Sponsored Content

Inikah Hape Termurah dengan Daya Tahan Baterai Terbaik?

Redmi 8A daya tahan terbaik header

Gadgetren – Kamu tengah mencari smartphone yang punya baterai tahan lama? Smartphone terbaru dari Xiaomi yaitu Redmi 8A bisa menjadi solusinya.

Sekarang banyak sekali vendor yang berkompetisi untuk menghadirkan smartphone dengan performa sangat bertenaga maupun kamera luar biasa. Namun menariknya hingga saat ini cukup jarang vendor smartphone menawarkan produk yang fokus pada daya tahan baterai sehingga rasanya segmen ini terasa sedikit dikesampingkan.

Padahal, daya tahan baterai merupakan suatu hal yang sangat penting mengingat smartphone merupakan sebuah perangkat elektronik portabel yang membutuhkan cadangan energi untuk bisa digunakan di mana dan kapan saja.

Walaupun tidak terlalu sering, namun sesekali ada vendor seperti Xiaomi yang meluncurkan sebuah smartphone dengan daya tahan baterai sebagai salah satu fokus utamanya. Melalui Redmi 8A, Xiaomi berhasil menawarkan sesuatu yang jarang sekali ditemukan pada smartphone di kelasnya.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.399.000 pada saat perkenalan, Redmi 8A sudah memiliki kapasitas baterai yang terbilang cukup besar mencapai 5.000mAh. Jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelas ini pada umumnya hanya memiliki baterai dengan kapasitas sekitar 4.000mAh saja.

Redmi 8A Baterai

Xiaomi pun mengklaim bahwa smartphone terbaru mereka ini mampu digunakan selama 7,5 hari untuk memutar musik, 42,5 jam untuk panggilan telepon, 16,5 jam untuk memutar video, dan 16,5 jam untuk navigasi jalan. Tidak hanya itu saja, Xiaomi juga mengatakan kalau Redmi 8A dapat digunakan hingga 3 hari dalam pemakaian normal.

Tentu ini merupakan klaim yang cukup berani. Lalu apakah Redmi 8A memang punya daya tahan baterai selama itu?

Tim Gadgetren sendiri telah menggunakan Redmi 8A selama beberapa minggu dan telah merasakan secara langsung seperti apa kemampuan dari smartphone besutan Xiaomi ini baik ketika digunakan dalam keseharian, bermain game, maupun mengonsumsi konten multimedia lainnya.

Sebagai permulaan, Redmi 8A telah diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android pada tingkat kecerahan 50% yang akan menyimulasikan aktivitas sehari-hari pengguna pada umumnya. Melalui tes sintetis ini, kita juga dapat lebih mudah membandingkan kemampuannya dengan smartphone lain.

Xiaomi Redmi 8A PCMark Baterai

Hasilnya? Smartphone ini ternyata mampu menyala secara terus menerus selama 17 jam 18 menit. Angka yang tidak bisa diremehkan begitu saja karena Redmi 8A berhasil menjadi salah satu smartphone yang duduk di posisi atas untuk segmen daya tahan baterai.

Melihat hasil tersebut, bisa dikatakan bahwa Redmi 8A mengalahkan kebanyakan smartphone lain yang pernah tim Gadgetren uji sejauh ini. Menariknya lagi, Redmi 8A punya harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya yang sama-sama punya daya tahan baterai mumpuni.

Walaupun begitu, tentu saja uji sintetis akan berbeda dengan penggunaan secara nyata yang lebih bervariasi. Nah untuk itu tim Gadgetren pun menggunakan Redmi 8A untuk aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Dengan aktivitas yang tidak terlalu intensif seperti berselancar sosial media dan mendengarkan musik, Redmi 8A ternyata mampu terus menyala selama 33 jam 51 menit hingga daya baterai tersisa 6%. Menariknya lagi screen-on-time yang didapat pun tidak kalah tinggi, yakni mencapai 24 jam.

Maka dari itu pengguna Redmi 8A rasanya tidak perlu khawatir harus mencari colokan listrik ketika tengah beraktivitas di siang hari karena daya tahan baterai smartphone ini termasuk juara dan dipastikan dapat menemani kamu hingga hari berakhir.

Xiaomi Redmi 8A AccuBatterys

Tidak cukup hanya di situ saja, tim Gadgetren pun mencoba bermain game Garena Free Fire di pengaturan grafis Standard. Alhasil daya baterai hanya berkurang sebanyak 19% saja setelah digunakan bertanding pada mode Battle Royale selama 3 jam secara terus menerus tanpa henti.

Dari hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan kalau Redmi 8A ini bisa kamu bawa bermain game lebih dari 9 jam dalam sekali cas. Bersamaan dengan itu, baterai Redmi 8A hanya terkuras 7% saja ketika digunakan untuk menonton film berdurasi 1,5 jam.

Dengan daya tahan baterai yang luar biasa tersebut, beberapa dari kamu mungkin punya kekhawatiran akan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterainya hingga penuh mengingat kapasitas yang tersemat di dalamnya terbilang cukup besar.

Untungnya Xiaomi telah mengantisipasi permasalahan ini dengan membenamkan teknologi Fast Charging 18W agar baterai dapat diisi lebih cepat. Walaupun memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000mAh, teknologi ini digadang mampu mengisi daya hingga penuh dalam waktu 2,2 jam saja.

Setelah melakukan berbagai uji coba tersebut, rasanya Redmi 8A berhak menyandang gelar salah satu atau bahkan smartphone dengan daya tahan terbaik di rentang harga Rp 1 jutaan. Bagi kamu yang sangat memprioritaskan ketahanan baterai, maka Redmi 8A bisa menjadi pilihan kamu.

Tinggalkan Komentar