ASUS TUF Gaming F15
Review Review Smartwatch

Review HONOR Magic Watch 2 – Kaya Fitur dan Bisa Tahan 14 Hari

Review Honor Magic Watch 2 Header

HONOR Magic Watch 2
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.4/10

Kesimpulan

Magic Watch 2 merupakan smartwatch andalan HONOR yang telah dijual di Indonesia. Perangkat yang satu ini memiliki fitur yang banyak dan mampu bertahan selama 14 hari.

Yang Disukai

  • Baterai tahan lama
  • Layar AMOLED yang tajam
  • Pilihan Watch Face menarik
  • Deteksi kualitas tidur akurat
  • Material kokoh dan desain menarik
  • Telepon dan memutar musik langsung di smartwatch
  • Penyimpanan musik offline

Yang Tidak Disukai

  • Kompatibilitas aplikasi bawaan dengan beberapa smartphone perlu ditingkatkan
  • Tidak mendukung aplikasi pihak ketiga

Gadgetren – Bersaing di pasar smartwatch, HONOR telah menghadirkan produk andalannya yang bernama Magic Watch 2 di Indonesia.

Smartwatch yang satu ini hadir dengan desain menarik yang mempunyai layar AMOLED dan banyak pilihan Watch Face sehingga dapat memanjakan penggunanya.

Sementara itu, HONOR Magic Watch 2 juga dibekali dengan banyak fitur seperti pendeteksi kebugaran, latihan olahraga, pemutar musik, dan lainnya yang mampu menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Dengan harga Rp 2.599.000 yang bisa dibilang terjangkau untuk sebuah smartwatch, apakah Magic Watch 2 mampu bersaing dengan perangkat lainnya di kisaran harga yang sama?

HONOR-Magic-Watch2-Charge

Di Indonesia, HONOR Magic Watch 2 hadir dengan dua varian yang terdiri dari Charcoal Black dan Flax Brown. Perbedaan kedua varian ini terdapat pada tombol, bingkai penyangga tali, dan talinya. Kebetulan, saya sendiri mendapatkan produk varian Flax Brown.

Smartwatch varian Flax Brown ini terlihat sporty dengan bezel layar berwarna hitam dan berbentuk bulat yang terdapat angka Tachymeter di pinggirnya. Sementara tombol dan bingkai yang terhubung dengan tali berwarna perak.

Adapun tali atau strap yang hadir pada Magic Watch 2 varian ini berwarna coklat dengan material kulit. Bodi dari smartwatch ini terbuat dari bahan Stainless Steel yang membuatnya terasa kokoh dan mahal ketika digunakan.

Pada saat HONOR Magic Watch 2 disematkan di pergelangan tangan, saya merasa nyaman menggunakannya walaupun dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi talinya yang menggunakan bahan kulit tidak membuat tangan saya gatal meskipun digunakan dalam jangkau waktu yang lama.

Selain tali kulit coklat, HONOR juga menyediakan tali karet berwarna hitam pada paket penjualan Magic Watch 2 untuk memberikan variasi bagi pembelinya. Meskipun mempunyai dimensi yang mencapai 45,9 x 45,9 x 10,7 mm dan bobot sebesar 41 gram, namun smartwatch ini terasa ringan dan nyaman ketika saya gunakan.

Terdapat dua tombol utama yang hadir di sisi kanan Magic Watch 2. Tombol utama pada bagian atas mempunyai fungsi untuk mengakses menu dan kembali ke Watch Face atau halaman utama. Sementara tombol pada bagian bawah dapat digunakan untuk menjadi shortcut untuk salah satu menu yang telah ditentukan.

Hampir mirip dengan smartwatch masa kini, pada bagian belakang Magic Watch 2 terdapat beragam sensor yang dapat digunakan untuk mendeteksi detak jantung, kadar oksigen, tingkat stress, dan kualitas tidur. Terdapat juga dua pin magnetik yang dapat ditempelkan ke charger untuk pengisian daya baterai.

HONOR-Magic-Watch2-Back

HONOR Magic Watch 2 ini juga dibekali dengan sertifikat ketahanan air 5 ATM yang membuktikan bahwa jam ini tahan digunakan di bawah air hingga kedalaman 50 meter. Hal ini memungkinkan saya menggunakannya untuk olahraga air seperti berenang, polo air, dan masih banyak lagi.

Desain layar dari smartwatch terlihat menarik dan mempunyai bentuk layaknya sebuah arloji. Layarnya ini mempunyai lebar 1,39 inci dengan resolusi 454 x 454 piksel dan teknologi AMOLED yang mampu menampilkan konten dengan terang dan jelas.

Kecerahan layar dari HONOR Magic Watch 2 ini mampu menyesuaikan di berbagai kondisi, baik gelap maupun di bawah terik sinar matahari sekalipun sehingga membuat saya tidak kesulitan untuk melihat konten yang tampil.

Secara bawaan, layar dari smartwatch ini tidak akan aktif apabila kita sedang tidak melihatnya. Namun layar Magic Watch 2 akan aktif secara otomatis karena dapat mendeteksi gerakan memutar tangan saya ketika ingin melihat konten smartwatch.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan daya tahan baterai dari Magic Watch 2 menjadi hemat karena tidak membuang banyak energi untuk menampilkan konten secara terus menerus.

Sementara apabila kamu ingin menampilkan konten atau tampilan jam secara terus menerus, maka dapat mengaktifkan fitur Show Time yang akan menyalakan layar cukup lama mulai dari 5 menit hingga 20 menit.

Aplikasi Honor Magic Watch 2

Untuk menghubungkan antara Magic Watch 2 dengan smartphone, saya harus memiliki aplikasi HUAWEI Health terlebih dahulu. Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, kamu dapat mengunduhnnya di Google Play Store untuk smartphone berbasis Android dan Apple App Store untuk perangkat iOS.

Khusus untuk smartphone HUAWEI dan HONOR, aplikasi ini sudah langsung tersedia di dalamnya. Sayangnya beberapa smartphone selain kedua merek tersebut terkadang tidak bisa install library tambahan HUAWEI Health dengan baik sehingga membuatnya terkendala dalam proses koneksi Magic Watch 2.

Pada review kali ini, saya menggunakan HUAWEI P30 untuk menjadi pasangan HONOR Magic Watch 2. Proses pengoneksian antara kedua perangkat ini pun termasuk mudah karena dilakukan dengan menggunakan aplikasi HUAWEI Health yang akan memberikan panduan langkah demi langkah sampai selesai.

HONOR-Magic-Watch2-Workout

Sebenarnya, HUAWEI Health merupakan aplikasi pemantau kesehatan, kebugaran, dan olahraga yang sudah tertanam langsung di smartphone HUAWEI dan HONOR. Untuk itulah semua perangkat wearable dari kedua merek tersebut akan menggunakan aplikasi ini.

Setelah Magic Watch 2 dan HUAWEI P30 tersambung, maka saya dapat melakukan pengaturan melalui HUAWEI Health dengan beberapa menu seperti Fitness Data, Watch Face, Help, Huawei TruSleep, Activity Reminder, Continuous Heart Rate Monitoring, Automatic Stress Test, Alarm, Notification, Music, dan masih banyak lagi.

Watch Face merupakan tampilan antarmuka yang biasanya muncul di halaman utama pada layar Magic Watch 2. Tampilan ini biasanya menampilkan jam, tanggal, hari, cuaca, detak jantung, jumlah langkah, persentase baterai, dan lainnya dengan desain beraneka ragam yang dapat dipilih sesuai keinginan kita.

HONOR-Magic-Watch2-WatchFace

HONOR pun telah menghadirkan puluhan Watch Face pada Magic Watch 2 dengan berbagai desain yang menarik. Sementara itu, saya sendiri mempunyai Watch Face favorit yang bernama 24-hour Time.

Watch Face ini menampilkan jam secara analog lengkap dengan jarum detik, menit, dan jam. Terdapat juga informasi lain yang dihadirkan 24-Hour Time mulai dari tanggal, hari, jumlah langkah, persentase baterai, dan detak jantung.

Pada saat saya menggeser Watch Face dari kanan ke kiri layar Magic Watch 2, maka saya menemukan menu utama lainnya seperti pendeteksi detak jantung, tingkat stres, prakiraan cuaca, jumlah langkah, dan musik.

HONOR Magic Watch 2 dapat menghadirkan notifikasi telepon, SMS, email, maupun aplikasi yang terinstal di smartphone. Untuk notifikasi yang ditampilkan informasi sederhana, namun pesan penuh dapat dibaca untuk beberapa aplikasi seperti WhatsApp.

Melalui notifikasi ini, saya juga dapat membalas SMS dengan template yang sudah ada. Saya sendiri dapat mengatur notifikasi aplikasi apa saja yang muncul di Magic Watch 2 dengan melakukan pengaturannya di HUAWEI Health.

Sementara panggilan telepon dapat saya langsung terima atau tolak di Magic Watch 2. Apabila saya menerima panggilan, maka saya dapat melakukan percakapan dengan penelepon karena smartwatch ini mempunyai mikrofon dan speaker internal.

Dengan penyimpanan internalnya yang mencapai 4 GB, smartwatch ini mampu menyimpan hingga 500 lagu sekaligus. Bahkan saya dapat memutar musik secara langsung di Magic Watch 2 secara lantang berkat kehadiran speaker internal.

Namun kamu juga dapat melakukan percakapan telepon atau mendengarkan musik menggunakan headset Bluetooth ketika disambungkan ke smartwatch ini.

HONOR-Magic-Watch2-Sleep

HUAWEI TruSleep merupakan salah satu fitur yang paling saya sukai dari Magic Watch 2 karena mampu mendeteksi kualitas tidur, mulai dari durasi tidur, tidur lelap (Deep Sleep), tidur ringan (Light Sleep), REM Sleep. Setelah hasilnya tidurnya keluar, maka aplikasi HUAWEI Health akan memberikan sugesti untuk menjaga kualitas tidur yang baik.

Sementara untuk kebugaran maupun olahraga, Magic Watch 2 hadir dengan fitur Workout yang menghadirkan 15 jenis olahraga berbeda dengan kategori Indoor maupun Outdoor seperti Outdoor Run, Outdoor Walk, Indoor Run, Indoor Walk, Pool Swim, Outdoor Cycle, Open Water, Climb, dan masih banyak lagi.

Magic Watch 2 ini mempunyai GPS yang dapat mengunci posisi dengan bagus. Sementara pemantau langkahnya akurat karena jumlahnya tidak dihitung pada saat saya naik kendaraan. Namun apabila saya berjalan maupun berlari, maka jumlahnya akan dihitung.

Untuk aktivitas saya yang sering dilakukan seperti berjalan kaki, Magic Watch 2 ini mampu menghadirkan posisi saya yang bergerak dari titik awal ke akhir dengan akurat.

Sementara apabila saya mengaktifkan Outdoor Walk pada menu Workout maka smartwatch ini akan menghadirkan informasi yang cukup lengkap mulai dari durasi, jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, kecepatan, jumlah langkah, detak jantung, elevasi, dan lainnya.

HONOR-Magic-Watch2-Walk

Dengan pemakaian biasa untuk aktivitas sehari-hari ditambah GPS tidak aktif, Magic Watch 2 ini mampu bertahan hingga 14 hari dari persentase baterai 100% ke 0%. Namun apabila digunakan untuk beraktivitas lebih rutin dengan layar yang menyala lama dan GPS aktif, maka daya baterainya akan lebih terkuras.

Pengisian daya baterai Magic Watch 2 bisa dibilang cukup cepat karena hanya memakan waktu 1 jam 40 menit dari kondisi 0% ke 100%. Smartwatch ini memiliki 2 pin magnetik yang dapat menempel pada tatakan charger bawaannya sehingga mempermudah saya dalam melakukan pengisian daya baterai tanpa perlu repot mencolokkannya ke kabel.

Secara keseluruhan, saya merasa bahwa Magic Watch 2 merupakan salah satu smartwatch bagus yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari baik untuk melihat jam, memantau aktivitas olahraga, kebugaran, kualitas tidur, tingkat stres, menelepon, hingga mendengarkan musik.

Sebagai tambahan, Magic Watch 2 menghadirkan fitur Find Phone yang memudahkan pencarian smartphone ketika lupa disimpan. Pada saat fitur ini diaktifkan, maka smartphone akan berbunyi keras dengan nada “I’m Here” walaupun volume sedang diatur ke yang paling kecil.

HONOR Magic Watch 2 ini merupakan salah satu smartwatch yang terjangkau di Indonesia berkat harganya yang hanya mencapai Rp 2.599.000. Apalagi banyaknya fitur yang ditawarkan membuat smartwatch ini menjadi lebih menarik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar