ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Redmi 7A vs Redmi 7 – Ponsel Redmi Mana Yang Paling Pas Buat Kamu?

Redmi 7A vs Redmi 7 Header

Gadgetren – Sejak resmi memisahkan diri sebagai sub-merek Xiaomi, Redmi telah meluncurkan beberapa smartphone yang cukup menarik, baik dari segi harga yang ditawarkan dan spesifikasi yang diusungnya.

Dua di antaranya adalah Redmi 7A dan Redmi 7, yang menawarkan spesifikasi maksimal untuk sebuah smartphone murah. Dalam hal ini, Redmi 7A sudah menawarkan Snapdragon 439 dan Redmi 7 menawarkan Snapdragon 632 sebagai dapur pacunya.

Dengan dukungan masing-masing chipset yang diusungnya, kedua smartphone ini cukup layak dipertimbangkan ketika pengguna sedang mencari daily driver yang baru. Namun, agar tidak bingung saat memilihnya, ulasan singkat mengenai perbandingan kedua smartphone Redmi ini bisa menjadi referensi sebelum menentukannya!

Tabel Perbandingan Redmi 7A vs Redmi 7

AspekRedmi 7ARedmi 7
LayarIPS 5,45 inci HD+ (1.440 X 720 piksel)IPS 6,26 inci HD+ (1.520×720 piksel) Gorilla Glass 5
ChipsetQualcomm Snapdragon 439Qualcomm Snapdragon 632
GPUAdreno 505Adreno 506
RAM2 GB/3 GB2 GB/3 GB
Internal16 GB/32 GB16 GB/32 GB
Kamera Utama13 MP12 MP + 2 MP
Kamera Depan5 MP8 MP
FiturMicro-USB, Dual Nano-SIM, WiFi 2.4 G, Bluetooth 4.2, Akselerometer, E-Compass, GPS, GLONASS, A-GPS, BeidouMicro-USB, Dual Nano-SIM, WiFi 2.4 G, Bluetooth 4.2, Akselerometer, E-Compass, GPS, GLONASS, A-GPS, Beidou, GALILEO, IR Blaster, Fingerprint
Baterai4.000 mAh4.000 mAh
OSMIUI 10 (Android Pie)MIUI 10 (Android Pie)

Perbedaan Utama Redmi 7A vs Redmi 7

Desain dan Layar

Redmi 7A dan Redmi 7 memiliki desain yang cukup berbeda. Meskipun keduanya membawa desain kekinian di bagian cover belakangnya, tetapi Redmi 7A masih menggunakan desain tanpa poni (bezel atas dan bawah tebal), sementara Redmi 7 sudah menggunakan desain layar berponi seperti kebanyakan ponsel baru saat ini.

Redmi 7A vs Redmi 7 Layar

Hal ini tentunya berdampak pada aspek layar yang digunakan pada masing-masing smartphone tersebut. Karena desain tersebut, Redmi 7A memiliki ukuran layar dan resolusi yang lebih kecil ketimbang layar milik Redmi 7.

Selain itu, Redmi 7A juga belum dilengkapi dengan proteksi layar jenis apapun, padahal beberapa smartphone di rentang harga yang sama sudah memiliki proteksi Corning Gorilla Glass 5, seperti Redmi 7 salah satunya.

Kinerja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kedua smartphone baru ini memiliki chipset buatan Qualcomm, yang menawarkan kemampuan cukup bertenaga. Namun karena Redmi 7 sebenarnya merupakan seri yang lebih tinggi, perangkat ini memiliki chipset yang lebih kuat.

Redmi 7A vs Redmi 7 Kinerja

Sama-sama diluncurkan pada Bulan Juni 2018 lalu, chipset Snapdragon 632 memiliki inti yang lebih bertenaga meskipun memiliki kecepatan clock yang lebih rendah dibandingkan chipset Snapdragon 439.

Keduanya sama-sama mengusung delapan buah inti, dengan empat inti untuk kinerja dan empat inti untuk hemat daya. Namun, Snapdragon 632 sudah menggunakan Kryo 250 yang memiliki inti dari ARM Cortex-A73 dan Cortex-A53, sementara Snapdragon 439 hanya memiliki inti dari ARM Cortex-A53.

Bagi yang belum tahu, Cortex-A73 tidak hanya memiliki nomor seri yang lebih tinggi dibanding Cortex-A53. Inti ini pun menawarkan kinerja yang lebih handal. Bahkan karena hal ini, dalam konfigurasi big.LITTLE, biasanya Cortex-A73 menjadi inti untuk kinerja sedangkan Cortex-A53 untuk inti hemat daya.

Selain memiliki inti yang lebih baik, Snapdragon 632 juga memiliki dukungan Graphics Processing Unit (GPU) dengan tipe yang lebih tinggi dari pada Snapdragon 439. Hal ini dikarenakan Adreno 506 memiliki clock dan GFLOPS yang lebih tinggi dibandingkan Adreno 505.

Kamera

Soal fotografinya, kedua smartphone baru ini juga memiliki konfigurasi lensa yang berbeda di kameranya. Redmi 7A yang menjadi tipe yang lebih rendah masih mengandalkan kamera utama tunggal dengan resolusi 13 MP sedangkan Redmi 7 sudah memiliki kamera ganda dengan resolusi 12 MP + 2 MP.

Redmi 7A vs Redmi 7 Kamera

Sementara di kamera depannya, Redmi 7 juga sudah dilengkapi dengan lensa yang beresolusi lebih tinggi, sehingga secara teori lebih bisa diandalkan untuk mengambil detail gambar yang lebih baik ketimbang Redmi 7A.

Fitur

Terpaut satu kasta, Redmi 7 memiliki dukungan fitur yang lebih lengkap dibandingkan Redmi 7A. Selain memiliki fitur-fitur yang dimiliki Redmi 7A, Redmi 7 juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti fingerprint sensor dan IR Blaster.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar