ASUS TUF Gaming F15
Perangkat Pintar

Zero, Mikrofon Pintar Untuk Terjemahkan Bahasa dengan Perintah Suara

Zero Mic Feature

Gadgetren – Kini sudah banyak aplikasi maupun perangkat yang dapat menerjemahkan bahasa dari negara yang berbeda

Hal ini memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi secara mudah dengan orang lain yang berbeda bahasa. Namun terkadang aplikasi maupun perangkat masih sedikit bermasalah dalam menerjemahkan sebuah kalimat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Timekettle yang merupakan startup asal Amerika Serikat membuat inovasi perangkat terbarunya yang bernama Zero. Timekettle sendiri mengklaim bahwa produk tersebut mampu menerjemahkan bahasa secara pintar dan cepat.

Bisa dibilang Zero ini dikembangkan dengan tujuan untuk menghilangkan hambatan bahasa sehingga penggunanya mampu bercakap-cakap secara lancar dengan orang dari negara lain dengan bahasa yang berbeda.

Zero sendiri merupakan mikrofon portabel yang berbentuk elips dengan dimensi 4cm x 1,5cm x 7nn dan memiliki port Lightning maupun USB sehingga dapat langsung disematkan pada iPhone maupun smartphone Android.

Ukuran dari Zero ini sendiri memudahkannya dapat disimpan di kantong, dompet, maupun tas dari penggunanya. Nantinya pengguna smartphone ini dapat menginstal aplikasi Zero Translator dari Apple App Store maupun Google Play untuk mendukung mikrofon Zero.

Zero Mic All

Pada saat penggunanya menghubungkan mikrofon portabel Zero dengan smartphone maka secara otomatis aplikasi Zero Translator akan aktif dan memperlihatkan dua kolom yang berbeda, dimana bagian atas merupakan bahasa yang akan diterjemahkan. Sementara bagian bawah merupakan bahasa yang sudah diterjemahkan.

Penggunanya hanya cukup melakukan perintah suara dengan menyebutkan kata-kata yang akan diterjemahkan. Nantinya Zero akan merespon dan langsung menerjemahkan kalimat yang diucapkan oleh penggunanya tadi.

Menariknya, Zero ini dilengkapi dengan dukungan 36 bahasa dan 84 aksen yang berbeda sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan rapat maupun wawancara dengan banyak orang dari berbagai negara.

Timekettle sendiri mengklaim bahwa Zero Translator lebih baik dibandingkan dengan Google Translate, mulai dari akurasi, aktivasi, penggunaan yang mudah, pengalaman yang mudah, dan dukungan noise cancellation.

Zero Translator

Zero juga mempunyai fitur Meeting Mode dan Interview Mode. Pada Meeting Mode, Zero akan merekam dan memisahkan suara hingga 4 pembicara secara bersamaan sehingga penggunanya tidak perlu khawatir mengenai siapa yang sedang berbicara pada rapat.

Nantinya Zero akan menunjukkan Log mengenai siapa yang berbicara dan apa yang dikatakannya. Selanjutnya, Interview Mode maka Zero akan merekam percakapan dan langsung menuliskan isi percakapan lengkap dengan siapa yang berbicara dan apa yang diucapkan sehingga tidak perlu repot untuk mendengarkan rekaman berkali-kali agar bisa terdengar jelas.

Zero sendiri telah berhasil mendapatkan dana di situs crowfunding Indiegogo yang mencapai US$377.989 atau sekitar Rp 5,27 miliar. Dana ini sendiri melebihi targetnya yang hanya US$25.000 atau sekitar Rp 348 juta.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar