Smartphone

Nokia X – Ponsel Android Rasa Windows Phone

Pada ajang MWC 2014 lalu, Nokia secara resmi merilis ponsel terbarunya yaitu Nokia X. Hal yang menarik dari Nokia X ini adalah ponsel pertama Nokia yang menggunakan sistem operasi Android. Dengan sistem operasi Android ini maka Nokia mempunyai ponsel dengan tiga sistem operasi berbeda untuk saat ini.

Hal menarik lainnya dari Nokia X ini adalah tampilan antarmuka FastLane UI yang berbeda dibandingkan ponsel Android pada umumnya. FastLane UI ini secara penampilan luar lebih mirip dengan tampilan antarmuka dari Windows Phone yang menggunakan Modern UI berbentuk kotak-kotak.

compare

Selain tampilan antarmuka yang dibuat berbeda, Nokia pun tidak menggunakan Google Services di dalam Nokia X dan digantikan dengan layanan dari Microsoft dan Nokia seperti Layanan Peta HERE Maps, HERE Drive, Layanan Musik Mix Radio, Layanan Email Microsoft Outlook, Layanan Penyimpanan Awan Microsoft OneDrive, Toko Aplikasi Nokia Store dan Layanan Percakapan Skype.

Pada awal peluncuran ponsel dari keluarga Nokia X ini memiliki tiga seri yang diperkenalkan yaitu Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Untuk melihat perbedaan dari ketiga seri ini pembaca dapat melihat pada tabel di bawah ini :
 tabel copy

Terlihat dari tabel di atas bahwa spesifikasi hardware yang dibenamkan antara Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk Nokia  XL memiliki layar sebesar 5 inci yang lebih besar daripada Nokia X dan Nokia X+.  Namun Nokia X memiliki spesifikasi terendah dibandingkan kedua ponsel lainnya.

Ponsel Nokia X ini hingga saat ini belum dijual di Indonesia sehingga bagi pembaca yang ingin membelinya harus sedikit bersabar. Untuk harganya sendiri, pihak Telkomsel bekerjasama dengan Nokia akan memberikan harga di bawah 2 juta.

[sumber gambar : phonearena.com]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren