Sponsored Content

Perjalanan OPPO Dalam Mewujudkan Teknologi 10x Hybrid Zoom

Kini teknologi kamera smartphone sudah meningkat pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Smartphone jaman sekarang bahkan banyak yang mengusung dua kamera belakang atau lebih.

Di antara sekian banyak inovasi di kamera smartphone, kamera dengan lensa telephoto menjadi salah satu yang disukai sebagian orang karena mampu menghasilkan foto yang memperbesar sebuah objek dari jarak jauh namun dengan kualitas yang tetap terjaga.

Pada awal kemunculannya di smartphone, kamera dengan lensa telephoto ini hanya mampu melakukan optical zoom sebanyak 2x sehingga jangkauan jaraknya tidak terlalu jauh. Namun kini lensa telephoto di kamera smartphone sudah mampu melakukan 5x optical zoom dan bahkan 10x zoom hybrid.

Salah satu pembuat smartphone yang aktif berinovasi dengan lensa telephoto di smartphone-nya adalah OPPO yang mana smartphone terbarunya yaitu OPPO Reno 10x Zoom memiliki kemampuan kamera 5x optical zoom dan 10x zoom hybrid.

5x Lossless Zoom

OPPO 5x Lossless Zoom

Sebelum hadirnya teknologi 10x hybrid zoom, OPPO mengawali inovasinya pada ajang MWC (Mobile World Congress) 2017 di Barcelona dengan mengumumkan teknologi kamera yang bernama 5x dual-camera zoom atau 5x lossless zoom.

Teknologi ini memanfaakan lensa wide-angle dan lensa telephoto untuk bisa menghasilkan 5x lossless zoom dengan kualitas gambar yang jernih dan minim noise.

OPPO sendiri mengatakan bahwa teknologi 5x dual-camera zoom ini dikembangkan hampir setahun dengan melibatkan 106 engineer. Tak tanggung-tanggung, OPPO juga telah mengajukan kurang lebih 50 paten untuk bisa mengembangkan teknologi ini.

Meskipun teknologi 5x dual-camera zoom sudah dirilis di MWC 2017, namun OPPO belum pernah menyematkan pada smartphone buatannya yang dijual di pasaran. Menariknya, OPPO justru kembali ke MWC 2019 dengan teknologi 10x hybrid zoom yang merupakan pengembangan dari 5x dual-camera zoom.

10x Hybrid Zoom

OPPO 10x Hybrid Zoom

Teknologi 10x hybrid zoom atau 10x lossless zoom yang diperkenalkan OPPO di MWC 2019 ini membuat banyak orang kagum karena pada saat itu merek smartphone besar lain baru bisa menyematkan kamera dengan teknologi 2x optical zoom, 3x optical zoom, dan 5x hybrid zoom.

Berkat teknologi terbaru ini, OPPO berhasil mendapatkan beberapa penghargaan pada ajang MWC 2019 silam. Pihak OPPO menjelaskan bahwa untuk bisa menghadirkan 10x hybrid zoom pada sebuah smartphone dibutuhkan 3 kamera dengan konfigurasi kamera utama, kamera telephoto, dan kamera lensa ultra-wide.

Ketiga kamera ini mampu menjangkau focal-length dari 16mm hingga 160mm sehingga mampu menghasilkan foto jarak jauh hingga 10x hybrid zoom dengan kualitas yang bagus dan jernih.

Untuk menghidari foto yang dihasilkan oleh teknologi 10x hybrid zoom menjadi blur, OPPO menyematkan Optical Image Stabilization (OIS) di kamera utama dan telephoto. Hal ini membuat lensa telephoto memiliki presisi stabilitasi sampai 0,001445 derajat.

OPPO-Reno-10x-Zoom-Feature

Seiring berjalannya waktu, OPPO akhirnya mengimplementasikan teknologi kamera 10x hybrid zoom pada smartphone teranyar mereka yang bernama OPPO Reno 10x Zoom. Produk yang satu ini diluncurkan pertama kali di Tiongkok pada tanggal 10 April 2019 dengan harga yang mencapai 5000 yuan atau sekitar 10 jutaan rupiah.

Berselang 2 bulan dari hari peluncurannya di Tiongkok, OPPO akhirnya mendaratkan Reno 10x Zoom di Indonesia pada tanggal 17 Juni 2019. Perangkat ini dijual di Indonesia dengan harga resmi yang mencapai Rp 12.999.000.

Kemampuan 10x hybrid zoom ada di OPPO Reno 10x Zoom ini ada berkat 3 kamera belakangnya yang mempunyai kombinasi kamera utama 48 MP (apertur f/1.7, focal-length 26mm), kamera ultra-wide 8 MP (apertur f/2.2, focal-length 16mm), dan kamera telephoto 13 MP (apertur f/3.0, focal-length 160mm).

Baik kamera telephoto dan kamera utama belakang OPPO Reno 10x Zoom telah dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu menstabilkan foto agar tidak blur ketika melakukan 10x hybrid zoom. Sementara itu kamera telephoto-nya mampu melakukan 5x optical zoom berkat hadirnya modul prisma di dalamnya dengan sistem Periskop.

Tinggalkan Komentar

Tambahkan komentar