ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Kelebihan dan Kekurangan vivo NEX 3 – Monster Cantik dari vivo

Kelebihan dan Kekurangan vivo NEX 3 Header

Gadgetren – Monster baru bernama vivo NEX 3 baru saja dilepas vivo di pasar Tiongkok. Tak tanggung-tanggung, perangkat flagship dari vivo ini dapat dipastikan membawa spesifikasi yang sangat tinggi.

Sebut saja, dari mulai kinerja tertinggi ponsel pintar saat ini, dukungan kamera terbaik, hingga fitur-fitur yang sangat unik sudah dikemas dengan sangat bagus di dalam perangkat baru vivo ini.

Oleh karena itu, guna memerinci beberapa hal tersebut, saya akan mencoba menyajikannya dalam bentuk yang lebih sederhana, ke dalam bentuk kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut.

Kelebihan vivo NEX 3

Saat akan membahas kelebihan dari vivo NEX 3, tentu saja tidak akan bisa dilepaskan dari apa yang menjadi andalan utama dari perangkat ini dalam menyasar pasar ponsel, yaitu layarnya.

Perangkat ini memiliki layar yang super luas dan unik, yang disebut dengan Waterfall Screen. Menggunakan layar Super AMOLED 6,89 inci Full HD+, desain Waterfall Screen membuat layar melengkung secara ekstrim ke sisi samping.

Dengan begitu, layar vivo NEX 3 terlihat benar-benar sangat luas, seolah-olah tidak memiliki bezel di sisi kanan dan kirinya. Apalagi dalam hal ini, vivo NEX 3 juga sudah menggunakan kamera pop-up yang bisa menambah luas tampilannya.

Lalu bagaimana dengan tombol-tombolnya? vivo NEX 3 menggunakan layar terintegrasi dengan tombol tersembunyi yang disebut dengan Touch Sense untuk menggantikan tombol power dan tombol volume.

Kelebihan dan Kekurangan vivo NEX 3 layar

Dalam hal ini, vivo menggunakan sederet sensor tekanan yang dikombinasikan dengan model perhitungan multi-sensor untuk meminimalisir kesalahan sentuh dan sentuhan dapat bekerja lebih presisi.

Meskipun cukup inovatif, layar bukan satu-satunya keunggulan yang ditawarkan oleh vivo NEX 3. Selain layar yang menggoda tersebut, perangkat ini juga menawarkan kinerja yang sangat mumpuni dari Snapdragon 855 Plus.

Bagi yang belum kenal, Snapdragon 855 Plus merupakan seri tertinggi SoC buatan Qualcomm untuk saat ini. Dengan menggunakan SoC ini, vivo NEX menawarkan kemampuan gaming yang sangat baik.

Lebih-lebih, vivo NEX 3 sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 12 GB, memori penyimpanan berkapasitas 256 GB yang sudah menggunakan UFS 3 – tipe memori yang bisa bekerja lebih cepat ketimbang UFS 2.1 – dan teknologi pendingin cairan.

Selain itu, vivo NEX 3 juga menawarkan tipe 5G seperti kebanyakan ponsel pintar flagship saat ini. Dengan generasi kelima dari teknologi jaringan ini, akan menambah pengalaman bermain game online yang lebih baik.

Secara umum, semua tipe vivo NEX 3 juga sudah didukung oleh modul smart network acceleration yang menawarkan kerja simultan antara dua WLAN atau WLAN tunggal dengan jaringan seluler, untuk koneksi yang lebih kuat dan stabil.

Kelebihan dan Kekurangan vivo NEX 3 Jeroan

Menyokong kinerja monster ini, vivo NEX 3 pun dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Tidak terlalu besar, tetapi baterai ini sudah sangat cukup, apalagi sudah didukung dengan fitur pengisian cepat 44W super fast flash charge.

Tak ketinggalan juga sektor fotografinya. Perangkat baru vivo ini dilengkapi dengan piranti kamera yang cukup tinggi. Menggunakan konfigurasi kamera trio, vivo NEX 3 sudah dibekali dengan kamera 64 MP disokong lensa ultra-wide 13 MP dan lensa telephoto 13 MP.

Melengkapi semua itu, vivo NEX 3 juga dibekali dengan dukungan fitur yang cukup kekinian, seperti USB Type-C, NFC, gaming 4D game shock, fingerprint di dalam layar, Hi-Fi, serta sistem kecerdasan buatan.

Kekurangan vivo NEX 3

Dengan berbagai macam kelebihannya di atas, pastinya banyak orang yang tergoda dengan perangkat ini. Namun sebelum tergoda lebih jauh, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya tidak kecewa.

Pada layar melengkungnya, vivo memang tidak menyebutkan proteksi apa yang digunakan untuk melindunginya. Memang belum bisa dipastikan, tetapi saya yakin bukan teknologi dari Corning, yakni Gorilla Glass.

Absennya pelindung layar ini juga bukan satu-satunya yang perlu diwaspadai. Hadir sebagai perangkat flagship, sertifikat IP – anti debu dan air – yang menurut saya penting pun absen di perangkat ini.

Selain itu, meskipun diklaim punya bodi yang lebih compact karena memberikan tampilan luas di bodi yang kecil, vivo NEX 3 juga bakal terasa berat ketika dipegang seperti yang diutarakan oleh tim GSMArena saat mencobanya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar