Tips dan Trik

Biar Dramatis, Ini lho Cara Mengambil Video Slow-Mo di HP OPPO

Cara Slowmo di HP OPPO Header

Gadgetren – Dengan munculnya dukungan yang semakin canggih, OPPO pun membekali beberapa perangkat barunya seperti OPPO A9 2020 dengan fitur pengambilan video slow-mo (Slow motion).

Slow motion merupakan sebuah efek dalam pembuatan video yang akan membuat waktu dalam video tersebut diputar lebih lambat sehingga pergerakan-pergerakan obyek akan terlihat lebih dramatis.

Berdasarkan informasi dari halaman Wikipedia, efek video lambat ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang profesor sekaligus pendeta asal Austria bernama August Musger pada awal abad ke-20.

Efek ini biasanya dapat dibuat dengan menangkap setiap frame film dengan kecepatan yang jauh lebih cepat ketimbang kecepatan saat diputar ulang. Akibatnya, waktu akan terlihat lebih lambat ketika video diputar ulang dengan kecepatan normal.

Di era sekarang ini, efek slow-mo pun sudah menjadi fitur unggulan yang disematkan oleh berbagai macam perusahaan ke dalam smartphone buatannya. Dalam hal ini tak hanya smartphone flagship saja melainkan juga pada beberapa smartphone kelas menengah.

Seolah tak mau ketinggalan, OPPO yang cukup konsisten di bidang kamera selama bertahun-tahun turut menyematkan efek video tersebut ke beberapa smartphone baru yang diluncurkannya.

OPPO bahkan tak hanya menyematkan slow-mo sebagai fitur unggulan, mereka pun memastikan bahwa fitur ini dapat digunakan dengan mudah termasuk bagi pengguna awam sekalipun.

Untuk menggunakan fitur pengambilan video slow-mo di smartphone OPPO, kamu bahkan tak perlu melakukan pengaturan khusus sehingga bisa langsung membuka aplikasi kamera bawaannya.

Menu Slow Mo pada aplikasi kamera OPPO

Saat aplikasi kamera bawaan sudah terbuka, kamu perlu mengetuk tombol Hamburger (Menu Lainnya) yang terletak paling kiri pada bagian opsi pengambilan gambar dan pilih SLO-MO dari opsi yang disediakan.

Selanjutnya, kamu bisa merekam video dengan cara seperti biasanya. Kamu bisa menekan tombol Shutter untuk memulai perekaman dan menekanya kembali untuk mengakhiri perekaman.

Pengaturan kualitas slow mo di HP OPPO

Sebagai tambahan informasi, kamu juga bisa mengatur kualitas video slow-mo yang ingin dihasilkan. Untuk melakukannya, kamu bisa membuka Settings > System Apps > Camera lalu gulir ke bawah. Ketuk Slow-motion Video Resolution dan pilih resolusi yang kamu inginkan.

Yang cukup disayangkan, dukungan ini belum disematkan pada semua smartphone buatan OPPO. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba aplikasi slow-mo camera pihak ketiga jika smartphone yang kamu miliki belum mendukungnya.

Leave a Comment