Berita

Inikah Keunggulan Layar 10bit AMOLED 120Hz Milik OPPO Find X2?

OPPO Find X2 Back Auror

Gadgetren – OPPO baru saja mengabarkan bahwa pada tanggal 6 Maret 2020 mendatang akan meluncurkan dua smartphone flagship terbarunya yang bernama Find X2 dan Find X2 Pro.

Sementara itu, telah muncul beragam bocoran maupun godaang tentang spesifikasi hardware dan fitur yang akan dibawa akan OPPO Find X2 maupun Find X2 Pro. Salah satu fitur yang paling menarik dari Find X2 adalah layar dengan refresh rate 120Hz.

Untuk memperlihatkan keunggulan dari layar yang menggunakan refresh rate tinggi, OPPO pun merilis video singkat perbandingan antara smartphone dengan layar standar 60Hz dan Find X2 dengan layar 120Hz.

OPPO memainkan sebuah video dengan planet yang sedang berputar pada orbitnya di dalam tata surya pada kedua smartphone. Menariknya planet yang hadir pada video ini memiliki cahaya yang berkedip dengan kecepatan tinggi.

Dari video tersebut dapat terlihat bahwa layar dengan refresh rate 60Hz sama sekali tidak mampu menampilkan cahaya yang berkedip karena kecepatan menyegarkan gambarnya kalah cepat dibandingkan layar Find X2 yang mempunyai refresh rate 120Hz.

Sebenarnya, refresh rate sendiri mengacu pada berapa kali tampilan berkedip dalam satu detik. Meskipun mata manusia tidak dapat menangkapnya dengan mudah, namun layar standarnya akan berkedip 60 kali per detik.

Hal ini dikarenakan mata manusia tidak akan melihat sebuah frame atau bingkai tunggal berbeda, melainkan melihat sebuah gambar bergerak. Apabila refresh rate 60Hz diartikan sebagai gambar yang disegarkan sebanyak 60 kali per detik, maka layar 120 Hz milik Find X2 melakukan penyegaran dua kali lipat lebih cepat.

Dengan kata lain, layar dengan refresh rate 120Hz mampu menampilkan gerakan gambar yang lebih halus dan mulus dibandingkan 60Hz. Apalagi ketika game atau video yang dijalankan memiliki kecepatan frame rate 120fps, maka akan memiliki pengalaman visual yang sangat memanjakan mata.

Pada video lainnya di akun Twitter resmi mereka, OPPO mengungkapkan mengenai kemampuan lain dari layar 120Hz milik Find X2 yang mampu mencapai rasio kontras 5.000.000 : 1. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan layar smartphone biasa dengan rasio kontras 1.000.000 : 1.

Alhasil layar Find X2 dengan rasio kontras yang tinggi mampu menampilkan konten atau video yang lebih tajam dan terang dibandingkan layar smartphone biasa. Tak ketinggalan, OPPO juga merilis video promosi Find X2 yang mengatakan layarnya telah memiliki dukungan 10bit OLED.

Dukungan 10bit OLED pada layar Find X2 ini membuatnya mampu menghadirkan 1 miliar warna. Pada saat dibandingkan, teknologi 10bit OLED milik Find X2 mampu membuat layar tidak menghasilkan garis warna dan terlihat halus ketika konten diperlihatkan.

Sementara pada teknologi 8bit OLED yang digunakan pada smartphone lain masih memperlihatkan garis warna pada konten yang dihadirkan.

Melalui ketiga video teaser Find X2 ini, OPPO ingin membuktikan bahwa layar 10bit AMOLED 120Hz mampu memberikan pengalaman visual yang menawan bagi para penggunanya.

Tinggalkan Komentar