ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Sasar Vlogger, Kamera Mirrorless Fujifilm X-S20 Dirilis dengan Fitur Menarik

Sasar Vlogger, Kamera Mirrorless Fujifilm X-S20 Dirilis dengan Fitur Menarik

Gadgetren – Fujifilm telah meluncurkan kamera mirrorless terbarunya yang bernama Fujifilm X-S20. Sebagai suksesor dari kamera Fujifilm X-S10, kamera baru ini membawa peningkatan fitur yang berlimpah.

Dibanderol dengan harga Rp21.499.000, kamera Fujifilm X-S20 merupakan kamera yang dirancang untuk para vlogger dan traveler. Kamera mirrorless tersebut sudah bisa dibeli di Indonesia melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Fujifilm di Blibli, Shopee, dan Tokopedia maupun di showroom Fujifilm terdekat.

Untuk menghadirkan kamera Fujifilm X-S20, pihak Fujifilm sendiri mendengarkan masukan dari para penggemar pendahulunya dari segi grip atau pegangan dan daya tahan baterai yang lebih baik di mana sebelumnya kurang tahan lama dengan hasil frame hanya berjumlah 325.

Sedangkan Fujifilm X-S20 kini membawa kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yang diklaim mampu menghasilkan frame sebanyak 800 di mana dua kali lipat dari generasi sebelumnya.

Kamera kelas menengah ini pun disebut menyediakan resolusi tertinggi untuk perekaman video yang ada di pasarnya dengan kualitas 6.2K pada 30fps (3:2) dengan 4:2:2 10 bit baik internal maupun HDMI serta memiliki frame rate DCI4K pada 60p.

Meskipun begitu, mesin pemrosesan gambar serta sensor gambarnya masih menggunakan fitur yang sama pada X-S10 yakni X-Processor 4 dan X-TRANS C-MOS 4.

Kemampuan prosesor gambarnya tak hanya memiliki teknologi berbasis AI tetapi juga mendukung format HEIF untuk menghasilkan resolusi gambar yang tinggi tanpa gangguan distorsi dan minim noise.

Fujifilm-X-S20-video-dan-webcam

Sedangkan sensor gambar menggunakan resolusi Back-illuminated 26.1MP. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Vlog Mode: Product Priority Mode and Background Defocusing Mode untuk mengakomodasi vlogger merekam video secara otomatis jika menampilkan produk maka akan langsung fokus berkat fitur AI-based subject-detection AF.

Pada bagian autofocus turut mendapatkan peningkatan untuk pendeteksian wajah dan mata maupun untuk pemotretan benda bergerak cepat seperti mobil, motor, pesawat dan lain-lainnya.

Dengan penggunaan baterai baru berkapasitas tinggi, kamera Fujifilm X-S20 memungkinkan pengguna bisa merekam hingga 75 menit. Secara fisik kamera baru ini mengusung bobot 491 gram dengan bodi yang ramping dan akan mudah digenggam sehingga cocok dibawa kemana-mana.

Selain itu kamera Fujifilm X-S20 didukung 19 Film Simulation modes yang merupakan filter yang diadopsi dari histori film yang bisa meningkatkan hasil video melalui color grading atau editing. 19 Film Simulation modes juga mampu dioperasikan di sebelah kiri perangkat langsung lewat tombol navigasi fisik.

 Fujifilm-X-S20-webcam

Sebelumnya Film Simulation mode pada X-S10 hanya bisa dipilih melalui pengaturan Menu pada layarnya. Film Simulation turut menghadirkan Auto mode yang akan memilih film simulation sendiri yang cocok diambil saat subjek difoto.

Kemudian, Fujifilm X-S20 untuk merekam video mampu menghasilkan gambar yang mulus dengan  5-axis in-body image stabilization (IBIS 7.0 stops). Hasil foto dan video pada kamera ini juga bisa ditransfer ke handphone menggunakan FUJIFILM XApp untuk disimpan maupun dibagikan ke media sosial.

Tak ketinggalan fitur-fitur penunjang seperti mendukung webcam yang bisa terhubung ke komputer dengan USB Type C, hasil RAW melalui HDMI, 3.5mm Microphone dan Headphone jack, Cooling Fan untuk menjaga bodi tetap adem ketika perekaman video telah diberikan.

Fujifilm-X-S20-cooling-fan

“Karena target market kita adalah para vlogger, kamera Fujifilm menawarkan beragam bingkai resolusi mulai 6.2K proporsi rasio 3:2 dan sekali shoot output-nya banyak. Jadi bisa 16:9 untuk YouTube atau 9:16 untuk di Reels atau TikTok. Ini sangat berguna untuk kreator secara file punya rentang yang lebar ketika di edit di post processing maupun output-nya bisa dipakai di macam-macam platform,” ujar Johanes Rampi selaku General Manager Electronic Imaging Fujifilm Indonesia kepada tim Gadgetren.

Sebagai tambahan informasi, Fujifilm X-S20 kini mendapatkan dukungan lensa XF 8mm yang merupakan lensa ultra-wide-angle di mana mudah dibawa dan sangat ringan dengan berat 215 gram.  Soal harga, lensa XF 8 mm dibanderol Rp13.499.000.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar