dengan PS5 karena sama-sama menggunakan internal AMD khusus berbasis Zen 2 dan Navi, resolusi 8K, refresh rate 120 Hz, kemampuan ray tracing, memiliki SSD dengan RAM cepat yang mampu mengangkat waktu muat 40 kali lebih cepat.

Xbox One Series X Launch

Berdasarkan sumber berita Tech Insider (27/01/2020), Digital Foundry memperkirakan bahwa Xbox Series X akan mengeluarkan lebih banyak panas dan tidak hemat energi. dibandingkan PS5 yang telah diklaim oleh Sony lebih efisien dalam penggunaan energi saat bermain game konsol mereka.

Menariknya, ada kemungkinan game orisinal versi Xbox, Xbox 360, dan Xbox One yang kamu miliki akan tetap bisa dimainkan pada Xbox Series X. Namun, PS5 untuk saat ini hanya dikabarkan kompatibel dengan game pada generasi sebelumnya. Walaupun begitu PS5 sendiri juga memiliki game eksklusifnya yang masih berupa spekulasi, yakni Watch Dogs: Legion dan Godfall.

Untuk kamu yang belum mengetahui, sebelumnya Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa Halo Infinite atau Halo 6 akan menemani peluncuran Xbox Series X mendatang. Di samping itu juga ada game eksklusif lain yang akan dirilis pada Xbox Series X bernama Senua’s Saga: Hellblade II.

Dilansir dari TechRadar (27/01/2020), State of The Game Industry 2020 GDC telah mensurvei 4.000 pengembang game mengenai urutan game konsol yang paling teratas untuk game yang akan mereka produksi ke depannya.

Hasilnya antara lain 23 persen untuk PS5, 17 persen Xbox Series X, dan 19 persen mengatakan Nintendo Switch. Hal ini menunjukkan bahwa PS5 masih memiliki pamor lebih menarik di kalangan pengembang game dibandingkan Xbox Series X.

Namun manakah yang lebih baik, PS5 atau Xbox Series X? Semua ada pada pilihan kamu kamu sendiri mengingat kedua jeroannya memiliki kemiripan. Pastinya game ekslusif akan menjadi daya tarik utama dari kedua konsol baru tersebut.

Walaupun begitu, fitur backward compatible milik Xbox Series X juga terbilang menarik karena bisa memainkan dari Xbox generasi awal hingga Series X saati ini.

Tinggalkan Komentar