Tips dan Trik

Yakin Tak Bisa Mengunduh Video di Instagram? Coba Cara Berikut ini!

Cara Download Video Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Instagram memang tidak memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengunduh video dari layanannya secara langsung. Namun kamu tak perlu khawatir karena masih ada cara untuk mengakalinya.

Instagram merupakan layanan media sosial yang sangat digemari oleh para pengguna smartphone. Hal ini terbukti dari data yang disampaikan oleh Kompas Tekno tertanggal 23 Desember 2019 yang menyebutkan pengguna aktifnya kini mencapai 1 miliar per bulan secara global.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Instagram pastinya menawarkan jutaan konten yang menarik sehingga kadang membuat kita tergoda untuk menyimpannya di dalam smartphone.

Namun cukup disayangkan, Facebook selaku pemegang sah platform media sosial ini membatasi kita untuk melakukannya. Mereka sama sekali tidak menyertakan fitur yang berfungsi untuk menyimpan atau mengunduh konten di layanan ini.

Meski demikian, ada banyak jalan yang bisa diambil untuk melakukan hal tersebut. Nah bagi kamy yang ingin mengunduh konten berjenis video di Instagram, mari kita bahas secara mendalam dalam artikel kali ini.

Saya sendiri punya dua cara yang bisa digunakan, kamu bisa memilih salah satu di antaranya karena sama-sama mudah untuk digunakan.

Cara Download Video di Instagram Dengan Aplikasi

  1. Download aplikasi Video Downloader for Instagram di Google Play Store
  2. Setelah proses unduhan selesai, jalankan aplikasi untuk pertama kalinya
  3. Kemudian buka aplikasi Instagram
  4. Selanjutnya cari dan pilih postingan video Instagram yang ingin kamu unduh
  5. Ketuk menu lainnya yang berlambang titik tiga di pojok kanan atas postingan
  6. Pilih Share to > Video Donwloader for Instagram
  7. Secara otomatis, aplikasi Video Downloader for Instagram akan terbuka dan mengunduh video tersebut.
  8. Jika sudah selesai, video akan langsung masuk ke aplikasi Galeri dalam folder bernama InstaDownload.

Cara Download Video Instagram dengan aplikasi

Menggunakan Peramban

Cara yang kedua, kamu bisa mengunduh video Instagram menggunakan peramban atau browser. Supaya tidak bingung mengikuti langkah yang akan saya sampaikan, kamu bisa menggunakan Google Chrome yang biasanya sudah langsung tersedia di smartphone.

Jangan lupa untuk memberi izin ketika meminta akses penyimpanan ketika kamu pertama kali menjalankannya. Selanjutnya, cari postingan berisi video yang ingin kamu unduh di aplikasi Instagram.

Cara Download Video Instagram menggunakan peramban

Setelah ketemu, kemudian klik ikon menu lainnya (ikon titik tiga) yang terletak di pojok kanan atas video yang akan diunduh. Dari menu yang muncul, kemudian pilih opsi Copy link untuk menyalin tautan video.

Selanjutnya, buka URL https://en.savefrom.net/ melalui peramban. Lanjutkan dengan menempelkan tautan yang berhasil disalin sebelumnya ke kolom Enter the URL, lalu tekan tombol panah yang ada di samping kolom tersebut.

Tunggu beberapa saat sampai spanduk video yang ingin diunduh muncul, kemudian klik tombol Download (diikuti format video yang bisa diunduh) yang ikut muncul di bawah spanduk tersebut.

Jika dilempar ke sebuah tayangan iklan (biasanya mengenai aplikasi lain) tekan tombol Back. Kamu selanjutnya perlu mengetuk bagian video yang dimuat, memilih tombol titik tiga di pojok kanan bawah video, dan menekan tombol Download.

Terakhir, atur nama file dan lokasi penyimpanan lalu pilih tombol Download sekali lagi dan tunggu proses mengunduh hingga selesai. Supaya berhasil, pastikan koneksi internetmu dalam kondisi prima dan ruang penyimpanan ponselmu luas.

Baik cara yang pertama atau kedua, sayangnya hanya bisa digunakan untuk video-video yang dibagikan secara publik. Perlu dicatat, mengunduh video pribadi bisa mengganggu privasi pengguna lain apalagi jika kamu membagi ulang.

Tinggalkan Komentar