Berita Smartphone

Keren! Redmi Ciptakan Sensor Fingerprint di Dalam Layar LCD

Redmi Fingerprint Under Display

Gadgetren – Berbagai smartphone masa kini sudah mempunyai sensor fingerprint dalam layar. Namun untuk bisa mengimplementasikannya, perangkat harus menggunakan layar dengan teknologi Super AMOLED, AMOLED, atau OLED.

Menggunakan salah satu teknologi layar tersebut akan membuat harga smartphone menjadi cukup mahal. Untuk itulah, Redmi yang merupakan sub-brand Xiaomi baru saja melakukan penelitian untuk bisa menyematkan sensor fingerprint di dalam layar LCD.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Gizmochina, Lu Weibing selaku Vice President and General Manager Redmi China baru sama mengonfirmasi bahwa Redmi berhasil mengimplementasikan teknologi In-Display Fingerprint pada smartphone dengan layar LCD.

Dilansir dari Gizmochina, Redmi telah memamerkan video berdurasi 15 detik yang menunjukkan bahwa sensor fingerprint dalam layar LCD mampu bekerja dengan baik ketika memindai sidik jari penggunanya.

Pada video pendek ini, dijelaskan bahwa terdapat Inframerah (IR) Blaster di bagian bawah layar yang memancarkan cahaya inframerah yang dapat melewati layar sehingga dapat memindai sidik jari dengan baik.

Hasil pindaian sidik jari ini akan dipantulkan kembali oleh cahaya inframerah ke sensor sidik jari yang berada di dalam layar. Smartphone akan mengenali sidik jari yang telah didaftarkan dan akan membuka kunci layar.

Menariknya, Redmi menggunakan lapisan film dengan transmitansi tinggi pada lapisan layar agar memudahkan cahaya inframerah melewati layar. Video tersebut juga memperlihatkan bahwa sensor fingerprint di dalam layar LCD mampu memiliki performa yang sama cepatnya dengan layar Super AMOLED, AMOLED, atau OLED.

Kembali ke tahun 2018 silam, salah satu tren terbesar pada saat itu adalah sensor fingerprint dalam layar yang menjadi fitur unggulan di smartphone kelas menengah hingga atas. Sayangnya teknologi tersebut mengandalkan sifat tipis panel OLED yang memungkinkan transmisi cahaya lebih baik sehingga membuat layar LCD diabaikan dalam banyak hal.

Namun kini Lu Weibing telah mengumumkan bahwa Redmi telah menciptakan sensor fingerprint di dalam layar LCD. Tentu saja hal ini memberikan titik terang kepada banyak produsen untuk menciptakan smartphone terjangkau yang biasanya masih menggunakan teknologi layar LCD dengan sensor fingerprint di dalamnya.

Hingga saat ini belum diketahui perangkat Redmi mana yang akan menggunakan teknologi ini. Namun hadirnya terobosan ini memungkinkan nantinya akan ada banyak produsen smartphone lain yang membuat perangkat murah dengan menggunakan sensor fingerprint di dalam layar.

Tinggalkan Komentar