Gadget Smartphone

OPPO Reno2 Vs OPPO F11 Pro – Yang Lebih Murah, Tetap Bisa Jadi Alternatif?

OPPO Reno2 Vs OPPO F11 Pro Header

Gadgetren – Sebelum meluncurkan OPPO Reno2, OPPO telah memiliki beberapa ponsel pintar dengan kamera depan pop-up dan kamera utama beresolusi tinggi yang menariknya kini dijual dengan harga lebih terjangkau.

Salah satu di antaranya adalah OPPO F11 Pro. Ponsel yang lebih dulu diluncurkan ini yang ternyata juga membawa kamera pop-up dan kamera beresolusi tinggi dari OPPO ini hanya dibanderol dengan harga Rp 4.599.000 sedangkan OPPO Reno2 dijual dengan harga Rp 7.999.000.

Dengan harga yang terpaut cukup jauh tetapi menawarkan daya tarik yang cukup mirip, lalu apakah OPPO F11 Pro bisa menjadi alternatif tepat? Ataukah kita tetap harus mengumpulkan dana yang lebih banyak untuk meminang OPPO Reno2?

Guna menjawab pertanyaan ini, mari kita bahas satu per satu mengenai perbandingan dari kedua perangkat tersebut. Sebagai catatan, perbandingan ini diulas berdasarkan spesifikasi teknis, yang mungkin akan sedikit berbeda pada penggunaan secara nyata.

Nah mari kita mulai dari yang terlihat dulu. Secara sekilas, kamu yang pernah menyandingkan gambar antara OPPO Reno2 dan OPPO F11 Pro pastinya sudah melihat perbedaan desain yang ditawarkan oleh keduanya, apalagi saat kamera depannya diaktifkan.

Meski sama-sama menawarkan kamera depan 16 MP dengan mekanisme pop-up, OPPO Reno2 membawa desain kamera pop-up mirip seperti sirip hiu yang lebih keren. Sementara itu OPPO F11 Pro membawa kamera pop-up dengan desain yang lebih umum (berbentuk kotak biasa).

OPPO Reno2 Vs OPPO F11 Pro Selfiecam

Namun berkat kedua desain ini, OPPO Reno2 dan OPPO F11 Pro sama-sama bisa memiliki layar 6,5 inci dengan bingkai yang benar-benar tipis tanpa hadirnya poni atau lubang kamera yang memotong layar tersebut.

Berpindah ke bodi belakangnya, OPPO Reno2 memiliki sederet kamera utama di bagian tengah-tengah punggungnya. Adapun sederet kamera tersebut adalah lensa utama 48 MP, lensa ultra-wide 8 MP, lensa telephoto 13 MP, dan lensa monokrom 2 MP.

Sementara OPPO F11 Pro juga memakai konsep serupa tetapi dengan jumlah lensa kamera yang lebih sedikit. Tidak bisa dipungkiri, OPPO F11 Pro memang hanya dibekali kamera utama ganda dengan lensa utama 48 MP dan lensa kedalaman 5 MP.

Meski memiliki kamera yang berjumlah sedikit, tetapi OPPO F11 Pro memiliki tambahan ornamen yang membuat bodinya semakin nampak penuh. Ornamen tambahan tersebut merupakan sensor pemindai sidik jari.

Untuk OPPO Reno2 sendiri, sensor pemindai sidik jarinya sudah menggunakan sensor yang tertanam di bagian layar yang lebih futuristik. Karena hal ini, OPPO Reno2 pun dilengkapi layar Super AMOLED yang pastinya punya kelebihan dibandingkan layar IPS yang digunakan oleh OPPO F11 Pro.

Beralih ke sektor kinerjanya, OPPO Reno2 pastinya menawarkan kinerja yang lebih unggul dalam perbandingan kali ini. Bagi kamu yang belum tahu, OPPO Reno2 sudah dilengkapi dengan SoC khusus gaming Qualcomm, Snapdragon 730G, sedangkan OPPO F11 Pro masih menggunakan MediaTek Helio P70.

Apalagi dalam hal ini, OPPO Reno2 juga menawarkan konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, yang notabene lebih besar ketimbang OPPO F11 Pro yang hanya memiliki varian RAM 6 GB dan penyimpanan 64 GB.

OPPO Reno2 Vs OPPO F11 Pro Bodi Belakang

Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan, beberapa fitur OPPO F11 Pro juga terlihat lebih lawas daripada apa yang digunakan pada OPPO Reno2.  Seperti misalnya, OPPO F11 Pro masih menggunakan MicroUSB dan Bluetooth 4.2 sedangkan OPPO Reno2 punya fitur yang lebih modern.

Selain itu, OPPO Reno2 juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near-Field Communication) yang pastinya akan sangat dibutuhkan oleh sebagian orang di era uang digital yang semakin berkembang.

Meski demikian, kabar baiknya OPPO Reno2 dan OPPO F11 Pro menawarkan dukungan baterai yang tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama memiliki baterai 4.000mAh dengan dukungan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Tabel Perbandingan OPPO Reno2 Vs OPPO F11 Pro

Aspek OPPO Reno2OPPO F11 Pro
LayarSuper AMOLED 6,5 inci Full HD+ (2.400 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 6IPS 6,5 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel)
SoCQualcomm Snapdragon 730GMediaTek Helio P70
RAM8 GB6 GB
Penyimpanan128 GB64 GB
Kamera Utama48 MP + ultra-wide 8 MP + telephoto 13 MP + monokrom 2 MP48 MP + kedalaman 5 MP
Kamera Depan16 MP16 MP
FiturDual-SIM, Fingerprint In-Display, Bluetooth 5, Wi-Fi, USB Type-C, Giroskop, Akselerometer, NFCDual-SIM, Fingerprint, Bluetooth 4.2, Wi-Fi, MicroUSB, Akselerometer
Baterai4.000 mAh, VOOC 3.04.000 mAh, VOOC 3.0
Sistem OperasiColorOS 6.1 (Android 9 Pie)ColorOS 6 (Android 9 Pie)
HargaRp 7.999.000Rp 4.599.000

Tinggalkan Komentar