Berita Gadget Smartphone

Sertifikat Jaringan Sudah Keluar, Nokia 400 4G Sedang Dikembangkan?

Sertifikat Jaringan Nokia 400 4G Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Nokia masih saja memproduksi feature phone meskipun eranya sudah sedikit ketinggalan zaman. Setelah menghidupkan Nokia 3310, mereka kini dikabarkan sedang mengembangkan Nokia 400 4G.

Mengutip keterangan yang disampaikan oleh halaman Gizmochina, HMD Global selaku pemegang merek Nokia bahkan saat ini sudah memperoleh sertifikat Bluetooth dan sertifikat Wi-Fi untuk perangkat tersebut.

Sertifikat Bluetooth yang diterima HMD Global secara lebih lanjut mencatat bahwa Nokia 400 4G yang terdaftar dengan nomor model TA-1208 akan membawa spesifikasi kunci seperti Bluetooth 4.2 dan jaringan 4G LTE.

Sementara itu, sertifikat Wi-Fi yang terdaftar di Wi-Fi Alliance pada bulan Agustus 2019 lalu mengungkapkan bahwa Nokia 400 4G bakalan dilengkapi dengan Wi-Fi b/g/n dengan pita frekuensi 2,4 GHz.

Nokia 400 4G dalam sertifikat Wi-Fi tersebut juga tercatat akan menggunakan System-on-Chip (SoC) yang dikembangkan oleh Unisoc, yang mana akan membawa komponen Wi-Fi dengan versi SC234X.

Menariknya informasi dalam sertifikat Wi-Fi tersebut tak hanya berkaitan dengan konektivitas jaringan yang akan dibawa, tetapi juga menunjukkan bahwa Nokia 400 4G akan membawa sistem operasi yang disebut dengan GAFP.

Sebagai gambaran, Gizmochina menjelaskan bahwa sistem operasi bernama GAFP kemungkinan adalah versi khusus dari sistem operasi Android yang dikembangkan untuk perangkat-perangkat feature phone.

Bocoran mengenai sistem operasi khusus ini sebenarnya sudah beredar pada akhir tahun 2019 lalu dalam sebuah video yang menayangkan sebuah feature phone buatan Nokia sistem operasi Android 8.1 Oreo di dalamnya.

Sayangnya belum ada kejelasan dari pihak Nokia sendiri mengenai kabar yang telah beredar di jagat maya. Bahkan selama ini tidak ada tanda-tanda dari perusahaan tersebut yang menunjukkan bahwa mereka sedang melangkah ke arah itu.

Selain sudah terdaftar dalam sertifikat Bluetooth dan Wi-Fi ini, nomor model TA-1208 juga sudah terdaftar di situs Bureau of Indian Standards (BIS) yang mengindikasikan bahwa perangkat Nokia 400 4G tampaknya akan diluncurkan di India.

Nokia memang ikut mengembangkan smartphone berbasis Android setelah dihidupkan kembali oleh HMD Global. Namun di masa kebangkitannya, mereka masih tetap mencoba menjual feature phone yang dahulu menjadi andalannya.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar