ASUS TUF Gaming F15
Berita Laptop / PC

ASUS Rilis ROG Strix SCAR III di Indonesia dengan Performa Super dan Desain Unik

ROG Strix Scar III 2019

Gadgetren – Selain menghadirkan produk gaming hybrid 2-in-1 bernama ROG Mothersip, ASUS juga meluncurkan laptop ROG Strix SCAR III G531 dan G731 yang menarik dalam ajang ROG Be Unstoppable.

Sekilas, laptop ini menggunakan desain ROG Face Off yang merupakan hasil kerja sama antara ASUS ROG dan BMW Designworks Group. Beberapa desain yang diterapkan pada laptop ini mulai dari elemen pendingin dan bentuk bodi yang mirip dengan ROG Face Off.

Semua port ROG Strix SCAR III diletakkan pada sisi belakang dan samping kiri yang dapat membuat pergerakan mouse tidak terganggu oleh kabel atau obyek lainnya yang tengah terhubung.

Pada bagian bawah laptop terdapat RGB LED yang warnanya dapat dikustomisasi sesuai keinginan penggunanya melalui aplikasi Armoury Crate. Terdapat juga fitur Aura Sync yang memungkinkan warna RGB LED pada laptop gaming ini dapat disesuaikan dengan perangkat gaming lain, seperti headset dan mouse.

Menariknya, ROG Strix SCAR III G531 dan G731 ini telah dibekali dengan fitur Keystone yang merupakan kunci fisik untuk mengakses beragam fitur tambahan di dalamnya. Keystone yang dipasang pada laptop gaming ini mampu menyimpan beragam pengaturan yang ada di aplikasi Armoury Crate.

Keystone juga dapat difungsikan untuk menampilkan Shadow Drive yang merupakan drive penyimpanan tambahan yang hanya dapat dilihat apabila Keystone ini dipasang di laptop gaming tersebut.

Dapur pacu dari ROG Strix SCAR III G531 dan G731 dipercayakan pada prosesor Intel Core i7-9750H dengan kecepatan hingga 4.5 GHz atau Intel Core i9-9980H berkecepatan hingga 5 GHz yang mampu menghadirkan performa bertenaga.

RAM dengan pilihan 16 GB atau 32 GB membuat kedua laptop tersebut mampu menjalankan game secara multitasking dengan lancar. Sementara itu, disematkan juga storage internal dengan pilihan SSD 256 GB M.2 NVMe PCie + SSHD 1 TB, SSD 512 GB M.2 NVMe PCie, atau SSD 1 TB M.2 NVMe PCie yang mampu menampung banyak data sekaligus.

Bahkan berkat penggunaan SSD, membuat loading sistem operasi, software, maupun game pada laptop ini menjadi sangat cepat. Dengan begitu, penggunanya tidak akan merasa bosan pada saat menggunakan ROG Strix SCAR III G531 atau G731.

Kedua laptop ini juga memiliki dukungan kartu grafis dengan pilihan NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti VRAM 6GB GDDR6, NVIDIA GeForce RTX 2060 VRAM 6GB GDDR6, dan NVIDIA GeForce RTX VRAM 2070 8GB GDDR6 yang mampu menjalankan grafis game AAA berat sekalipun secara mulus dan halus.

Selain itu, kartu grafis ini pun dapat mendukung game dengan teknologi Real-Time Ray Tracing yang mampu menghasilkan efek dan refleksi cahaya secara sinematik sehingga membuat game terasa nyata.

Kedua laptop ini hanya berbeda pada ukuran layarnya, dimana ROG Strix SCAR III G531 menggunakan layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD, berteknologi IPS, dan refresh rate hingga 240Hz dan waktu respon 3ms yang memungkinkan animasi game dapat berjalan dengan sangat mulus.

Sementara ROG Strix SCAR III G731 memiliki layar 17,3 inci dengan resolusi Full HD, berteknologi IPS, dan refresh rate 144 Hz serta waktu respon 3ms yang juga mampu menjalankan animasi game dengan halus. Berkat penggunaan teknologi IPS, membuat pengguna kedua laptop ini masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Tak ketinggalan, dukungan port HDMI, 3 port USB 3.1 Type-A (Gen1), port USB 3.1 Type-C (Gen2), port Combo Audio Jack, baterai 66WHrs (4-cell Li-ion, 4S1P), dan sistem operasi Wndows 10 Original telah hadir di dalamnya. Harga ROG Strix SCAR III ini dimulai dari Rp 30.999.000.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar