Sponsored Content

Menjadi Pusat Kinerja OPPO Find X2, Ini Fitur yang Dibawa Snapdragon 865

Qualcomm Snapdragon 865 OPPO Find X2 Header

Gadgetren – Sebelumnya, OPPO secara resmi telah mengungkapkan bahwa dapur pacu dari Find X2 dipercayakan pada chipset flagship Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core.

CPU Kryo 585 yang hadir pada chipset ini diklaim Qualcomm memiliki peningkatan kinerja hingga 25% dibandingkan generasi sebelumnya. Berkat kecepatan maksimalnya hingga 2,84GHz dan penggunaan teknologi fabrikasi 7nm, Snapdragon 865 mampu melahap game atau aplikasi berat sekalipun.

Lebih lanjutnya lagi, chipset ini juga dibekali dengan GPU Qualcomm Adreno 650 yang mampu menghadirkan grafis bagus dengan peningkatan kinerja hingga 25% secara keseluruhan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih nyaman dan imersif, Qualcomm juga memberikan fitur Snapdragon Elite Gaming terbaru pada chipset ini. Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone dengan Snapdragon 865, salah satunya OPPO Find X2, dapat menikmati game dengan grafis ultra-realistis dan berkualitas desktop.

OPPO Find X2 Snapdragon 865

Qualcomm mengklaim bahwa chipset Snapdragon 865 merupakan platform mobile pertama di Android dengan dukungan Desktop Forward Rendering yang mengizinkan developer game untuk membawa teknologi pencahayaan kualitas desktop dan efek pasca pemrosesan untuk menciptakan tingkat realisme baru pada game mobile.

Menariknya, Adreno Drive GPU dapat diperbarui dengan mengunduh langsung dari Google Play Store ketika disediakan oleh OEM sehingga pengguna memiliki kendali atas pembaruan driver grafis dan pengaturan GPU.

Snapdragon 865 juga mendukung Gaming HDR dengan refresh rate tampilan 144Hz untuk pertama kalinya di perangkat seluler. Selain itu, fitur Game Color Plus yang hadir pada chipset ini pun mampu memperkaya kualitas gambar dengan detail yang disempurnakan dan saturasi warna yang ditingkatkan.

Sementara Qualcomm Spectra 480 Image Signal Processor (ISP) yang disematkan pada chipset ini menghadirkan fitur baru untuk fotografi dan videografi seluler berkat kecepatan hingga 2 Gigapiksel per detik.

OPPO Find X2 Render Leak[render bocoran OPPO Find X2]

Pengguna smartphone dengan chipset Snapdragon 865 dapat merekam video 4K HDR dengan lebih dari satu miliar warna, video 8K, atau mengambil foto beresolusi besar hingga 200 MP. Kemampuan Gigapiksel yang dimilikinya dapat dimanfaatkan untuk menangkap video slow motion 960fps.

Secara lebih rinci, Qualcomm Spectra 480 ISP ini mampu mendukung kemampuan kamera smartphone sebagai berikut ini:

  • Dua kamera ditambah fitur Zero Shutter Lag (ZSL) mampu menghasilkan foto hingga resolusi 25 MP
  • Satu kamera ditambah fitur Zero Shutter Lag (ZSL) dan Multi Frame Noise Reduction (MFNR) mampu menghasilkan foto hingga resolusi 64 MP
  • Satu kamera tanpa hadirnya fitur ZSL dan MFNR mampu menghasilkan foto hingga resolusi 200 MP
  • Format foto HEIF telah didukung

Meskipun kemampuan maksimal chipset ini luar biasa, namun besaran resolusi pada foto maupun video yang dihasilkan tetap tergantung dari sensor yang telah disematkan produsen pada smartphone yang dibuatnya.

Mengikuti perkembangan zaman, Snapdragon 865 telah dibekali dengan mesin Qualcomm AI generasi kelima dan Qualcomm Sensing Hub baru yang mampu memberikan kecerdasan serta personalisasi lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya.

Mesin Qualcomm AI tersebut merupakan Qualcomm Hexagon Tensor Accelerator terbaru yang tampil lebih baik karena menawarkan 4 kali kinerja TOPS dari Tensor Accelerator sebelumnya serta mempunyai efisiensi daya sebesar 35%.

Selanjutnya, modem-RF Snapdragon X55 5G yang hadir pada Qualcomm Snapdragon 865 mampu memberikan kecepatan puncak mencapai 7,5Gbps yang berarti telah melampaui sebagian besar koneksi kabel dan dapat mengubah pengalaman seluler.

Selain itu terdapat juga dukungan teknologi Qualcomm 5G PowerSave, Smart Transmit, Wideband Envelope Tracking Technology, dan Signal Boost yang dapat membantu modem untuk memberikan jangkauan, kecepatan data, dan konsumsi daya yang lebih baik.

OPPO Find X2 Display

Solusi 5G dari Modem-RF Snapdragon X55 mendukung semua wilayah dan band utama, termasuk mmWave dan sub-6 dalam frekuensi TDD dan FDD yang ditambah kompatibilitas terhadap mode NSA dan SA bersama dengan Dynamic Spectrum Sharing (DSS), roaming 5G global, dan dukungan untuk multi-SIM.

Tidak hanya konektivitas 5G, chipset Snapdragon 865 juga mendefinisikan ulang kinerja Wi-Fi 6 dan pengalaman audio Bluetooth melalui subsistem konektivitas seluler Qualcomm FastConnect 6800.

Dengan hadirnya banyak fitur menarik dan kinerja yang bertenaga dalam Snapdragon 865, tentunya OPPO Find X2 akan menjadi salah satu smartphone flagship yang diperhitungkan pada tahun 2020. Untuk itu, mari kita tunggu kehadirannya pada tanggal 22 Februari 2020 mendatang dalam ajang MWC 2020 Barcelona.

Tinggalkan Komentar