Berita

Kabar Baik! Google Akhirnya Luncurkan Android 11 Developer Preview Pertamanya!

Android 11 Developer Preview Header

Gadgetren – Satu hal yang ditunggu-tunggu penggemar Android akhirnya sudah datang. Raksasa teknologi Google baru saja meluncurkan versi pratinjau pertama untuk sistem operasi Android terbaru mereka, Android 11.

Selayaknya versi beta awal, Android 11 Developer Preview pertama ini juga ditujukan untuk membantu para pengembang menguji rilis Android terbaru sekaligus dukungan aplikasi terhadap sistem tersebut.

Kabar baiknya, pengguna tingkat akhir pun bisa menyimak berbagai macam fitur baru yang bakal hadir bersamaan dengan peluncuran versi Android terbaru meskipun tujuan khusus peluncurannya adalah para pengembang.

Disimpulkan dari halaman XDA Developers, Android 11 Developer Preview pertama ini setidaknya membawa beberapa perubahan dan peningkatan yang sangat menarik dibandingkan versi Android sebelumnya, Android 10.

Adapun beberapa di antaranya termasuk fitur pengaturan jadwal untuk Dark Mode, fitur percakapan di notifikasi, tombol perekam layar di Quick Settings, hingga pratinjau tangkapan layar dan tangkapan layar panjang.

Android Developer Preview pertama sudah bisa diunduh saat ini untuk berbagai perangkat Google dari seri Google Pixel 2 hingga yang lebih baru. Sayangnya seri lawas Google Pixel generasi pertama dan Essential Phone tidak bergabung dalam daftar tersebut.

Sementara itu, ponsel-ponsel buatan manufaktur lain tampaknya juga harus sedikit menunggu pada pembaruan Android Developer Preview di masa mendatang. Namun tentu saja dalam hal ini, hanya ponsel yang bergabung dalam Project Treble akan bisa mencoba lebih awal.

Untuk mendapatkan pembaruan ke Android Developer Preview pertama, pengguna perlu mengunduh dan memasangnya secara manual. Untuk langkah dan berkas yang perlu diunduh bisa dilihat di halaman https://developer.android.com/preview/download.

Seperti tujuannya, Android Developer Preview pertama ini juga bisa digunakan untuk menguji dukungan aplikasi. Oleh sebab itu, pengguna yang tidak memiliki salah satu perangkat yang didukung oleh versi pertama ini bisa mencobanya melalui Android Studio.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh 9To5Google, setidaknya akan ada enam rilis pratinjau untuk pengembang dari Android 11 yang direncanakan oleh Google dan baru akan diluncurkan secara stabil pada kuartal ketiga Tahun 2020.

Tinggalkan Komentar