ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Samsung Galaxy A01 Core Vs Galaxy A01 – Mana yang Lebih Menarik?

Samsung Galaxy A01 Core Vs Galaxy A01  Header

Gadgetren – Bermain di segmen kelas bawah, Samsung pun telah menghadirkan dua handphone Android sangat murahnya di Indonesia yang bernama Samsung Galaxy A01 Core dan Galaxy A01.

Meskipun keduanya memang ditujukan untuk menjangkau pengguna di entry-level, namun Galaxy A01 Core dan Galaxy A01 mempunyai spesifikasi hardware maupun harga berbeda.

Samsung Galaxy A01 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 Octa-Core 1,95 GHz yang mempunyai performa lebih cepat dibandingkan dengan Galaxy A01 Core dengan MediaTek MT6739 Quad-Core 1,5 GHz. Selain itu, Galaxy A01 juga mempunyai kapasitas RAM yang lebih besar.

Samsung Galaxy A01 Core Header

Galaxy A01 Core hadir dengan RAM 1 GB + ROM 16 GB seharga Rp 1.099.000, sementara Galaxy A01 dilengkapi RAM 2 GB + ROM 16 GB seharga Rp 1.499.000. Namun apabila kapasitas internalnya dirasa kurang lega, maka pengguna dapat menambahkan microSD pada slot yang telah disediakan di kedua handphone ini.

Dengan kapasitas RAM hanya 1 GB, Galaxy A01 Core hadir dengan Android 10 Go Edition yang telah dioptimalkan oleh Google. Bisa dibilang sistem operasi ini memakan kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang tidak terlalu banyak.

Bahkan Google pun telah menghadirkan beragam aplikasi dukungan berlabel Go yang telah dioptimalkan untuk Android 10 Go Edition seperti Google Go, Files Go, YouTube Go, Maps Go, dan masih banyak lagi.

Samsung Galaxy A01 Front Back

Sementara Galaxy A01 dilengkapi dengan sistem operasi Android 10 yang mempunyai tampilan antarmuka OneUI karena bisa dibilang RAM miliknya cukup memadai dengan kapasitas yang mencapai 2 GB.

Samsung Galaxy A01 Core mempunyai layar 5,3 inci PLS TFT dengan resolusi HD+ (1480 x 720 piksel). Meskipun layarnya mengusung desain penuh, namun bezel bagian atas dan bawahnya masih terlihat besar.

Di sisi lain Galaxy A01 dibekali layar 5,7 inci PLS TFT dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel) yang mengusung konsep desain penuh ditambah poni berbentuk tetesan air pada bagian atasnya. Hal ini pun membuat bezel bagian atas, kiri, dan kanannya menjadi lebih kecil.

Samsung-Galaxy-A01-hands-on

Kedua handphone ini tidak mempunyai kemampuan kamera depan yang superior karena sama-sama beresolusi 5 MP. Apabila Galaxy A01 Core hadir dengan satu kamera belakang 8 MP, maka Galaxy A01 membawa dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi 13 MP + 2 MP.

Dari perbandingan yang dilakukan di atas, terlihat bahwa Galaxy A01 mempunyai spesifikasi dan fitur yang lebih baik dibandingkan Galaxy A01 Core. Namun apabila kamu merupakan pengguna yang baru berpindah dari feature phone ke smartphone dengan budget sangat terbatas, maka Galaxy A01 Core tetap bisa menjadi pilihan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar