ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Samsung Galaxy Note 10+ 5G Jadi Raja Smartphone Kamera Terbaik di DxOMark

Samsung Galaxy Note 10 Top

Gadgetren – Baru-baru ini Samsung secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship Galaxy Note 10+ 5G di New York, Amerika Serikat.

Selain dukungan terhadap jaringan 5G dan performanya yang bertenaga, Samsung juga mengandalkan kemampuan kamera belakang yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Sekilas, perangkat ini mempunyai konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP (apertur f/1.5 dan f/2.4, OIS, dua-pixel Autofocus), kamera telephoto 12 MP (apertur f/2.1, PDAF, OIS), kamera ultra-wide 16 MP (apertur f/2.2), dan kamera 3D ToF.

Dengan dukungan empat kamera sekaligus ini, DxOMark menobatkannya sebagai raja baru smartphone dengan kamera terbaik di tahun 2019. Samsung Galaxy Note 10+ 5G ini berhasil mendapatkan skor total kamera belakang mencapai 113 poin.

Skor tersebut mengalahkan Huawei P30 Pro dan Samsung Galaxy S10 5G yang punya skor 112 poin. Tak hanya itu, skor total kamera depan perangkat ini mencapai 99 poin, mengalah ASUS Zenfone 6 dengan skor total 98 poin dan Samsung Galaxy S10 5G dengan skor total 97 poin.

Meskipun skor total kamera belakang paling tinggi, namun Galaxy Note 10+ 5G masih sedikit di bawah Huawei P30 Pro apabila dilihat dari skor untuk foto. Samsung Galaxy Note 10+ 5G memiliki skor foto mencapai 118 poin, namun Huawei P30 Pro ini mempunyai skor foto mencapai 119 poin.

Samsung Galaxy Note 10+ 5G DxOMarkSkor DxOMark Samsung Galaxy Note 10+ 5G

Huawei P30 Pro DxOMarkSkor DxOMark Huawei P30 Pro

Dengan perbedaan yang sedikit ini, kedua smartphone kelas atas tersebut sama-sama dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus pada kondisi siang hari maupun malam hari sekalipun.

Sementara untuk skor video, Galaxy Note 10+ 5G ini mendapatkan 101 poin yang lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy S10 5G (100 poin) dan Huawei P30 Pro (97 poin). Berkat keseimbangan dalam mengambil foto dan merekam video yang lebih baik membuat Galaxy Note 10+ 5G mempunyai skor total yang paling tinggi di DxOMark saat ini.

Untuk pengujiannya sendiri, engineer dari DxOMark mengambil serta mengevaluasi 1.500 foto dan video lebih dari 2 jam pada lingkungan laboratorium miliknya. Sementara banyak aspek yang diperhitungkan dalam pengujian kamera ini mulai dari Exposure, Color, Auotofocus, Texture, Noise, Artifacts, Flash, Stabilization, Zoom, dan Bokeh.

Menurut kamu, apakah Samsung Galaxy Note 10+ 5G ini layak untuk menduduki peringkat pertama di DxOMark?

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar