ASUS TUF Gaming FX507
Berita

OPPO Ciptakan Kamera Selfie di Dalam Layar Smartphone

OPPO-USC-Feature

Gadgetren – Setelah beredar banyak bocoran di Indonesia, akhirnya OPPO memamerkan teknologi inovatif terbarunya yang bernama Under-Screen Camera (USC) pada ajang MWC Shanghai 2019.

Sekilas, Under-Screen Camera merupakan sebuah kamera depan yang berada di bagian dalam layar smartphone OPPO yang membuat layarnya menjadi benar-benar penuh tanpa hadirnya poni, punch hole, maupun pop-up.

Sebenarnya Under-Screen Camera ini menggunakan modul kamera khusus yang dapat menangkap lebih banyak cahaya dengan material transparan pada beberapa bagian layar yang dapat meningkatkan transmisi cahaya melalui layar.

Untuk membuat kamera ini dapat menangkap jelas obyek dan lingkungannya, OPPO juga mengembangkan sebuah algoritma khusus untuk menghilangkan kabut dan mengatur white balance.

Menurut pihak OPPO, kamera selfie di dalam layar atau USC ini akan memberikan pengalaman fotografi yang lengkap dengan membawa fitur-fitur pendukung seperti fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Beauty dan filter foto di masa mendatang.

OPPO-USC-Design

Selain itu, smartphone masa kini sudah menawarkan beragam fungsi sehingga penggunanya mempunyai permintaan yang tinggi agar membuat layar menjadi lebih luas dengan pengalaman baru yang lebih futuristik.

Untuk itu, pihak OPPO mengatakan akan selalu berinovasi dalam mengembangkan smartphone yang terlihat dari awalnya layar dengan poni waterdrop hingga layar penuh dengan Pivot Rising Camera. Kini OPPO berusaha ke level selanjutnya dengan memperkenalkan USC yang unik dan belum dimiliki oleh smartphone lainnya.

Pihak OPPO sendiri menjanjikan bahwa kamera selfie di dalam layar ini akan diimplementasikan pada smartphone buatannya dalam waktu dekat. Tentu saja inovasi ini membuat layar depannya akan memiliki bezel lebih tipis dan semakin luas sehingga penggunanya akan leluasa dalam bermain game maupun menonton video.

Namun kemungkinan besarnya, smartphone yang disematkan USC pertama kali akan memiliki kualitas foto selfie yang tidak sebaik kamera depan pada umumnya. Namun pastinya OPPO akan berusaha agar kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie sebaik mungkin.

Menurut Gadgeter, apakah inovasi kamera depan di dalam layar atau Under-Screen Camera (USC) ini mampu memikat banyak orang?

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar