Gadget Smartphone

Perbandingan Redmi 8 Vs Redmi 8A – Punya Desain Berbeda Tapi Cukup Mirip

Redmi 8 Vs Redmi 8A Header

Gadgetren – Setelah mengumumkan ketersediaan Redmi 8A beberapa waktu lalu, Redmi kembali memperkenalkan sebuah ponsel baru, Redmi 8, yang bakal mengisi kelas dengan level satu tingkat di atasnya.

Namun meskipun demikian, ada satu hal yang cukup menarik dalam hal ini. Meski dirancang untuk menyasar pasar yang lebih tinggi, tapi perangkat ini menawarkan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari Redmi 8A.

Perangkat baru buatan Redmi ini, misalnya, juga masih mengandalkan SoC (System On Chips) yang sama dengan Redmi 8A, yang notabene menggunakan SoC kelas entri buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 439.

Perbedaannya hanya terletak pada konfigurasi mesin yang digunakan. Jika Redmi 8A hanya memiliki RAM maksimal 3 GB dan memori internal hingga 32 GB, Redmi 8 memiliki konfigurasi yang lebih baik, dengan RAM maksimal  4 GB dan memori internal hingga 64 GB.

Redmi 8 juga memiliki kapasitas dan dukungan baterai yang serupa dengan Redmi 8A. Baterai berkapasitas 5.000 mAh dan dukungan fitur pengisian cepat 18 Watt dengan antarmuka USB Type-C dimiliki oleh keduanya.

Persamaan lainnya juga bisa dilihat dari bodinya. Baik Redmi 8 dan Redmi 8A sama-sama memiliki dimensi 156.48mm x 75.41mm x 9.4mm, dengan panel layar IPS berukuran 6,22 inci beresolusi HD+ (1.520 x 720 piksel) yang menempel di bagian depannya.

Untuk bodi dan layarnya, kedua smartphone ini juga didukung oleh fitur yang sama, yakni fitur perlindungan dari P2i agar terlindungi dari percikan air dan Corning Gorilla Glass 5 agar layarnya tidak mudah tergores dan pecah.

Hanya saja dalam hal ini, keduanya menawarkan pilihan warna yang berbeda, di mana Redmi 8 membawa pilihan warna Sapphire Blue, Ruby Red, dan Onyx Black dalam balutan warna Aura Mirror Design, sedangkan Redmi 8A punya Midnight Black, Ocean Blue, dan Sunset Red dalam Aura Wave Grip Design.

Selain itu, keduanya juga menawarkan bentuk bagian belakang yang berbeda, akibat dari konfigurasi kamera yang sedikit berbeda di antara keduanya. Sama-sama terletak di tengah-tengah bodi jika dilihat secara membujur kanan-kiri, Redmi 8 punya dua kamera sedangkan Redmi 8A hanya satu kamera.

Redmi 8 Vs Redmi 8A kamera

Redmi 8 hadir dengan konfigurasi kamera ganda sedangkan Redmi 8A hadir dengan kamera tunggal, meski sebenarnya keduanya sama-sama menggunakan sensor kamera premium dari Sony, yakni Sony IMX363.

Melengkapi sensor kamera dari Sony ini, Redmi 8 hadir dengan lensa tambahan berupa sensor kedalaman beresolusi 2 MP yang bisa menambah kemampuan kamera dalam mengambil gambar, terutama untuk membuat gambar-gambar dengan obyek berlatar buram.

Perbedaan ini ditambah dengan adanya sensor finggerprint yang tersemat pada bagian bawah kamera Redmi 8, yang mana sensor ini tidak hadir di Redmi 8A yang dijual lebih murah.

Sementara di bagian depannya, sama sekali tidak ada yang berbeda pada kedua ponsel ini, termasuk setting kamera yang dimilikinya, yang mana keduanya juga sama-sama menawarkan kamera beresolusi 8 MP.

Tabel Perbandingan Redmi 8 Vs Redmi 8A

AspekRedmi 8Redmi 8A
LayarIPS 6,22 inci HD+ (1.520 x 720 piksel), Gorilla Glass 5IPS 6,22 inci HD+ (1.520 x 720 piksel), Gorilla Glass 5
SoCQualcomm Snapdragon 439Qualcomm Snapdragon 439
RAM3 GB/4 GB2 GB/3 GB
Memori Internal32 GB/64 GB32 GB
Kamera Utama12 MP (f/1.8) + depth 2 MP12 MP (f/1.8)
Kamera Depan8 MP (f/2.0)8 MP (f/2.0)
FiturDual Nano SIM, USB Type-C, Bluetooth 4.2, FingerprintDual Nano SIM, USB Type-C, Bluetooth 4.2
Baterai5.000 mAh, 18 W Fast Charging5.000 mAh, 18 W Fast Charging

Tinggalkan Komentar