Smartphone

realme XT vs realme X2 – Beneran Jadi Versi Lite-nya?

realme XT vs realme X2 Header

Gadgetren – Banyak orang bilang kalau realme XT merupakan versi lite dari realme X2 karena memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup berbeda tapi dibalut dengan desain dan bentuk yang terlihat sama.

Baik realme XT maupun realme X2, keduanya merupakan perangkat yang hadir sebagai penerus lini realme X. Namun, keduanya kembali hadir dengan desain layar berponi, alih-alih menggunakan kamera pop-up seperti pendahulunya.

Keduanya juga sama-sama menawarkan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), yang sudah terintegrasi dengan pemindai sidik jari dan dibalut Gorilla Glass 5.

Keduanya juga memiliki sederet kamera belakang serupa (kamera utama 64 MP + wide-angel 8 MP + potret + makro) yang juga sama-sama ditempatkan menjulur di pojok kiri atas pada bagian punggungnya.

Nah apa yang membuat tambah mirip lagi, keduanya juga menawarkan pilihan warna yang sama. Dalam hal ini, realme XT dan realme X2 memiliki pilihan warna pearl white (gradasi putih ke ungu) dan pearl blue (gradasi biru ke ungu).

Kedua pilihan warna tersebut menempel di punggung realme XT dan realme X2, kemudian dilapisi dengan kaca bening yang membuat keduanya sama-sama terkesan premium saat dilihat maupun digenggam.

Lalu, apa yang memunculkan kata “lite” adalah bagian mesin yang mempersenjatainya. Mungkin sudah banyak yang bisa menebaknya, bahwa realme XT hadir dengan SoC yang rendah ketimbang realme X2.

Untuk memangkas biaya dan agar bisa menyediakan perangkat di berbagai lini, perusahaan jebolan OPPO tersebut memberikan SoC yang berbeda pada keduanya.

Perangkat realme XT hadir dengan SoC Qualcomm Snapdragon 712 yang merupakan SoC lebih lemah ketimbang Qualcomm Snapdragon 730G di realme X2 – SoC yang dibangun khusus untuk gaming menengah.

realme XT vs realme X2 - Kinerja

Namun dalam hal ini, SoC realme XT bukan berarti tidak bisa dipertimbangkan. Bagi kamu yang memiliki dana yang lebih terbatas, SoC Snapdragon 712 pun sudah sangat cukup untuk digunakan sehari-hari, bahkan untuk bermain game sekalipun.

Apalagi realme XT juga mempunyai konfigurasi mesin dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan hingga 128 GB, sama seperti saudaranya yang memiliki SoC lebih bertenaga tersebut.

Selain itu, realme XT juga hadir dengan kamera depan dengan resolusi yang lebih kecil. Untuk kamera depannya ini, realme menyematkan kamera 16 MP pada realme XT dan kamera 32 MP pada realme X2.

Perbedaan kecil tapi cukup penting lainnya, realme XT belum dilengkapi dengan dukungan NFC (Near-Field Communication), sementara realme X2 sudah dibekali dengan teknologi komunikasi tersebut.

Perbandingan realme XT Vs realme X2

Aspek realme XT realme X2
LayarSuper AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340×1.080 piksel) Gorilla Glass 5Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340×1.080 piksel) Gorilla Glass 5
SoCQualcomm Snapdragon 712Qualcomm Snapdragon 730G
RAM4 GB/8 GB6 GB/8 GB
Memori Internal128 GB64 GB/128 GB
Kamera Utama64 MP +wide-angel 8 MP + makro 2 MP + potret 2 MP64 MP +wide-angel 8 MP + makro 2 MP + potret 2 MP
Kamera Depan16 MP32 MP
FiturDual Nano-SIM, Fingerprint In-Display Goodix 3, Akselerometer, Giroskop, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Hyper Boost 2.0, G-Sensor, PedometerDual Nano-SIM, Fingerprint In-Display Goodix 3, Akselerometer, Giroskop, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Hyper Boost 2.0, G-Sensor, Pedometer, NFC
Baterai4.000 mAh, VOOC 3.04.000 mAh, VOOC 4.0
OSColorOS 6 Realme Edition (Android 9 Pie)ColorOS 6 realme custom vision (Android Pie)

Tinggalkan Komentar