ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Foto dan Video Disembunyikan Privat di HP OPPO

Cara Melihat Foto dan Video Disembunyikan Privat di HP OPPO Header

Gadgetren – Secara bawaan, ColorOS berbasiskan Android pada ponsel OPPO telah menyediakan fitur Private Safe yang dapat menyembunyikan beragam file, termasuk foto dan video.

Pada saat fitur Private Safe aktif, kamu dapat menyembunyikan semua foto dan video agar tidak dapat diakses melalui aplikasi Photos maupun My Files. Hal ini bisa terjadi karena Private Safe memiliki folder atau brankas khusus yang terkunci.

Dengan begitu, kamu memerlukan akses khusus ketika ingin membuka foto dan video yang telah tersimpan di Private Safe pada ponsel OPPO. Namun untuk melihatnya, kamu harus memerlukan kode keamanan yang telah diatur sebelumnya.

Cara Melihat Foto Video di Private HP OPPO

  1. Pastikan bahwa Foto dan Video telah disembunyikan atau private.
  2. Buka aplikasi Photos.
  3. Di dalam aplikasi, kamu akan melihat tiga kategori di bawah layar yang terdiri dari Photos, Albums, dan Explore.
  4. Tekan dan tahan salah satu kategori dalam beberapa detik.
  5. Selanjutnya, kamu diminta untuk memasukkan kode keamanan yang telah diatur sebelumnya.
  6. Pada saat kode keamanan benar, maka kamu akan masuk ke halaman Images and videos di Private Safe.
  7. Kamu dapat melihat foto dan video yang telah disembunyikan atau private.

Apabila kamu ingin mengembalikan foto dan video agar bisa dilihat di aplikasi Photos atau My Files, maka dapat langsung memilih satu atau beberapa foto atau video hingga muncul menu Set as Public di bawah layar.

Tekan menu Set as Public dan secara otomatis semua foto atau video yang dipilih akan muncul kembali pada aplikasi Photos  atau My Files. Dengan hadirnya fitur Private Safe, kamu secara mudah dapat menyembunyikan beragam file di ponsel OPPO dengan mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Sementara jika kamu mengaktifkan sensor fingerprint, maka dapat juga mengaktifkan dan mematikan fitur Private Safe dengan menggunakan sidik jari. Seharusnya fitur Private Safe memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena dikembangkan langsung oleh OPPO ketimbang pihak lain.

Selain itu, ponsel OPPO juga masih memiliki fitur keamanan lainnya seperti App Lock, Hide apps, dan Secure Keyboard. App Lock merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi sesuai kebutuhanmu. Dengan begitu, orang lain harus meminta izin terlebih dulu untuk membuka aplikasi karena hanya bisa diakses dengan kode keamanan yang telah dibuat.

Untuk Hide Apps dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi yang dianggap privasi sehingga orang lain tidak dapat melihat aplikasi-aplikasi tersebut secara langsung dari halaman Home Screen maupun App Drawer.

Sementara Secure Keyboard merupakan keyboard buatan OPPO yang diklaim aman dan tidak akan merekam semua huruf maupun kata yang telah diketik, terutama pada aplikasi perbankan, e-commerce, dompet digital, dan lainnya yang melibatkan transaksi keuangan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar