ASUS TUF Gaming F15
Smartphone Tekno

3 Kelebihan dan 2 Kekurangan Redmi 7A – Tentu Saja Lebih Baik dari Redmi 6A, Tapi?

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7A Header

Gadgetren – Belum lama memboyong Redmi 7 ke Indonesia, sub-brand baru dari Xiaomi ini bikin ulah lagi. Sub-brand dengan nama Redmi tersebut meluncurkan versi murah dari Redmi 7, yakni Redmi 7A.

Hadir sebagai ponsel entri, Redmi 7A membawa spesifikasi yang cukup mirip dengan pendahulunya, Redmi 6A. Namun tentu saja, ada beberapa peningkatan yang lumayan signifikan yang diusung oleh ponsel baru ini.

Secara umum, ponsel ini cukup layak untuk dinanti-nanti oleh para penggemar ponsel-ponsel buatan Redmi untuk kelas entri. Ponsel ini cukup bertenaga, dengan dukungan kapasitas baterai yang lumayan besar.

Kelebihan Redmi 7A

1. Kinerja yang Lebih Bertenaga Namun Hemat Daya

Berbeda dengan Redmi 6A yang diluncurkan sebelumnya, Redmi 7A membawa Snapdragon 439. Chipset buatan Qualcomm ini menawarkan kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan chipset dari seri ponsel pendahulunya tersebut.

Dalam klaimnya, berkat chipset Snapdragon 439 ini, Redmi 7A memiliki peningkatan kinerja hingga 26 persen jika dibandingkan dengan MediaTek Helio A22 yang digunakan oleh Xiaomi pada Redmi 6.

Selain itu, chipset Redmi 7A ini juga telah dibangun berdasarkan manufaktur yang kecil, yakni 12 nm. Sebagai pembanding, Snapdragon 450 saja masih menggunakan manufaktur 14 nm. Secara teori semakin kecil manufakturnya, maka chipset akan semakin efisien.

2. Baterai yang Besar

Selain mendapatkan peningkatan di sisi kinerjanya, Redmi 7A juga membawa peningkatan yang cukup signifikan di sektor baterai. Perangkat entri ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, yang meningkat sekitar 33 persen dibandingkan Redmi 6A.

Yang tidak banyak diketahui orang, di sektor baterai ini, Redmi 7A juga telah dilengkapi dengan dukungan charger yang lebih cepat. Jika pada Redmi 6A hanya dilengkapi charger 5W, perangkat baru ini sudah dilengkapi dengan charger 10W.

3. P2i Nano-coating

Untuk membuat warnanya menjadi lebih mengkilap, Redmi menggunakan teknologi pelapisan yang disebut dengan P2i Nano-coating. Selain bisa mempercantik bodi polikarbonatnya, lapisan ini juga diklaim dapat melindungi smartphone dari percikan air.

Kekurangan Redmi 7A

1. Belum Fingerprint

Salah satu yang sangat disayangkan, perangkat baru Redmi 7A ini belum dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari, untuk mendukung keamanan privasi penggunanya. Padahal jika dilihat di rentang harga yang sama, kita bisa menemukan banyak smartphone yang sudah menawarkan fitur ini.

2. Rentan Terhadap Goresan

Dibuat dengan bahan yang serupa dengan bodi Redmi 7, tentu saja Redmi 7A tentu saja menawarkan kelemahan yang sama. Yang mana dalam hal ini, lapisan P2i Nano-coating diklaim oleh Xiaomi lebih rentan tergores.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar