Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan USB Debugging Bagi Developer di Perangkat Xiaomi

Cara Mengaktifkan USB Debugging Developer Xiaomi Header

Gadgetren – Untuk melakukan beberapa hal di perangkat Android, seperti memasang custom recovery dan rooting, kadang-kadang kamu membutuhkan mode debugging atau pengawakutuan dari perangkat tersebut.

Mode ini sebenarnya merupakan metode yang digunakan oleh programer atau pengembang perangkat lunak, untuk mencari bug dari aplikasi atau program yang dikembangkan, dengan menganalisis alur kerjanya.

Namun dengan kemampuannya tersebut, mode ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna perangkat Android untuk mengakses beberapa hal di perangkat Android miliknya melalui perangkat komputer atau laptop.

Di perangkat Android, kamu dapat mengaktifkan mode ini dengan mengaktifkan mode pengembang atau developer di perangkat yang kamu miliki. Di perangkat Xiaomi, kamu dapat mengaktifkannya dengan cara berikut ini.

Cara Mengaktifkan Mode Developer Perangkat Xiaomi

  1. Pertama-tama, kamu dapat membuka Settings melalui perangkat Xiaomi yang kamu miliki
  2. Setelah itu, gulir ke bawah dan pilih opsi About Phone
  3. Dalam halaman tersebut, kemudian ketuk opsi MIUI Version berulang-ulang dengan cepa, setidaknya hingga tujuh kali ketukan, sampai muncul tulisan yang mengindikasikan mode developer telah diaktifkan

Jika sudah berhasil, kamu sekarang dapat mengaktifkan opsi USB Debugging di perangkat Xiaomi yang akan kamu gunakan. Untuk melakukannya kamu dapat membuka halaman Developer yang telah diaktifkan. Secara lebih rinci kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Pengaturan Developer Perangkat Xiaomi

  1. Kamu dapat membuka Settings kembali
  2. Setelah itu cari dan pilih opsi Additional Settings yang ditampilkan pada halaman tersebut
  3. Selanjutnya, gulir ke bawah pada halaman Additional Settings, cari pilihan Developer Options,
  4. Dalam hal ini, jika opsi developer tersebut belum muncul, berarti kamu harus mengulangi langkah-langkag cara mengaktifkannya
  5. Buka opsi tersebut, kemudian cari dan ketuk pilihan USB Debugging hingga tombol slider ke posisi hidup

Nah, dengan mengaktifkan opsi USB Debugging tersebut, perangkat Xiaomi yang kamu miliki sekarang akan masuk ke mode debugging-nya secara otomatis setiap kali terhubung dengan perangkat komputer atau laptop.

Kamu tidak perlu mengaturnya berulang-ulang jika kamu belum mematikan opsi tersebut secara manual melalui halaman Developer Options, seperti saat akan mengaktifkan mode USB Debugging tersebut.

Leave a Comment