ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tips dan Trik

Telkomsel Kasih Akses Bebas Kuota 30GB Di Aplikasi Ruangguru, Ini Dia Cara Mengaktifkannya!

Header-Telkomsel-dan-Ruangguru

Gadgetren – Setelah dua platform edukasi Zenius dan Quipper memberikan layanan gratis mereka kepada siswa-siswi di Indonesia akibat dampak COVID-19, kini giliran Ruangguru juga ikutan mendukung kegiatan belajar di rumah dengan menggandeng operator seluler Telkomsel.

Melalui akun resmi Twitter @Telkomsel, akses bebas kuota hingga 30GB diberikan untuk seluruh materi belajar di aplikasi Ruangguru. Dalam tautan cuitannya tersebut Ruangguru juga mengungkapkan bahwa penawaran bebas kuota ini diperuntukkan bagi para pelajar, orang tua, maupun guru yang menggunakan Telkomsel di ponselnya.

Hal ini merupakan bentuk dan upaya bersama Telkomsel dan Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang tengah dihadapi siswa-siswi di Indonesia akibat maraknya penutupan aktivitas belajar di sekolah selama situasi darurat kesehatan penyakit COVID-19.

Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel mengatakan bahwa sebagai leading telco digital company, Telkomsel mendukung langkah Kemendikbud untuk mendorong pembelajaran siswa secara daring.

Telkomsel bersama dengan Ruangguru menghadirkan inisiatif solidaritas bersama untuk memberikan kebebasan bagi para siswa agar bisa mengakses platform pembelajaran online Ruangguru.

Upaya ini merupakan bentuk kontribusi Telkomel untuk memastikan proses belajar para siswa tetap dapat dilakukan dengan efektif selama masa penerapan sistem belajar jarak jauh di berbagai daerah.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan trafik data terhadap dampak pemanfaatan internet untuk mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh, Telkomsel sendiri telah menyiagakan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

Selain itu Telkomsel juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan COVID-19, seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait. Informasi lengkap mengenai langkah penanganan Telkomsel terkait COVID-19 dapat diakses di sini.

Belva Devara selaku Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru mengungkapkan bahwa Ruangguru menyadari kegiatan belajar siswa tidak boleh terganggu di tengah-tengah situasi sekolah yang terpaksa diliburkan untuk mencegah penyebaran virus korona.

Akses bebas kuota 30GB ini sendiri bisa kalian nikmati melalui program Ruangguru bernama Sekolah Online Ruangguru Gratis. Lewat program ini, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat layaknya sekolah seperti biasa di aplikasi Ruangguru.

Dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB. Tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS) dan dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

Disamping fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis. Untuk dapat menikmati program Sekolah Online Ruangguru Gratis kamu mengaktifkan, caranya sebagai berikut.

Cara Aktivasi Gratis Ruang Guru di Telkomsel

  1. Pertama buka aplikasi My Telkomsel kamu.
  2. Klik banner “Terus Belajar”, lalu pilih banner “Bebas Akses Ruangguru 30GB.
  3. Lihat Rincian paket Rp 0 lalu klik “Beli”
  4. Konfirmasi pembelian. Gratis!
  5. Paket kamu sudah aktif. Selamat Belajar!

Selain program bagi siswa, para guru juga bisa meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar melalui program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru secara gratis selama 1 bulan kedepan.

Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Tak ketinggalan, Ruangguru juga menurunkan harga berlangganan paket ruangbelajar untuk memudahkan siswa mengakses ribuan video belajar beraminasi bagi siswa kelas 1 SD hingga 12 SMA. Ruangguru meluncurkan paket berlangganan 1 bulan dengan harga Rp 50.000 yang dapat diaktifkan dengan menggunakan kode diskon: TETAPSEHAT.

Inisiatif Ruangguru dan Telkomsel ini dilakukan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi dan setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar