ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Enam Platform Digital Bantu Pemerintah Atasi Masalah Wabah Virus Korona

Header Kemkominfo Apresiasi Enam Platform Digital

Gadgetren – Kementerian Komunikasi dan Informasi mengapresiasi platform digital di Indonesia dalam memberikan dukungan pelaksanaan Gerakan Jaga Jarak atau Physical Social Distancing sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mencegah penyebaran lebih lanjut pandemi COVID-19.

Adapun platform digital yang dimaksud antara lain Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruangguru. Kelima platform tersebut telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan Bekerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, dan Berdoa atau Beribadat di Rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing.

Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informasi menghimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh kelima platform digital tersebut secara maksimal.

“Kami mendorong kegiatan belanja dari rumah, konsultasi dari rumah, dan belajar dari rumah. Pemerintah juga menghimbau agar harga barang dan jasa di platformnya tidak ada kenaikan yang tidak terkendali,” ujarnya dalam siaran pers melalui situs resmi Kemkominfo.

Selain itu, Menkominfo juga mengapresiasi upaya platform digital dalam bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk membantu penggalangan dana, pengadaan Alat Perlindungan Diri (APD), dan beragam donasi lain untuk mendukung upaya pemerintah melawan COVID-19.

Apresiasi tersebut diucapkan MenKominfo dalam konferensi pers secara online bersama Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan; Chief of Public Policy and Government Relation Gojek, Sintho Nugroho; Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison;  CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin; CEO Halodoc, Jonathan Sudharta; Co-Founder Chief of Product and Partnership Ruangguru, Iman Usman; serta Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno.

“Kita ingin sampaikan dalam konferensi pers ini tentang bagaimana industri digital membantu pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan pandemi COVID-19. Kementerian Kominfo mengajak kita semua untuk bersatu dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 di Indonesia karena peran setiap orang penting untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas,” tuturnya.

Seperti yang telah kita ketahui, Gojek dan Halodoc telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah. Bukalapak, Tokopedia, Gojek, dan Grab membuka peluang untuk bekerja dari rumah sedangkan Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah.

Operator Telekomunikasi dan Penyedia Akses Internet (ISP) pun telah memberikan kontribusi sangat besar dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan COVID-19 secara interaktif.

Untuk operator telekomunikasi dan penyedia layanan akses internet, Menteri Kominfo berharap mereka bisa memperluas jangkauan layanan. Fasilitas paket data dan layanan gratis kepada mahasiswa pada banyak perguruan tinggi pun diharapkan bisa untuk melayani para siswa lainnya di sekolah-sekolah menengah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar