Gadget Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo K10 Note – Senjata Baru Lenovo Untuk Bangkit Kembali?

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo K10 Note Header[Sumber Gambar: GSMArena]

Gadgetren – Meski kalah telak dari pemain lain di bidang ponsel pintar, Lenovo masih berusaha meluncurkan produk baru setiap waktu. Yang terakhir, mereka meluncurkan Lenovo K10 Note belum lama ini.

Lenovo K10 Note merupakan ponsel pintar menengah yang secara teori memiliki spesifikasi seperti kebanyakan ponsel pintar masa kini. Tak hanya didukung System on Chip (SoC) yang bertenaga, tetapi juga fitur kamera yang lebih baik.

Dengan dukungan-dukungan tersebut, ponsel baru Lenovo ini memang terlihat menarik. Walaupun demikian, ponsel ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum meminangnya.

Kelebihan Lenovo K10 Note

Salah satu kelebihan Lenovo K10 Note tergambar jelas dari kamera yang menonjol di bagian belakang bodinya. Seperti halnya kebanyakan ponsel saat ini, Lenovo K10 Note sudah dilengkapi dengan kamera utama trio.

Secara lebih rinci, Lenovo K10 Note memiliki kamera utama dengan kombinasi lensa utama beresolusi 16 MP (f/1.8), lensa telephoto dengan kemampuan 2x optical zoom beresolusi 8 MP (f/2.4), dan lensa kedalaman beresolusi 5 MP.

Didukung kamera yang relatif komplit ini, Lenovo K10 Note tentunya membutuhkan pengolah data yang bagus. Dalam hal ini, Lenovo pun mengandalkan Qualcomm Snapdragon 710, yang sekarang menjadi primadona di kelas menengah.

Dengan SoC yang sangat bertenaga ini, pengguna bisa menjalankan berbagai macam aplikasi dengan sangat mulus. Bahkan secara teori, dengan kombinasi RAM maksimal hingga 6 GB, perangkat ini bisa menjadi alternatif ponsel “gaming” di kelas menengah.

Apalagi, dengan antarmuka Lenovo ZUI 11 yang tidak neko-neko, sistem Android 9 Pie yang berjalan di ponsel ini bisa bekerja dengan lebih gegas dan mulus, dengan animasi dan transisi yang berjalan cukup cepat.

Fitur tambahan yang ditawarkan untuk melengkapi kebutuhan penggunanya pun cukup lengkap. Ponsel ini sudah didukung oleh kapasitas penyimpanan yang besar, fitur pemindai sidik jari, sensor giroskop, Bluetooth 5, hingga USB Type-C.

Yang tak kalah penting, untuk mendukung semuanya itu, Lenovo K10 Note dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.050 mAh yang tertanam di bodinya, lengkap dengan dukungan pengisian cepat 18 watt.

Kekurangan Lenovo K10 Note

Hadir dengan bodi berbahan polikarbonat yang ditaburi dengan magnesium supaya berubah warna, Lenovo K10 Note tampil dengan lebih premium. Namun sebagai akibatnya, pengguna akan kesulitan menjaganya dari noda atau cap sidik jari.

Tak jadi masalah sebenarnya, karena pengguna bisa menutupinya dengan case tambahan. Beda halnya dengan absennya NFC – fitur yang menurut saya cukup penting untuk sekarang ini – yang tidak bisa digantikan.

Ditambah lagi, meski memakai antarmuka yang mirip dengan Android murni, ternyata Lenovo memasang banyak bloadware (aplikasi dan game bawaan dari Lenovo) ke dalam perangkat tersebut. Walaupun dalam hal ini, pengguna pun bisa menghapusnya.

Tinggalkan Komentar