Berita Gadget

Sasar Fotografer dan Cinematografer Profesional, FUJIFILM X-T4 Tiba di Tanah Air

Peluncuran-FUJIFILM-X-T4-fix

Gadgetren – FUJIFILM hari ini telah memperkenalkan produk terbarunya yang masuk dalam jajaran kamera digital mirrorless, yakni FUJIFILM X-T4. Kamera ini tak hanya memberikan pengalaman fotografi mirrorless yang berkelas tapi juga menjawab kebutuhan penggemar FUJIFILM X Series sebelumnya.

Setelah beberapa minggu lalu FUJIFILM Indonesia meluncurkan X-T200 dan X100V, tampaknya brand yang berasal dari Jepang ini tak gentar memberikan inovasi baru untuk memanjakan penggemarnya dan pecinta fotografi di Indonesia.

Peningkatan yang ada terletak pada bagian dalam bodi FUJIFILM X-T4, salah satunya yang terkonfirmasi adalah peningkatan stabilisasi dalam penangkapan objek diam dan objek bergerak dibandingkan pada seri sebelumnya. Sebanyak tiga perangkat baru dan tiga peningkatan fungsi telah dikembangkan dalam fitur kamera ini.

Dalam acara peluncurannya hari ini, Noriyuko Kawakubo selaku Presiden Direktur PT. FUJIFILM Indonesia mengungkapkan bahwa kamera FUJIFILM X-T4 yang masuk kategori compact kelas premium ini telah mengalami peningkatan yang signifikan.

“Peningkatan itu antara lain pada fitur IBIS, fungsi baru dari shutter autofocus, dan kapasitas baterai. Kamera ini akan menyasar pengguna kamera FUJIFILM X-Series Profesional, Videographer, dan Musisi,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran FUJIFILM X-T4 di HeArt Space Lantai 3 Mall Kuningan City, Jakarta.

Untuk membuktikan kebenaran dari peningkatan FUJIFILM X-T4 tersebut, saya pun berkesempatan mencoba secara langsung fitur keren yang dimiliki kamera mirrorless ini. Kesan pertama ketika dipegang, kamera ini terasa sangat pas di tangan saya.

Bodinya yang mungil dan ramping tapi tidak ringkih membuatnya punya desain yang simpel sehingga akan sangat ringan bila dibawa atau digunakan untuk traveling maupun untuk keperluan fotografi professional, baik foto maupun video.

Saya pun menjajal fitur shutter terbarunya, yakni AF phase detection. Ketika menekan tombol shutter setengah maka akan mengaktifkan algoritma dan kemampuan pemrosesan AF phase detection dengan kinerja focus secara otomatis yang terasa lebih cepat, yakni 0,02 detik.

Avicenna Product Specialist FUJIFILM

Disamping itu, pendeteksian objek juga mampu membaca wajah dan mata (head detection dan eye detection) lebih cepat. Saat lensa saya arahkan ke objek lain, pendeteksian mampu dengan cepat berpindah ke objek lain sehingga membuat pemfokusan dan pengambilan potret menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Tingkat keberhasilan pendeteksian ini diklaim FUJIFILM telah mampu mencapai dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Lalu bagaimana dengan peningkatan perekaman objek bergeraknya?

Saat saya merekam dengan kamera ini, perekaman terasa lebih halus dan memiliki kemampuan merekam video dengan kecepatan tinggi Full HD pada 240 fps yang menghasilkan hingga 10x efek slow motion.

Menariknya lagi perekaman video menjadi lebih stabil berkat adanya fitur IBIS (In-Body Image Stabilitazation) yang dikombinasikan dengan fungsi stabilisasi gambar digital (Digital Image Stabilization / DIS).

“Hasil video lebih halus, output frame tinggi dengan matriks slow. Sebagai contoh, 120 fps menghasilkan 20 fps output dengan matriks slownya 10×5. Jadi bagi user yang ingin menyajikan video slow mo ini sangat penting sekali,” ujar Avicenna N. Adhitama selaku Product Specialist Electronic Imaging Division Indonesia.

X-T4 Eterna Bleach Bypass

Sementara untuk mode stabilisasi penangkapan objek diam (image stabilization/IS) mampu memitigasi saat terjadi guncangan sehingga memungkinkan perekaman fixed-point video stabil tanpa tripod.

Keunggulan lain dari kamera ini dibanding saudara sebelumnya adalah fitur Eterna Bleach Bypass atau mode film simulation terbaru yang memberikan teknologi reproduksi warna yang unik.

“Ada peningkatan shadow bisa dibuat 1/2 stop, sebelumnya hanya plus 1 plus 2, -1, -2, sekarang bisa 0,5, plus 1, plus 1,5 dan seterusnya memberikan keleluasaan yang lebih untuk user yang ingin mentransfer gambarnya sendiri. Kita akan bisa dapat gambar yang sudah jadi di kameranya,” terangnya.

Adapun untuk ketersediaannya di Indonesia, FUJIFILM X-T4 akan hadir pada bulan April 2020 dengan harga banderol sebesar Rp 26.699.000 untuk bodinya saja. Namun terdapat juga FUJIFILM X-T4 dengan tambahan XF18- 55mmF2.8-4 R LM OIS yang dihargai Rp 32.999.000.

Bagi kamu yang ingin menginginkannya maka bisa mengikuti masa pra-registrasi yang bisa dilakukan pada halaman resmi FUJIFILM.

Tinggalkan Komentar