ASUS TUF Gaming F15
Berita

Janjikan Lebih Canggih, Fujifilm Rilis X100V Dengan Lensa 23mmF2

Fujifilm X100V

Gadgetren – Fujifilm melalui website resminya dengan bangga telah memperkenalkan seri kamera Fujifilm X100V sebagai model terbaru dari jajaran kamera digital premium compact atau kamera saku yang merupakan iterasi kelima dari seri X100.

Meski masuk dalam jajaran kelima, keterangan yang diambil dari GSMArena (05/02/2020) menjelaskan bahwa huruf V yang tersemat di akhir lebih tepatnya dibaca vee bukan five.

Fujifilm X100V memiliki pengembangan signifikan dari seri sebelumnya seperti menampilkan lensa baru 23mmF2, penyempurnaan advanced viewfinder hybrid, fitur weather resistance, monitor LCD belakang yang bisa dimiringkan, hingga sejumlah pengembangan lainnya.

Kamera ini menawarkan resolusi 26.1MP dengan sensor generasi terbaru X-Trans CMOS 4 dan X-Processor 4 yang membuatnya mudah untuk digunakan. Selain itu terdapat pilihan kontrol  untuk mengatur penggunaan kamera secara manual seperti ISO.

Bahkan kamera ini dijanjikan lebih canggih dari seri sebelumnya yang menawarkan kemampuan penuh dengan memberikan kualitas gambar yang bisa dibilang luar biasa ketika sedang memotret gambar diam ataupun merekam objek bergerak.

Untuk mendukung sensor barunya, lensa 23mmF2 memiliki panjang fokus sebesar 35mm yang pada umumnya cocok untuk aplikasi gaya fotografi jalanan.

Lensa ini merupakan lensa bawaan dari Fujifilm X100V sehingga kamu tidak bisa menambahkan lensa lain seperti kamera mirrorless pada umumnya. Kamu hanya bisa mengubah atau mengatur panjang fokus lensanya saja.

Lensa Fujifilm X100V

Selain itu, lensa ini juga dilengkapi dengan filter ND (Neutral Density) yang telah ditingkatkan dari versi sebelumnya. Filter ND adalah fitur yang terpasang di bagian depan atau belakang lensa untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera.

Fitur ini optimal digunakan ketika mengambil gambar dalam kondisi matahari yang sangat terik. Sayangnya, filter ND masih tersedia dalam mode gambar diam saja dan bukan untuk video.

Bagaimana dengan perekaman videonya? Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi resolusi 4 kali lebih detail dari video HD biasa dengan kecepatan gerakan gambar 30fps dalam 8-bit 4:2:0 dan 10-bit 4:2:2.

Saat ini Fujifilm X100V tersedia dengan varian dua warna, yakni silver dan hitam. Sementara untuk bodinya sendiri terbuat dari magnesium alloy dan aluminium.

Mengenai update ketersediannya di Indonesia, tim Gadgetren memantau halaman media sosial resmi Fujifilm di Instagram sudah memposting gambar seri Fujifilm X100V. Para penggemar Fujifilm pun antusias berkomentar soal kapan bisa dibeli di Indonesia maupun harganya.

Sayangnya belum ada konfirmasi lebih jauh lagi, namun akun instagram Fujifilm Indonesia mengabarkan bahwa mereka akan memberikan update kembali ke depannya. Harga kamera ini sendiri dalam keterangan yang diberikan oleh GSMArena diduga akan berkisar USD 1.400 atau sekitar 19 juta rupiah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar