Smartphone Tekno

realme XT Vs Redmi Note 8 Pro – Bakal Punya Pasar yang Berbeda?

realme XT vs Redmi Note 8 Pro Header

Gadgetren – Dua pendatang baru, realme XT dan Redmi Note 8 Pro, siap bersaing di pasar Indonesia. Keduanya sama-sama menawarkan kinerja yang kuat dan kamera beresolusi sangat tinggi sebagai andalannya.

Dalam prediksi saya, keduanya bakal punya pasar masing-masing karena adanya beberapa perbedaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan calon pengguna meskipun terlihat sama-sama sangat menarik.

Hal ini bisa dilihat mulai dari konfigurasi mesin yang digunakan oleh keduanya. Untuk memberikan kemampuan yang lebih baik, keduanya mempercayakan kinerjanya kepada SoC (System on Chip) yang jauh berbeda.

Perangkat realme XT menggunakan “SoC menengah premium” buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 712, sementara Redmi Note 8 Pro menggunakan “SoC khusus gaming” buatan MediaTek, Helio G90T.

Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun dari berbagai macam sumber, Helio G90T dirancang sebagai pesaing Snapdragon 730G, sebuah SoC gaming Qualcomm yang tentunya lebih baik dari Snapdragon 712 karena secara teknis memiliki kinerja yang lebih kuat.

Sayangnya karena masih dibangun menggunakan fabrikasi 12 nm, SoC tersebut kalah efisien, atau secara sederhana lebih boros jika dibandingkan dengan Snapdragon 712 yang sudah menggunakan fabrikasi 10 nm.

Kabar baiknya, seolah tahu akan hal itu, Redmi Note 8 Pro dilengkapi dengan RAM LPDDR4X yang memiliki konsumsi daya lebih irit dibandingkan dengan LPDDR4 biasa dan baterai yang lebih besar dibandingkan penantangnya.

realme XT vs Redmi Note 8 Pro Game

Sementara di sisi realme XT, untungnya ada varian dengan RAM hingga 8 GB yang pastinya dapat menyimpan data sementara yang dibutuhkan CPU lebih banyak, sehingga dapat membuat multitasking semakin lancar.

Sebagai bahan perbandingan, untuk melengkapi keunggulan dari SoC-nya masing-masing, realme XT dilengkapi dengan opsi RAM LPDDR4 hingga 8 GB dan memori internal hingga 128 GB, sementara Redmi Note 8 Pro dilengkapi dengan RAM LPDDR4X 6 GB dan memori internal 128 GB.

Untuk baterainya, realme XT hanya dilengkapi dengan kapasitas 4.000 mAh sementara Redmi Note 8 Pro dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh. Yang mana, meskipun kalah besar, realme XT sudah dilengkapi dengan pengisian 20 Watt VOOC Flash Charge 3.0 yang bakal lebih cepat ketimbang pengisian 18 Watt di Redmi Note 8 Pro.

Oh iya, yang tak kalah menarik lagi dari konfigurasi mesin ini, Redmi Note 8 Pro sudah menggunakan sistem pending cair, sementara realme XT menggunakan pendingin berupa aluminium dengan konduktivitas panas yang bagus dan lembaran-lembaran grafit.

Selain konfigurasi mesin yang ada di dalamnya, aspek kamera menjadi salah satu perbedaan yang juga perlu dipertimbangkan di kedua perangkat ini. Namun khusus untuk aspek ini, bukan pada kamera utamanya, melainkan pada kamera depannya.

Pada kamera utama, realme XT maupun Redmi Note 8 Pro memiliki kamera dengan empat buah lensa, yang memiliki konfigurasi cukup mirip – lensa utama dengan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 beresolusi 64 MP, lensa ultra-wide 8 MP, lensa makro, dan lensa kedalaman – dengan pembeda di piranti lunak yang bakal memoles hasilnya menjadi sedikit berbeda.

realme XT vs Redmi Note 8 Pro Kamera

Namun pada kamera depannya, keduanya sangat berbeda jauh. Perangkat realme XT mempercayakan kemampuannya kepada sensor buatan Sony dengan resolusi 16 MP, sementara Redmi Note 8 Pro memiliki sensor yang lebih besar dengan resolusi 20 MP.

Perbedaan lain dari kedua ponsel ini juga bisa dilihat dari layar yang digunakan. Dengan ukuran yang sedikit lebih kecil, layar 6,4 inci realme XT sudah menawarkan layar Super AMOLED Full HD+ sehingga bisa memakai sensor sidik jari yang tertanam di layar. Hal ini juga menjadi keunggulannya dibanding Redmi Note 8 Pro.

Sementara di sisi lain, layar 6,53 inci Redmi Note 8 Pro yang menggunakan layar IPS Full HD+ juga tak kalah bagus karena sudah memiliki sertifikat mode baca dari TÜV Rheinland serta juga memiliki pelindung layar yang sama dengan realme XT, yakni Corning Gorilla Glass 5.

Absennya sensor sidik jari di layar pada Redmi Note 8 Pro juga bukan masalah besar karena perangkat ini tetap memiliki sensor sidik jari tradisional dan sudah menghadirkan fitur NFC yang bagi sebagian orang pastinya lebih berguna.

Tabel Perbandingan realme XT Vs Redmi Note 8 Pro

Aspekrealme XTRedmi Note 8 Pro
LayarSuper AMOLED 6,4 Inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) Gorilla Glass 5IPS 6,53 Inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) Gorilla Glass 5
SoCQualcomm Snapdragon 712MediaTek Helio G90T
RAM4 GB/6 GB/8 GB6 GB
Memori InternalUFS 2.1 64 GB/128 GBUFS 2.1 128 GB
Kamera UtamaSamsung ISOCELL Bright GW1 64 MP + ultra-wide 8 MP + makro 2 MP + depth 2 MPSamsung ISOCELL Bright GW1 64 MP + ultra-wide 8 MP + makro 2 MP + depth 2 MP
Kamera Depan16 MP20 MP
FiturDual SIM, Fingerprint In-display, USB Type-C, Wi-Fi, Bluetooth 5, Accelerometer, GyroscopeDual SIM, Fingerprint, USB Type-C, Wi-Fi, Bluetooth 5, Accelerometer, Gyroscope, NFC
Baterai4.000 mAh, 20 Watt VOOC 3.0 Flash Charge4.500 mAh, 18 Watt Fast Charge
OSColorOS 6 (Android 9 Pie)MIUI 10 (Android 9 Pie)

Tinggalkan Komentar