Smartphone Tekno

OPPO K5 Vs realme X2 – Sama di Semua Sektor?

OPPO K5 vs realme X2 Header

Gadgetren – Meskipun punya target pasar yang berbeda, tampaknya rivalitas antara OPPO dan realme tidak bisa dihindari. Apalagi, saat keduanya baru saja mengenalkan ponsel baru yang cukup mirip.

Dengan kinerja dan sektor fotografi yang sama-sama menjadi andalan, OPPO memperkenalkan OPPO K5 dan realme memperkenalkan realme X2 di waktu yang hampir bersamaan, beberapa waktu yang lalu.

Menariknya jika dilihat secara sekilas, OPPO K5 dan realme X2 terlihat punya spesifikasi yang hampir sama, seperti sama-sama memakai SoC Snapdragon 730G – SoC menengah Qualcomm yang dirancang khusus gaming.

Bahkan untuk melengkapi SoC ini pun, OPPO K5 dan realme X2 juga menawarkan kombinasi mesin yang tidak jauh berbeda. Yang mana, keduanya sama-sama menawarkan RAM LPDDR4X hingga 8 GB dan memori internal UFS 2.1 hingga 256 GB.

OPPO K5 dan realme X2 juga dibekali dengan teknologi baterai yang terlihat sama. Dengan baterai yang sama-sama berkapasitas 4.000mAh, OPPO K5 dan realme X2 juga sama-sama didukung teknologi 30W VOOC Flash Charge 4.0.

Jika kamu menerka bahwa kesamaan OPPO K5 dan realme X2 hanya di bagian mesin saja, maka kamu salah besar. Di bagian luar, keduanya pun punya desain yang terlihat sangat mirip, dengan kombinasi warna yang menjadi pembeda.

OPPO K5 vs realme X2 Game

Di bagian depan misalnya, keduanya sama-sama menggunakan desain dengan poni kecil di bagian atas, sebagai tempat untuk meletakkan kamera depannya yang juga sama-sama berukuran 32 MP.

Di bagian ini juga, keduanya sama-sama meletakkan layar Super AMOLED 6,4 inci beresolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), dengan sensor pemindai sidik jari yang sudah terintegrasi, yang dilapisi pelindung layar Corning Gorilla Glass 5.

Sementara di bagian belakang, OPPO K5 dan realme X2 juga sudah dibalut dengan cover bermaterial kaca dengan susunan kamera utama yang sama-sama menjulur ke bawah di bagian pojok kiri atas.

Untuk usunan kamera belakang ini, OPPO K5 dan realme X2 juga sangat serupa. Keduanya sama-sama dipersenjatai dengan lensa utama bersensor Samsung ISOCELL Bright GW1 64 MP, lensa wide-angel 119 derajat 8 MP, lensa potret, dan lensa makro.

OPPO K5 vs realme X2 Kamera

Yang mana dalam hal ini, dukungan piranti lunak kameranya akan menjadi faktor pembeda yang pastinya akan mengolah gambar mentah menjadi gambar hasil pengambilan foto yang terlihat berbeda.

Fitur-fitur yang ada di kedua perangkat ini juga tidak jauh berbeda. Bahkan, keduanya juga sama-sama menawarkan dukungan NFC (Near-Field Communication), yang mulai banyak digunakan di pasar menengah ke bawah.

Yang terakhir dan yang tak begitu mengagetkan, OPPO K5 dan realme X2 juga sama-sama menggunakan ColorOS. Hanya saja, OPPO K5 menggunakan ColorOS 6.1 sementara realme X2 menggunakan ColorOS 6 realme custom vision.

Dari penjabaran di atas, OPPO K5 dan realme X2 mungkin terlihat sama untuk sekarang ini. Namun perlu diperhatikan, keduanya bisa saja menawarkan pengalaman yang berbeda saat digunakan.

Tabel Perbandingan OPPO K5 Vs realme X2

AspekOPPO K5realme X2
LayarSuper AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 5Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 5
SoCQualcomm Snapdragon 730GQualcomm Snapdragon 730G
RAM6 GB/8 GB6 GB/8 GB
Memori Internal64 GB/128 GB/256 GB64 GB/128 GB/256 GB
Kamera Utama64 MP + wide-angelĀ  8 MP + lensa potret + lensa makro64 MP + wide-angelĀ  8 MP + lensa potret + lensa makro
Kamera Depan32 MP32 MP
FiturDual Nano-SIM, Fingerprint In-Display, Hi-Res Audio, Dolby Panoramic Sound, NFCDual Nano-SIM, Fingerprint In-Display, Hi-Res Audio, Dolby Panoramic Sound, NFC
Baterai4.000 mAh, 30W VOOC Flash Charge 4.04.000 mAh, 30W VOOC Flash Charge 4.0
OSColorOS 6.1 (Android Pie)ColorOS 6 realme custom vision (Android Pie)

Tinggalkan Komentar