Smartphone Tekno

8 Kelebihan dan 2 Kekurangan Redmi 7 – Raja Baru Kelas Entri yang Sesungguhnya?

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7 Header

Gadgetren – Di sepertiga awal Tahun 2019 ini, hampir semua perusahaan smartphone meluncurkan perangkat dengan spesifikasi di atas rata-rata untuk bersaing pada pasar paling bawah di industri tersebut.

Redmi yang baru saja melepaskan diri dari naungan Xiaomi pun, kini telah ikut meramaikan persaingan ketat tersebut dengan meluncurkan Redmi 7 beberapa waktu lalu, khususnya untuk pasar Indonesia.

Perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 1.599.000 untuk varian RAM 2 GB dan Rp 1.899.000 untuk varian RAM 3 GB ini, tentu saja menawarkan beberapa kelebihan, di samping beberapa kekurangannya. Apa saja itu?

Kelebihan Redmi 7

1. Desain Cantik dengan Layar yang Lebih Luas

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7 Layar

Membawa desain smartphone kekinian, Redmi 7 tampil cantik dengan warna gradasi yang disebut dengan lunar red, eclipse black dan comet blue. Yang mana jika dilihat sekilas, akan mirip seperti Redmi Note 7 yang telah diluncurkan sebelumnya.

Smartphone ini juga hadir dengan layar berponi Dot Drop yang sangat luas. Secara teknis, Redmi 7 memiliki layar 6,26 inci yang memanjang dengan perbandingan 19:9, didukung resolusi HD+ 1520 x 720 piksel.

2. Sudah Gorilla Glass 5

Yang cukup menarik dari layarnya, meskipun dibanderol dengan harga yang tidak sampai Rp 2 juta, smartphone ini telah dilengkapi sistem proteksi buatan Corning, yakni Gorilla Glass 5.

Salah satu kelebihan dari sistem proteksi buatan Corning ini adalah daya tahannya yang cukup baik meskipun dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter atau kira-kira setinggi lengan atau pundak orang dewasa.

3. Kinerja Lebih Bertenaga Berkat Snapdragon 632

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7 Kinerja

Berkat chipset Snapdragon 632 yang diusungnya, Redmi 7 punya kinerja yang lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya. Bahkan dalam klaim Xiaomi, perangkat ini akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Meskipun tidak mengungkapkan apa jenis game yang digunakan, Xiaomi menyebut Redmi 7 bisa mendapatkan frame rate di kisaran 56,9 FPS. Selain itu, Redmi 7 juga bisa menyentuh angka 53.172 poin CPU di skor AnTuTu mengalah beberapa smartphone penantangnya.

4. Kamera Selfie Lebih Tinggi

Meskipun dilengkapi dengan kamera utama yang terbilang cukup biasa saja, Redmi 7 memiliki kamera depan yang lebih baik dibandingkan kebanyakan smartphone di kelas entri.

Perangkat baru ini telah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8 MP, saat tren kamera 5 MP masih digunakan oleh banyak smartphone di rentang tersebut. Artinya, kamera depan Redmi 7 akan lebih bisa diandalkan untuk mengambil gambar dengan detail yang lebih baik.

5. Baterai Besar

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7 - Baterai

Untuk menyokong kemampuan dari smartphone ini, Xiaomi telah membekalinya dengan baterai berkapasitas besar, yang bahkan lebih besar dibandingkan beberapa smartphone setara lainnya.

Di atas kertas, dengan baterai yang berkapasitas 4.000 mAh tersebut, Redmi 7 bakal bisa digunakan lebih lama dibandingkan smartphone yang menggunakan baterai dengan kapasitas di bawahnya.

6. Slot Kartu MicroSD Dedicated

Dilengkapi dengan memori internal yang terbilang cukup kecil, khususnya untuk varian 16 GB, Redmi 7 tetap bisa menjadi pilihan. Hal ini karena perangkat ini telah memiliki dukungan slot kartu MicroSD Dedicated.

Apa itu slot dedicated? Secara sederhana, slot dedicated merupakan slot khusus kartu yang terpisah sehingga bisa digunakan untuk memasang dua SIM dan MicroSD sekaligus.

7. Android Pie

Dibanderol dengan harga yang cukup bersaing di kelasnya, Redmi 7 menawarkan sistem terbaru Android untuk saat ini. Artinya, beberapa fitur baru Android Pie juga sudah hadir di dalamnya.

8. Fitur Lengkap

Jika kebanyakan smartphone di kelasnya belum memuat fitur pemindai sidik jari, Redmi 7 sudah memilikinya. Perangkat ini telah dilengkapi sensor tersebut yang terletak di bagian belakang bodinya.

Selain itu, Redmi 7 juga telah menawarkan IR Blaster yang biasa menjadi fitur andalan Xiaomi. Bagi yang belum tahu, fitur ini dapat digunakan untuk mengontrol perangkat-perangkat lain melalui transmisi sinar infra merah.

Kekurangan Redmi 7

1. Masih Berbahan Plastik

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bahan plastik, mengingat harganya juga relatif murah. Namun, karena lapisan mengkilap yang digunakannya, sidik jari mudah menempel di bodi perangkat ini.

Selain itu, Xiaomi juga telah mengungkapkan, lapisan mengkilap yang digunakannya tersebut juga lebih rentan terhadap goresan. Untungnya, dalam paket penjualannya, Xiaomi menyertakan case pelindung.

Tinggalkan Komentar